Cara Membuat Garis Miring Diagonal pada Tabel Ms Word


Membuat tabel di program Microsoft Word memang sangatlah mudah. Hampir semua orang mungkin kebanyakan sudah mengetahui hal tersebut, baik itu untuk membuat tabel baris maupun bentuk tabel kolom.

Namun untuk bisa membuat tampilan tabel tersebut menjadi terlihat lebih bagus dan profesional, mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Sebab memang banyak tips yang perlu dipelajari lagi dan hal itu mungkin belum banyak diketahui oleh sebagian orang.

Nah adapun salah satu tips yang sering dilakukan pada saat mengedit tabel, yaitu mengenai cara membuat garis pembatas diagonal yang berbentuk miring dari ujung sebelah atas menuju ujung bagian bawah.

Pada saat kita ingin membuat garis pembatas, umumnya kita akan membutuhkan fitur bernama split. Namun untuk membuat garis pembatas berupa garis miring diagonal ini, ada cara khusus yang dapat kita lakukan.

Nah untuk mengetahui bagaimana caranya itu, maka langsung saja kita simak pada ulasan berikut ini.


Cara Membuat Garis Diagonal dalam Tabel Microsoft Word

Pada dasarnya fungsi dari pembagian ini yaitu bertujuan untuk membuat garis pemisah pada kolom tabel di dalam satu kotak. Sehingga kolom kotak tersebut seolah terbagi menjadi dua bagian dan bisa diisi oleh dua keterangan informasi sekaligus dalam satu kotak yang sama.

Dan untuk membuat garis diagonal ini, sebenarnya ada 2 cara yang dapat kita pakai. Langsung saja simak pada tahapan dibawah ini.


Cara 1 - Menggunakan Fitur Border

1. Langkah pertama kita Blok terlebih dahulu pada baris kolom dari tabel yang ingin dibuatkan garis pemisah diagonal.


2. Setelah itu lalu tekan klik kanan pada mouse > kemudian pilih menu bernama Borders > lalu pilih opsi Diagonal Down Border atau Diagonal Up Border, tergantung dari kebutuhan kita.

Sebagai contoh disini saya memilih untuk menggunakan Diagonal Download Border, sehingga garis akan membelah dari atas kiri ke arah kanan bawah terlihat seperti gambar dibawah ini.


3. Jika sudah, maka langkah terakhir kita isi keterangan sesuai dengan yang diinginkan. Dan hasilnya akan terlihat seperti berikut.



Cara 2 - Menggunakan Fitur Draw a Shape

1. Pertama kita pilih Insert yang ada di bagian tab menu paling atas > lalu kita pilih fitur bernama Shapes > kemudian kita pilih bentuk icon Line.


2. Selanjutnya lalu kita buat garis manual secara diagonal dari sebelah kiri atas menuju kanan bawah.

3. Jika ingin mengubah warna, maka caranya cukup klik garis yang telah dibuat tadi > lalu kita pilih opsi Shape outline > kemudian sesuaikan dengan warna yang diinginkan.


4. Dan langkah terakhir, lalu kita tulis informasi data sesuai dengan yang dibutuhkan.

Catatan : Pada tutorial kali ini, kita hanya menggunakan Program Office Microsoft Word tahun 2019 saja. Jadi bagi pengguna office versi lama atau lebih baru, mungkin saja bisa terjadi adanya perbedaan, di dalam menjalankan langkah-langkah pada tutorial diatas. 




Bagaimana mudah bukan? Dengan menggunakan cara ini, pembuatan tabel di Microsoft Office Word dijamin dapat menjadi lebih detail dan semakin terlihat profesional.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara simpel untuk memisahkan kolom tabel dengan garis miring diagonal di program software Microsoft Word.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam, No Link Aktif !

Previous Post Next Post

Contact Form

close
close