Sejarah dan Asal Usul Nama Kota Bandung

gedung sate

Kota Bandung atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan kota kembang merupakan wilayah yang sekarang ini menjadi ibukota dari Provinsi Jawa barat.

Salah satu alasan kenapa Kota Bandung ini dijadikan sebagai ibukota karena memang wilayahnya yang tepat berada di pusat atau tengah-tengah dari provinsi Jawa barat, sehingga hal itu memungkinkan akses dari kota lain pun akan menjadi lebih mudah.

Perlu kita ketahui juga bahwa nama Bandung sendiri sebenarnya tidak hanya digunakan oleh satu pemerintahan daerah saja yaitu Kota Bandung, melainkan nama tersebut juga digunakan oleh beberapa wilayah pemerintahan daerah lain seperti Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

Ketiga pemerintahan tersebut dan ditambah dengan kota Cimahi, kesemuanya itu termasuk ke dalam wilayah yang kemudian sering disebut dengan nama wilayah Bandung Raya.

Sesuai judul yang telah ditulis, maka yang menjadi fokus utama di sini kita akan membahas tentang asal usul dari penamaan wilayah Bandung. Lantas berasal dari manakah sebenarnya nama Bandung ini?


Asal Usul dari Nama Bandung

Jika kita ulas asal kata dari nama wilayah Bandung, maka masih banyak perdebatan alias banyak versi tentang asal usul nama daerah yang satu ini. Namun dari sekian versi yang ada, ada satu yang boleh dibilang paling cocok dan paling mendekati yang sesuai dengan sejarah panjang kota Bandung.

Kata bandung boleh dikatakan berasal dari kata dalam bahasa Indonesia yaitu "Bendung". Kata Bendung jika dilihat dari Kamus Besa Bahasa Indonesia (KBBI) maka memiliki arti sesuatu yang dapat menahan aliran air, sehingga aliran air diam tidak dapat mengalir.

Singkat cerita ternyata penamaan kata bendung tersebut diambil dari keadaan wilayah Bandung yang terjadi pada saat ribuan tahun yang lalu di masa sebelum masehi. Pada waktu itu di wilayah tersebut ada sebuah gunung api purba besar yang kemudian meletus sangat dahsyat.

Material yang dikeluarkan dari letusan gunung tersebut banyak berhamburan dan kemudian menutupi salah satu aliran sebuah sungai yang dikenal dengan nama sungai Citarum purba. Adapun peristiwa letusan besar tersebut diperkirakan oleh para ahli terjadi sekitar tahun 6.000 SM.

Adanya penutupan tersebut membuat aliran sungai citarum purba menjadi terhambat. Akibatnya wilayah yang ada di sekitar tersebut lama kelamaan dan terus menerus terisi oleh air dari sungai yang terbendung material letusan gunung.

Wilayah tersebut setelah melewati beberapa periode waktu kemudian berubah menjadi sebuah danau besar yang sangat luas. Danau itu kemudian dikenal dengan sebutan danau Bandung purba.

Pada akhirnya selama ribuan tahun kemudian danau bandung purba sedikit demi sedikit mulai surut. Wilayah daratan yang surut tersebut, sekarang ini dikenal dengan nama tempat yang meliputi wilayah Bandung raya. Sementara sisa-sisa dari letusan gunung purba tersebut, sekarang ini dikenal dengan nama gunung Tangkuban Parahu.

Itulah sedikit gambaran tentang bagaimana asal usul dari nama kota Bandung. Kita ketahui saat ini memang wilayah Bandung berada di dalam sebuah daerah cekungan yang dikelilingi oleh gunung-gunung.




Dan siapa sangka ternyata daerah cekungan tersebut dulunya merupakan sebuah danau yang sangat besar. Hal itu jugalah yang kemudian menyebabkan di beberapa wilayah Bandung seperti di Citatah, Padalarang banyak ditemukan batuan kapur atau karst yang umumnya hanya bisa ditemukan di wilayah perairan danau atau laut.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close