Cara Mematikan Fitur Live Caption di Google Chrome


Pernahkah kita saat sedang asyik menonton video di browser Google Chrome, lalu tiba-tiba saja muncul sebuah notifikasi yang berisi tulisan berbahasa Inggris. Jika pernah, maka sebenarnya itu merupakan fitur yang dinamakan dengan live caption. Kurang lebih tampilannya seperti berikut.


Fitur tersebut memang sengaja dibuat tujuannya agar dapat membantu beberapa orang yang berkebutuhan khusus, seperti orang dengan gangguan kurang pendengaran atau tuna rungu. Sehingga dengan bantuan live caption, diharapkan dapat membantu mereka dalam memahami percakapan yang ada dalam video tersebut.

Selain itu, fungsi lain dari live caption ini yaitu dapat dimanfaatkan bagi kita yang memang ingin belajar bahasa Inggris dengan lebih mudah. Jadi sambil mendengarkan suara yang muncul, kitapun dapat melihat teks sebagai bahan pembandingnya.

Namun disisi lain, fitur tersebut bagi sebagian orang justru dianggap sebagai gimmick saja, dan bahkan ada yang merasa terganggu dari munculnya fitur tersebut.

Hal ini karena live caption memang selalu muncul dibagian tengah layar dari tampilan video. Sehingga hal tersebut tentu saja sedikit banyaknya akan menggangu kenyamanan saat menonton video pada browser.

Lalu apakah fitur live caption ini dapat dinonaktifkan? Jawabannya tentu saja bisa. Nah bagi kalian yang memang tidak terlalu membutuhkan layanan fitur satu ini, maka kita dapat mematikannya di menu pengaturan secara manual.

Adapun untuk mengetahui bagaimana caranya, langsung saja kita simak pada ulasan berikut ini.


Cara Menghilangkan Teks Live Caption pada Browser Google Chrome

Sebenarnya cara paling mudah yaitu bisa dengan menekan tombol close untuk mengeluarkan fitur tersebut. Hanya saja, jika menggunakan cara tersebut, layanan live caption akan muncul lagi jika kita membuka video baru.

Oleh karena itu, untuk bisa benar-benar mematikan fitur tersebut kita dapat melakukan cara seperti berikut.

1. Langkah pertama kita klik icon tiga titik vertikal yang ada dibagian kanan atas > lalu selanjutnya kita pilih menu Settings/Pengaturan.


2. Jika sudah lalu pada tab menu yang ada disebelah kiri kita pilih Accessibility > kemudian langsung saja kita nonaktifkan menu Live Caption dengan cara mengklik-nya satu kali hingga bilah tombol bergeser ke arah kiri.



Namun bagi kita pengguna aplikasi browser google chrome versi lama, ada sedikit perbedaan dalam menjalankan langkah-langkahnya.

1. Pertama pilih icon tiga titik vertikal di sebelah kanan atas > lalu pilih menu Settings.

2. Selanjutnya pilih menu Appearance > lalu scroll ke bagian bawah, kemudian pilih opsi Advanced.

3. Jika sudah lalu pada Accessibility kita matikan menu Live Caption.

Hingga langkah diatas, sebenarnya kita sudah berhasil untuk mematikan fitur teks subtitle otomatis berbahasa inggris ini. Jika ingin kembali memakainya, maka kita bisa menggunaka cara diatas dengan cara mengaktifkan kembali fitur live subtitle tersebut.  




Bagaimana mudah bukan? Selain dapat mengganggu kenyamanan kita, karena menutupi tampilan video yang sedang ditonton. Fitur satu inipun boleh dibilang tidak begitu penting, karena teks bahasa yang ditulis dari sub tersebut terkadang masih ngaco dan acak-acakan.

Jadi memang direkomendasikan agar fitur tersebut dimatikan saja, jika kita memang tidak terlalu perlu mengaktifkan layanan tersebut.

Demikianlah postingan kali ini tentang cara mudah dalam menonaktifkan layanan live caption pada proggram software google chrome. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close