Cara Sembunyikan Notch Layar Smartphone Xiaomi

Notch merupakan salah satu istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh produsen Apple pada saat merilis seri smartphone terbaru mereka yaitu iPhone X (dibaca: Ten) pada 2017 lalu.

Meskipun begitu, jika boleh dibilang bukan iphone x yang sebenarnya menggunakan konsep tersebut untuk pertama kali, melainkan smarphone seri Aquos S2 dari brand Sharp yang dirilis tepat beberapa bulan sebelumnya. Jadi bisa dibilang apple hanya mentenarkan lagi konsep tersebut.

Notch sendiri adalah bentuk seperti poni pada smartphone yang sedikit menjorok kebagian dalam layar.

Penciptaan notch ini dimaksudkan untuk memasang beberapa elemen seperti kamera depan, sensor-sensor, serta beberapa bagian lainnya. Karena pada waktu itu banyak produsen yang memang berlomba-lomba untuk membuat smartphone semakin bezeless, makanya desain ini diciptakan.

Pada saat kemunculannya ini, banyak orang merasa aneh dengan desain yang seperti itu. Bahkan tidak sedikit juga yang malah kemudian mengolok-oloknya.

Namun siapa sangka, beberapa waktu setelah itu ide yang awalnya dianggap out of the box ini perlahan malah banyak disukai orang dan bahkan menjadi sebuah tren. Para produsen dari brand-brand smartphone pun malah banyak yang menjadi ikut-ikutan membuat notch ini.

Hingga pada akhirnya orang-orang pun mulai terbiasa dan bahkan ada yang benar-benar menyukainya.

Dan seperti yang kita tahu bahkan hingga sekarang pun desain ini masih tetap eksis, meskipun saat ini bentuk dari notch tersebut sudah semakin kecil, seperti hanya berupa titik bulat kecil saja (punch hole) maupun seperti bentuk percikan air (waterdrop).

Nah meskipun desain ini sudah tergolong cukup lama hadir dan mulai bisa diterima oleh banyak orang. Namun ternyata ada saja dari kita yang masih tidak menyukai desain tersebut.

Padahal kita tahu banyak brand yang sudah menjadikan desain seperti ini sebagai desain standar mereka, baik itu dengan bentuk notch yang besar, maupun bentuk punch hole hingga waterdrop.

Adapun salah satu brand yang telah menjadikan desain ini sebagai standar yaitu Xiaomi yang sudah menggunakan desain tersebut dibanyak lini ponsel mereka, dari mulai seri flagship hingga kelas entry level sekalipun secara umum sudah memiliki desain yang hampir sama persis.

Namun demikian bagi kita pengguna smartphone Xiaomi yang memiliki gadget dengan desain seperti itu, maka tidak perlu khawatir karena kita sebenarnya masih bisa mengakalinya yaitu dengan menyembunyikan notch maupun tompel yang mengganggu pemandangan ini.

Dan untuk mengetahui caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Sembunyikan Notch atau Lubang Kamera di Hape Xiaomi

1. Langkah pertama kita masuk ke menu "Settings" atau pengaturan telepon.

2. Selanjutnya kita cari menu yang bernama "Notifikasi dan Pusat Kontrol".


3. Jika sudah lalu kita pilih menu "Bilah Status".


4. Langkah terakhir kita pilih opsi "Sembunyikan Notch" > setelah itu kita centang tulisan "Sembunyikan Tanpa Memindahkan Bilah Status".


Hingga langkah diatas, maka notch atau lubang kamera yang tadinya terlihat mengganggu pun dapat tersembunyikan dan membuat layar menjadi terlihat lebih rapih.

Selain itu, jika kita hanya ingin menyembunyikan notch di beberapa aplikasi saja tidak disemua aplikasi, maka kita bisa mengaturnya dibagian menu "Notch untuk apl tertentu".


Demikianlah artikel kali ini tentang cara menyembunyikan notch atau poni pada layar smartphone Xiaomi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Dan jika ada yang ingin ditanyakan atau bila ada yang belum dimengerti, maka bisa langsung disampaikan saja di kolom komentar yang telah disediakan dibagian paling bawah.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close