Cara Mematikan Update Otomatis pada OS Windows

Windows merupakan salah satu jenis sistem operasi untuk perangkat PC komputer yang memang dikenal paling banyak digunakan orang saat ini.

Tampilannya yang terlihat sederhana serta cara pengoperasian yang relatif lebih mudah menjadikan hal itu sebagai salah satu poin pertimbangan atau alasan mengapa orang cenderung untuk memilih OS satu ini dibanding dengan sistem operasi jenis lainnya semisal Linux.

Selain faktor tersebut, sistem operasi windows pun bisa dibilang tergolong cukup baik dalam hal penyediaan sistem keamanan yang kuat guna melindungi data pribadi setiap pengguna agar tidak mudah dibobol atau disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Cara umum yang biasanya dilakukan dalam menjaga sistem keamanan tersebut supaya tetap berjalan dengan baik dan normal salah satu langkahnya yaitu dengan hadirnya fitur update sistem operasi yang dilakukan secara berkala.

Tujuannya sudah pasti yaitu untuk memperbaiki dan menutupi setiap celah-celah keamanan yang mungkin saja muncul seperti adanya bug sistem atau kondisi lainnya diasaat sistem sedang berjalan dalam keadaan abnormal.

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat, namun nyatanya sistem update yang  dilakukan secara otomatis dan merupakan bagian dari pelayanan pihak developer ini terkadang dianggap mengganggu oleh sebagian orang.

Alasannya tentu saja karena pada saat melakukan proses update terkadang performa PC akan menjadi sedikit menurun dan salah satu efek yang mungkin kita sadari sebagai pengguna yaitu kegiatan multitasking pun akan menjadi sedikit lebih berat dibanding sebelumnya.

Bagi sebagian orang mungkin hal ini tidaklah menjadi masalah berarti, akan tetapi tidak sedikit pula bagi mereka pengguna yang menjadi kesal apalagi bila proses update ini dilakukan secara otomatis tanpa ada notifikasi.

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas hal tersebut tentang bagaimana cara untuk melakukan penyesuaian proses update windows otomatis ini bahkan bila perlu kita pun bisa memilih untuk menonaktifkannya.

Langsung saja untuk mengetahui caranya mari kita simak ulasan berikut ini.


Cara Membuat Agar Windows Tidak Melakukan Update secara Otomatis

Disclaimer sebelumnya bahwa dalam contoh tutorial kali ini kita menggunakan sistem operasi windows versi 11 (OS Windows 11) sebagai bahan ujicoba. Bagi pengguna versi yang lain mungkin memiliki proses yang hampir sama meskipun bisa saja terdapat sedikit perbedaan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Langkah pertama kita masuk ke program bernama Run. Caranya mudah yaitu cukup ketikan di kotak pencarian kata "Run". Atau bisa juga dengan menggunakan cara cepat untuk mengaksesnya yaitu dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard secara bersamaan.

2. Setelah program tersebut berhasil dibuka lalu kita ketikan di kotak pencarian tersebut kata "services.msc". Jika sudah kemudian kita pilih "OK" atau bisa juga dengan menekan tombol enter di keyboard.


3. Selanjutnya kita cari kata "Windows update" di daftar deretan menu yang tersedia. Jika sudah lalu lakukan klik kanan dan pilih menu "propertis" maka akan muncul sebuah tab baru.


4. Langkah terakhir untuk menonaktifkan update windows kita cukup pilih "disabled" pada menu startup type lalu pilih "Apply". Atau jika ingin kita pun bisa juga memilih update secara manual.


Demikianlah artikel kali ini tentang tips cara mematikan windows update di windows 10,11 maupun windows lainnya  dengan mudah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close