Manfaat Mengkonsumsi Keripik Ubi Ungu bagi Tubuh


Salah satu cemilan yang menjadi favorit bagi mayoritas masyarakat Indonesia yaitu berupa olahan keripik. Banyak sekali jenis keripik yang bisa ditemukan dipasaran saat ini, dan salah satu diantaranya yaitu berupa keripik ubi ungu.

Jika boleh dibilang keripik jenis ini memang tidak setenar dibanding dengan keripik lain, seperti misalnya keripik singkong maupun keripik kentang. Namun siapa sangka, sebagai bagian dari variasi jenis camilan tradisional dengan tekstur yang renyah, keripik ubi ungu ini memiliki rasa yang tidak kalah nikmat.

Tidak hanya itu saja, keripik ubi ungu juga dipercaya memiliki banyak segudang manfaat dan khasiat yang bagus untuk kesehatan badan kita.

Hal ini tidak terlepas karena dalam bahan ubi ungu terdapat beberapa kandungan nutrisi, seperti adanya kandungan vitamin A yang berguna dalam menangkal antioksidan dan radikal bebas, serta kaya akan serat yang baik untuk dikonsumsi dikala sedang diet.

Lalu apa saja manfaat keripik ubi ungu bagi tubuh? Nah untuk mengetahui lebih detailnya, maka langsung saja kita simak pada ulasan berikut ini.


Manfaat Memakan Keripik Ubi Ungu untuk Kesehatan


1. Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang telah sedikit disinggung sebelumnya bahwa ubi ini sangat kaya akan vitamin A, dimana hal tersebut sangat bermanfaat bagi daya penglihatan dan juga kesehatan mata kita.

Vitamin A pada keripik ubi ungu disinyalir mampu untuk mencegah rusaknya gangguan penglihatan yang disebabkan oleh degenerasi makula dan juga akibat dari bertambahnya usia seseorang alias proses penuaan.

Selain itu kandungan vitamin ini juga dapat membantu dari kemungkinan adanya alergi terhadap makanan dan juga bisa membantu dalam penyembuhan regenerasi kulit karena adanya luka, seperti luka lecet akibat terjatuh, dsb.


2. Menormalkan Kadar Gula Darah

Bagi penderita penyakit diabetes tipe 2, memilih serta menjaga pola makan yang tepat tentu saja merupakan sebuah kewajiban yang harus selalu dipenuhi. Jika tidak, maka hal itu akan berpengaruh kepada kadar gula darah yang bisa saja melonjak secara tiba-tiba.

Nah keripik ubi ungu, ternyata memiliki kandungan serat dan kandungan gula alami yang cukup banyak, namun bisa dimanfaatkan untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Bahkan serat yang tinggi pada ubi, dianggap lebih baik daripada keripik yang berasal dari bahan kentang.

Jadi bagi kita yang memang ingin menjaga kadar gula darah, bisa mengkonsumsi keripik ini sebagai pengganti cemilan dikala sedang lapar.


3. Mencegah Hipertensi

Makanan yang kaya serat serta kaya nutrisi seperti sayur dan buah-buahan memang sangatlah direkomendasikan untuk penderita hipertensi.

Namun selain buah dan sayur, keripik ubi ungu pun sebenarnya dapat dikonsumsi juga untuk membantu penderita gejala darah tinggi. Hal ini karena kandungan kalium yang ada di dalamnya dianggap dapat membantu menurunkan gejala hipertensi.

Bahkan menurut salah satu penelitian yang telah dirilis oleh British Medical journal, ditulis bahwa dengan mengganti konsumsi kentang dengan ubi ungu dapat membantu menurunkan hipertensi yang jauh lebih baik.


4. Mencegah Kanker

Zat antosianin merupakan jenis zat yang berfungsi untuk memberikan warna ungu pada ubi. Nah zat tersebut ternyata dianggap mampu untuk melawan radikal bebas serta dapat dipakai sebagai antioksidan.

Dimana salah satu jenis radikal bebas yang bisa ditangkal tersebut, yaitu berupa senyawa karsinogenik yang merupakan jenis senyawa yang dapat menimbulkan gejala dan pertumbuhan sel kanker, terutama pada bagian payudara dan juga ginjal.


5. Pengontrol Berat Badan

Jika dibandingkan dengan keripik kentang, kandungan serat yang ada pada keripik ubi boleh dibilang sangat kaya, dan hal tersebut pulalah yang dapat memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama.


Sehingga jika dikonsumsi secara rutin, maka tidak akan membuat kita cepat merasa lapar. Dan hal tersebut tentu saja sangat cocok sekali bila diterapkan pada orang yang ingin melakukan diet sehat.




Nah itulah tadi sedikit penjelasan mengenai manfaat yang bisa kita dapatkan saat mengkonsumsi cemilan keripik ubi ungu. Selain rasanya yang manis, krispi dan juga enak, ternyata cemilan satu inipun memiliki segudang manfaat dan kandungan gizi yang cukup baik bagi kesehatan kita.

Demikianlah postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close