Cara Membagi atau Membuat Partisi Storage Komputer


Membagi partisi pada storage penyimpanan komputer memang sangatlah disarankan. Apalagi jika kapasitas penyimpanan memori yang dimiliki sudah cukup besar, maka sebaiknya pemisahan dengan cara memecah belah atau membaginya ke dalam beberapa bagian part memang mutlak diperlukan.

Hal ini sebenarnya bukanlah hal yang asing lagi bagi pengguna PC bahkan di kalangan awam sekalipun. Sebab penggunaan partisi, seperti sudah menjadi keharusan saja saat kita memiliki perangkat komputer.

Adapun fungsi dari pembagian partisi ini salah satunya yaitu bertujuan agar penggunaan perangkat PC dapat dijalankan lebih optimal. Dengan adanya pemisahan antara bagian sistem dengan tempat menyimpan data personal, membuat kinerja dalam menjalankan program software dapat lebih dimaksimalkan juga.

Selain itu dengan melakukan hal ini pula, data akan lebih terorganisir, sehingga pengguna atau user dapat lebih efisien ketika ingin mencari suatu file maupun dokumen tertentu.

Nah lalu bagaimana jika perangkat dekstop maupun laptop kita hanya memiliki satu partisi saja? Sebenarnya penggunaan satu partisi pun tidak menjadi masalah sama sekali, apalagi jika space memori internal yang dipasangkan pada PC kita memang sangat terbatas.

Namun jika memang kita ingin melakukan pembagian space memori dan ingin membuat partisi yang baru, maka pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai hal tersebut.

Tutorial inipun sangat mudah, karena kita tidak perlu menggunakan aplikasi apapun, melainkan cukup hanya memanfaatkan fitur bawaan yang sudah disediakan pada perangkat PC windows kita.


Cara Memecah dan Membuat Partisi Penyimpanan Baru di PC Desktop/Laptop

Penting : Perlu diingat, sebelum menjalankan tutorial ini alangkah baiknya jika kita melakukan backup terlebih dahulu terhadap data maupun file yang ada di dalam perangkat komputer kita. Hal ini bertujuan agar jika terjadi kesalahan dalam menjalankan proses dan data menjadi hilang, maka kita masih mempunyai salinannya dari data backup tersebut.
 
1. Langkah pertama kita klik tombol Windows atau menu Start > lalu pilih menu Windows Tools > kemudian pilih opsi Computer Management.


Namun jika ingin lebih praktis kita bisa langsung masuk ke menu pencarian (search) > lalu ketikkan saja pada kolom pencarian tersebut keyword computer management.


2. Jika sudah maka akan muncul tampilan tab menu baru, disini kita cukup klik menu Disk Management > lalu kita klik kanan pada disk drive storage yang ingin kita pecah atau buat partisi baru (sebagai contoh disini saya akan membagi partisi dari Drive E) > kemudian setelah itu kita pilih menu Shrink Volume.



3. Langkah selanjutnya pada menu Enter the amount of space to shrink in MB: kita tulis besaran memori penyimpanan sesuai dengan keinginan kita.

Sebagai contoh disini saya akan membuat partisi baru dengan space 100GB, jadi kita cukup tulis sebanyak 100000 dalam besaran MB. Jika sudah lalu pilih Shrink.



4. Setelah itu pada kolom Unallocated kita klik kanan > lalu pilih New Simple Volume > kemudian pilih Next.



5. Selanjutnya pada menu Specify volume size kita langsung saja pilih Next > lalu pada menu Assign the following drive letter kita pilih Kode huruf storage penyimpanan yang diinginkan > kemudian pilih Next.



6. Sementara itu pada menu volume label kita beri nama drive sesuai dengan yang diinginkan seperti misalnya Data, Dokumen, dll (disini saya beri nama Cara Bagi Partisi) > jika sudah lalu pilih Next > dan langkah terakhir kita tekan tombol Finish.


Hingga langkah diatas, maka proses pembagian partisi dari memori penyimpanan pun telah selesai dilakukan. Storage disk akan langsung terbagi menjadi dua bagian dengan besaran space penyimpanan sesuai yang sudah kita atur sebelumnya.

Selain untuk membagi partisi dari memori penyimpanan internal, tutorial inipun sebenarnya bisa digunakan juga untuk membagi atau membuat partisi baru di perangkat Harddisk eksternal maupun SSD eksternal.




Demikianlah artikel kali ini tentang cara mudah membuat partisi storage baru di perangkat PC desktop maupun laptop.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkahnya. Maka bisa langsung disampaikan saja pada kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close