Cara Kembalikan Tab Browser yang Tertutup Tidak Sengaja


Browser pada dasarnya merupakan salah satu software aplikasi yang memiliki fungsi agar kita dapat mengakses jaringan internet. Dengan mengakses program tersebut, kita dapat lebih mudah ketika ingin berselancar di dunia maya untuk mencari berbagai macam informasi apapun.

Contohnya seperti yang sedang Anda lakukan saat ini dengan berkunjung ke blog Bapigif. Sehingga jika tanpa adanya tools satu ini, mungkin kita akan cukup kesulitan untuk mengakses informasi di internet.

Nah seperti yang sudah tertulis pada judul postingan, pada kesempatan kali ini kita akan coba untuk membahas mengenai cara mengembalikan tampilan web browser yang tertutup secara tidak disengaja.

Kondisi ini sering terjadi seperti ketika kita sedang asyik-asyiknya surfing menggunakan browser dan membuka banyak tab pencarian halaman. Namun tiba-tiba secara tidak sengaja kita malah mengklik tombol close sehingga aplikasi ini menjadi keluar semuanya..

Atau bisa juga karena penyebab lain, seperti karena perangkat komputer kita yang tiba-tiba mengalami hang lalu error dan kemudian melakukan restart ulang.

Nah jika kedua kondisi diatas terjadi, umumnya pada saat membuka program browser lagi, kita akan kehilangan tampilan aktif dari web yang sedang terbuka sebelumnya. Padahal mungkin tab yang sedang dibuka itu cukup penting, dan kita tidak mau mengulang dari awal membuka halaman situs tersebut.

Oleh karena itu, jika hal diatas memang sudah sering terjadi, kita bisa melakukan cara dibawah ini untuk mengatasinya.


Cara Praktis Mengembalikan Tampilan Halaman Web Browser Akibat di Close Secara Tidak Sengaja

Boleh dibilang cara ini sangat simpel dan praktis sekali, sebab kita tidak perlu menggunakan aplikasi maupun software tambahan apapun.

Agar bisa melakukan tutorial ini kita hanya perlu menggunakan kombinasi shortkey keyword yang bisa langsung diakses pada tombol keyboard komputer kita.

Sebagai contoh disini saya akan menggunakan aplikasi browser dari Google Chrome.

1. Jadi saat tampilan tab maupun jendela browser tidak sengaja tertutup, maka kita hanya perlu membuka lagi browser tersebut, kemudian untuk mengembalikan ke halaman web yang sedang diakses sebelumnya kita cukup menekan tombol shortkey berikut :

CTRL + Shift + T pada keyboard secara bersamaan.

2. Jika sudah, maka tampilan halaman pada Google chrome yang hilang akan langsung kembali seperti semula, seperti yang terakhir kita akses.


Pertanyaan :

1. Apakah cara ini hanya bisa dipakai di program Google Chrome saja?

Jawaban : Saya sudah coba dibeberapa jenis browser lain seperti Mozilla Firefox, Microsoft Edge, DuckDuckGo, dan ternyata shortkey tersebut masih bisa dipakai. Kemungkinan cara inipun dapat dipakai juga di jenis browser lain selain yang telah disebutkan, terutama bagi kita pengguna OS Windows.


2. Apakah cara ini bisa diterapkan juga di perangkat mobile seperti smartphone?

Jawaban : Tidak, cara ini hanya bisa diakses melalui perangkat PC saja, baik itu di varian Desktop maupun laptop.


3. Lalu bagaimana jika ingin mengembalikan tampilan browser yang tertutup di gadget smartphone?

Jawaban : Sepengetahuan saya, model smartphone zaman sekarang sudah sangat canggih. Jadi jika kita menutup program browser sekalipun, kita akan tetap bisa melihat tampilan terakhir saat kita mengakses jenis browser tersebut. Dengan catatan asalkan tidak menghapus bagian data cache atau history dari aplikasi browser yang sedang digunakan.




Bagaimana mudah dan praktis bukan, dengan menerapkan cara ini kita tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat menutup aplikasi browser yang sedang terbuka dengan tidak sengaja.

Demikianlah postingan kali ini, semoga artikel bisa bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung, akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close