4 Situs Website untuk Menjual Hasil Karya Foto Digital


Apakah kalian seorang fotografer profesional yang sedang bingung untuk menjual hasil karya-karya kalian? Atau kalian yang memang sekedar hobi pada dunia tersebut, namun ingin mencari penghasilan tambahan dari dunia digital kamera ini.

Nah jika iya, maka tidak perlu khawatir lagi karena dengan semakin berkembangnya dunia teknologi. Saat ini kita dapat dimudahkan untuk melakukan berbagai macam hal, termasuk juga didalamnya yaitu untuk menjual hasil karya dari jepretan kamera yang kita miliki.

Yap, bagi yang belum tahu bahwa saat ini mulai banyak bermunculan situs-situs website yang menyediakan jasa untuk menampilkan karya digital dalam bentuk sebuah gambar foto, yang akan dibagikan di halaman web mereka.

Tidak hanya sekedar dipampang di internet saja, melainkan hasil karya digital tersebut dapat juga menghasilkan cuan yang bisa dibilang cukup besar.

Jadi saat kita meng-upload foto di halaman website tertentu, dan gambar tersebut di download atau dibeli oleh orang lain. Maka kitapun akan mendapatkan uang royalti dengan besaran tertentu tergantung dari web yang dipakai.

Sehingga bagi kalian yang memang memiliki stok gambar digital yang sangat melimpah dan tentunya bernilai tinggi, serta estetik. Mungkin tidak ada salahnya untuk mulai mencoba menjualnya di tempat-tempat seperti itu.

Lalu apa saja situs penyedia jasa tersebut? Nah untuk mengetahuinya, maka langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.


Inilah Situs Tempat untuk Jual Beli Foto

Sebenarnya banyak sekali jasa yang dapat digunakan untuk menaruh hasil karya digital kita di dunia maya. Namun seperti yang tertera pada judul artikel, pada postingan kali ini kita hanya akan membahas 4 situs website saja yang menurut kita paling worth-it untuk bisa dicoba.


1. iStock

Di daftar pertama ada istock yang merupakan salah satu tempat favorit dari halaman web untuk menjual karya photo. Tampilan yang sangat user friendly membuat kita dapat lebih mudah untuk memahami setiap menu yang ada, terutama bagi kita yang baru berkecimpung di bidang ini.

Sebagai seorang kontributor biasa, disini kita akan mendapatkan bayaran yang cukup lumayan, yaitu sekitar 15 persen dari total jumlah unduhan yang dilakukan oleh viewers. Namun saat statusnya berubah menjadi eksklusif, maka kita akan mendapatkan bayaran yang berkali lipat yaitu antara 22 sampai 45 persen keuntungan dari total unduhan yang sudah dilakukan.

Lalu agar bisa melakukan Payout (PO) alias menarik saldo uang yang ada di website tersebut, kita harus sudah memenuhi minimal saldo yaitu sekitar 100 dollar. Jika sudah mencapai batas tersebut, kita dapat mencairkan dana melalui beberapa e-payment seperti PayPal, Payoneer MasterCard, dan juga MoneyBookers.

Selain itu kitapun dapat mencairkan dana tersebut maksimal dua kali dalam seminggu setelah mencapai batas minimum pembayaran.


2. ShutterStock

Siapa sih yang tidak kenal dengan shutterstock. Bagi kita yang memang sering mencari gambar berbayar untuk berbagai keperluan, biasanya kita akan mengunjungi website satu ini.

Adapun salah satu keunggulan dari tempat ini yaitu memiliki berbagai macam pilihan gambar yang bisa digunakan dari banyak kategori. Sehingga kita lebih mudah untuk mencari jenis gambar apapun.

Nah selain untuk mencari sumber foto, di situs ini kita juga dapat menempatkan hasil jepretan photo sendiri. Hasil keuntungan yang bisa didapat pun cukup besar, yaitu berkisar antara 20 sampai 30 persen. Dengan minimal pembayaran jika saldo kita sudah mencapai angka 75 dollar.


3. Bigstockphoto

Selanjutnya ada bigstockphoto sebagai tempat untuk menjual hasil karya kita di bidang fotografi.

Selain memiliki komisi cukup besar yang bisa didapatkan yaitu sekitar 30 persenan. Pada situs ini, kita juga akan mendapat tambahan bayaran royalti jika ada orang yang berlangganan. Adapun besaran dari royalti tambahan tersebut yaitu ada disekitar 0,38 dollar.

Nah untuk melakukan proses withdraw, disini ada tiga pilihan yang bisa kita gunakan untuk meminta PO yaitu bisa via Cek, PayPal, maupun MoneyBookers.


4. Fotolia

Di list yang terakhir yaitu ada situs fotolia by Adobe sebagai tempat untuk bertransaksi jual-beli dari karya digital photo yang kita miliki.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, di tempat ini kita akan mendapatkan bayaran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan tempat lain yang sudah dibahas pada poin sebelumnya.

Range keuntungan yang bisa kita dapatkan disini, yaitu sekitar 20 persen dan maksimal bisa mencapai 60 persen dari besaran harga jual yang telah ditentukan.

Adapun salah satu syarat untuk mendapatkan royaltii yang lebih besar itu, maka kita diharuskan untuk rutin menjual karya kita. Semakin banyak hasil jepretan kita yang dibeli, maka akan semakin besar pula pundi-pundi uang yang bisa kita hasilkan.

Lalu untuk proses pembayaran atau withdraw, di situs ini kita dapat memanfaatkan MoneyBookers maupun PayPal saja.




Nah bagaimana, apakah kalian sudah mulai tertarik untuk menjual hasil karya kalian di tempat-tempat tersebut?

Bagi yang memang menyukai dunia fotografi, mungkin situs-situs yang telah disebutkan di atas tadi bisa menjadi tempat alternatif dalam memasarkan hasil jepretan dari lensa kalian. Sembari tentunya bisa mendapatkan uang tambahan dari menjual berbagai macam foto yang kita miliki.

Demikianlah artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close