Tips Gunakan Audio Musik Aman dari Claim Hak Cipta


Sebagai seorang content creator seperti pada platform youtube maupun platform lain, pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan penggunaan suara backsound yang hampir selalu terdengar di setiap konten video yang dibuat.

Hal tersebut dianggap sangat wajar, mengingat musik sebagai pengiring memang bisa menjadi salah satu poin penting, agar sebuah konten dapat terlihat lebih menarik dan semakin enak untuk ditonton.

Di sisi lain meskipun terlihat cukup krusial, namun penggunaan efek backsound ini terkadang masih belum dimengerti sepenuhnya oleh para contents creator, terutama yang berhubungan dengan masalah hak cipta.

Kebanyakan dari kita, apalagi yang memang baru terjun ke dunia kreatif, seringkali masih bingung mengenai sumber untuk mendapatkan file audio atau backsound.

Nah menjawab permasalahan diatas, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba memberikan tips sederhana tentang cara mudah untuk menggunakan file audio musik yang gratis dan tentunya aman serta bebas copyright.


Cara Gunakan Suara Audio agar Tidak Kena Klaim Copyright

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk menghindari permasalahan adanya klain hak cipta dari sebuah karya digital audio. Namun pada kesempatan ini, kita hanya akan memberikan 3 tips saja yang bisa dibilang cukup ampuh dalam mengatasi hal tersebut.


1. Situs Website yang Bebas Copyright

Tips pertama yang dapat kita coba yaitu dengan mengunjungi langsung halaman website yang memang dibuat khusus dalam menyediakan berbagai macam sound effect maupun suara latar yang bebas untuk digunakan.

Dalam situs seperti ini, biasanya sudah terdapat ratusan bahkan ribuan jenis file audio yang dapat kita pilih dan digunakan secara bebas, bahkan tanpa perlu membayar sama sekali.

Selain itu, kita pun dapat lebih mudah dalam menemukan genre maupun tema musik yang lebih spesifik seperti rock, pop, metal, atau juga jenis suara yang lain seperti slow, sedih, gembira, beat, dan lain sebagainya, tergantung dari keinginan kita.

Adapun beberapa contoh dari penyedia jasa layanan website jenis ini yaitu seperti incompetech, freesound, bensound, dll.


2. Sumber dari Media YouTue

Jika kita seorang content creator yang sudah lama berkecimpung di dunia tersebut, mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan platform youtube sebagai media untuk mendapatkan sound effect yang ingin dipakai.

Ya, di platform satu ini kita dapat dengan gampang menemukan berbagai jenis backsound musik yang bebas dari copyright dan bisa digunakan kapan saja.

Setidaknya ada dua cara umum yang dapat dilakukan jika kita ingin mengambil source musik dari youtube.

Pertama, yaitu dengan melalui layanan library music youtube. Dimana agar dapat mengakses layanan ini, syarat utama yang harus dilakukan yaitu kita harus terlebih dahulu mempunyai akun sebagai kreator di platform tersebut.

Di sini kita dapat menemukan backsound musik maupun lagu yang bisa digunakan secara gratis tanpa perlu takut akan adanya klaim hak cipta.

Namun perlu diperhatikan juga, bahwa di menu library ada dua tipe audio yang bisa dipakai, yaitu musik dengan atribusi dan tanpa perlu atribusi. Atribusi sendiri mengacu pada keharusan untuk mencantumkan beberapa identitas sumber seperti judul lagu, penyanyi, pencipta, dsb.

Sementara cara yang kedua yaitu dengan memanfaatkan video youtube dengan kategori No Copyright Sound (NCS). Jadi di aplikasi youtube, memang sudah banyak channel yang menyediakan layanan file audio yang dapat dipakai ulang bebas hak cipta.

Syarat utama dari penggunaan NCS, yaitu kita harus memasang atribusi seperti pada poin yang telah dijelaskan sebelumnya.


3. Menciptakan Musik Sendiri

Jika kita merasa ribet dalam penggunaan atribusi dan syarat lain yang mungkin melekat. Maka tidak ada salahnya jika kita membuat aransemen backsound musik sendiri.

Selain bisa terhindar dari claim copyright secara sepihak, dengan cara ini kitapun dapat lebih bebas dalam menentukan komposisi dan genre musik yang akan dipakai sesuka hati. Termasuk dalam pemilihan instrumen alat musik apa saja yang ingin dimasukkan.

Apalagi saat ini sudah banyak sekali program software maupun aplikasi yang bisa digunakan untuk menciptakan suara backsound tersebut. Jika merasa bingung, kitapun bisa mulai dengan melihat tutorial yang sudah banyak bertebaran di internet.

Adapun beberapa aplikasi yang dapat dicoba untuk membuat aransemen lagu atau musik yaitu seperti adobe audition, ableton live, FL studio mobile, bandLab, garageband, dll.




Nah itulah tadi 3 tips yang dapat ditempuh jika kita ingin menggunakan file audio atau backsound yang bebas dari hak cipta.

Dengan mengaplikasikan tips diatas, kitapun tidak usah khawatir lagi tentang adanya claim sepihak yang mungkin bisa terjadi pada karya-karya kita yang sudah dibuat.

Demikianlah artikel kali ini, semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close
close