Cara Membuat Bilangan Pangkat pada Blog (Praktis)


Bilangan berpangkat adalah jenis bilangan yang merupakan hasil perkalian berulang dari angka itu sendiri. Banyaknya perkalian yang dilakukan, tentu tergantung dari jumlah angka pangkatnya. Dalam istilah ilmu matematika, hal tersebut sering juga disebut sebagai bilangan eksponen.

Letak dari eksponen ini umumnya berada sedikit diatas dari tulisan normal dengan ukuran juga yang dibuat sedikit lebih kecil. Sehingga dengan hal tersebut kita dapat dengan mudah membedakan antara teks normal biasa dengan huruf eksponen.

Saat menggunakan tulisan tangan, tentu kita dapat dengan mudah untuk menuliskan angka eksponen ini. Namun bagaimana jika kita ingin menuliskannya di dalam media digital seperti saat kita sedang menulis pada platform blog?

Nah mungkin inilah yang sering menjadi pertanyaan banyak orang. Meskipun sebenarnya tergolong sangat mudah, namun karena jarang dan hanya sedikit orang saja yang memakai fungsi dari teks yang berada diatas ini. Sehingga membuat masih banyak orang yang belum mengetahui caranya ini.

Oleh karena itu, artikel ini memang sengaja dibuat untuk mengakomodir mengenai masalah tersebut. Agar teman-teman yang belum tahu dapat segera mengetahuinya.

Lalu bagaimana cara membuat teks yang posisinya berada dibagian atas dari teks normal di postingan halaman website? Nah untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Tutorial Menulis Bilangan Pangkat Atas dan Bawah di Blog

Sebelum kita membahas cara untuk menulis pangkat pada paltform blog ini. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa sebenarnya banyak sekali cara maupun tutorial yang bisa dilakukan. Namun pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas tentang dua cara saja.

A. Menggunakan Fitur Bawaan Blogger

Pertama kita bisa dengan memanfaatkan dari fitur bawaan yang biasanya sudah langsung tersedia pada halaman blogspot saat kita sedang menulis postingan. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Masuk pada mode menulis blog (postingan baru) > lalu pada tab menu yang ada dibagian paling atas kita pilih "sisipkan karakter khusus" yang memiliki icon dengan bentuk smile.


2. Setelah itu pada menu "Emoji" kita ubah atau pilih menjadi nomor. Sementara pada menu "Desimal" kita ganti menjadi Pecahan/Terkait.


3. Nah jika sudah maka akan langsung muncul beberapa angka dari bilangan pangkat yang sering digunakan seperti angka ² untuk menyebut penamaan persegi. Misalnya 28 m² (dibaca 28 meter persegi). Pilih saja sesuai dengan kebutuhan kita.



B. Menggunakan Microsoft Word

Nah selain dengan memakai tips pertama sebagaimana yang telah dijelaskan diatas. Kitapun masih bisa mengetik angka pangkat ini dengan memanfaatkan program software dari Ms. Word.

Kelebihan dari cara ini, yaitu kita dapat lebih bebas dalam memasukkan berbagai macam karakter baik itu huruf maupun angka. Hal ini tentu agak sedikit berbeda dengan cara pertama tadi, dimana kita tidak bisa untuk menuliskan karakter berupa huruf.

1. Buka program Microsoft Word > Lalu buka halaman kosong (blank page) baru. 

2. Setelah itu pada bagian tab menu yang ada dibagian sebelah atas kita pilih fitur bernama superscript yaitu dengan melakukan klik pada menu icon X² (Atau bisa juga dengan menekan shortkey ctrl, shift, dan tombol + secara bersamaan).

Sementara untuk membuat tulisan huruf agar posisinya berada sedikit ke bawah, maka bisa memakai menu subscript yang memiliki icon menu berbentuk X₂.


3. Jika sudah lalu langsung saja kita ketik karakter huruf maupun angka yang diinginkan.

4. Terakhir copy tulisan tersebut, lalu pastekan pada postingan artikel blog kita.

Bisa kita lihat, bahwa hasilnya pun bisa sangat beragam dengan memiliki banyak karakter yang dapat dibuat. 

Catatan : Saat menggunakan cara ini, usahakan atur terlebih dahulu jenis font huruf dan font size di Ms. word dengan huruf yang digunakan pada tulisan blog. Tujuannya yaitu agar tulisan sama persis dan hasilnya dapat terlihat lebih rapih saat sudah di upload.


Kelebihan dan Kekurangan

  • Menggunakan Fitur Bawaan

+ Lebih praktis untuk digunakan tanpa perlu repot harus membuka aplikasi lain.

Jenis karakter yang dapat ditulis sangat terbatas hanya bisa berupa nomor atau angka saja.


  • Menggunakan Microsoft Office Word

+ Jenis karakter dapat lebih fleksibel, karena semua karakter huruf maupun simbol lain pada keyboard dapat kita masukkan. 

Jenis font dan font size harus diatur sama persis. Jika tidak maka hasil tulisan akan terlihat belang (ada yang besar dan ada yang kecil). Lalu meski sudah diatur dengan tipe font yang sama, akan tetapi jarak spasi kadang bisa berbeda. Hal ini tentu harus menjadi perhatian saat pemakaiannya.

Baca Juga : Cara Membuat Tabel untuk Postingan Blog (Praktis)

Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara simpel membuat karakter angka berpangkat pada tulisan blogspot.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkah diatas. Maka bisa langsung disampaikan saja di kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close