Cara Tampilkan Jenis Ekstensi File di Windows Explorer


Ekstensi pada file adalah sebuah identitas berupa nama yang terdiri dari 3 digit karakter huruf dan biasanya tertulis pada bagian akhir dari suatu file atau data. Oleh karena itu, sering juga dikenal dengan sebutan akhiran file atau namefile.

Adapun tujuan dibuatnya hal tersebut yaitu agar pengguna (user) dapat lebih mudah dalam mengenali jenis data yang ingin diakses pada perangkat gadget seperti PC komputer maupun smartphone.

Hal ini karena setiap ekstensi umumnya hanya bisa dibuka di program software tertentu saja, tergantung dari kategori yang dimiliki, apakah merupakan jenis file gambar, dokumen, maupun file khusus yang hanya bisa dibuka di satu aplikasi tertentu.

Sehingga dengan hal inilah, kita dapat membedakan jenis file yang satu dengan yang lainnya, cukup hanya dengan melihat tulisan dari ekstensi yang tertera pada akhiran sebuah data.

Di sisi lain, banyak sekali jenis ekstensi yang dapat kita temukan saat ini. Jika kalian pernah membuka explorer di PC Windows, maka biasanya kita akan menemukan beberapa istilah seperti .txt .jpg .doc .pdf .cdr .exe .rar .zip dan lain sebagainya. Nah nama-nama itulah yang kemudian disebut sebagai ekstensi file.

Namun bagaimana jika kategori ekstensi ini tidak muncul saat kita sedang menggunakan windows explorer di PC?

Nah hal itulah yang akan coba kita bahas pada kesempatan kali ini. Sebab, terkadang ada saja kondisi dimana jenis namefile ini tidak muncul pada tampilan explorer komputer kita.

Adapun salah satu alasannya karena kita mungkin salah dalam melakukan pengaturan atau secara tidak sengaja telah mengubahnya tanpa disadari. Sehingga ekstensi menjadi ter-hidden (disembunyikan).

Nah untuk mengetahui cara mengembalikan dan memunculkan kembali extension yang hilang itu, maka langsung saja kita simak langkah-langkah berikut ini.


Cara Menampilkan Ekstensi File yang Hilang atau Tersembunyi pada Komputer/Laptop

1. Langkah pertama buka program windows explorer terlebih dahulu pada perangkat PC kita.

2. Setelah itu, pada bagian tab menu yang ada di bagian paling atas kita pilih icon tiga titik garis horizontal > lalu pilih menu "Options".


3. Jika sudah maka akan langsung muncul kotak menu baru. Disini kita cukup klik menu "View".

4. Selanjutnya cari tulisan "Hide extensions for known file types". Lalu klik satu kali di tulisan tersebut hingga icon centangnya menghilang.


5. Jika sudah lalu pilih menu "Apply" yang ada dibagian bawah. Lalu langkah terakhir kita pilih "OK".

Hingga langkah diatas, maka jenis extensions file yang tadinya menghilang pun sudah berhasil untuk kita munculkan kembali.

Adapun untuk melihat hasil dan perbedaannya bisa terlihat dari cuplikan gambar before dan after berikut ini.


Disclaimer : Perlu diketahui juga bahwa pada tutorial kali ini, kita menggunakan spesifikasi OS dari versi windows 11. Jadi bagi teman-teman yang masih menggunakan versi lain atau versi dibawahnya, mungkin saja bisa terjadi adanya sedikit perbedaan.

Meskipun hal tersebut tentu tidak akan jauh berbeda dalam menjalankan setiap langkah-langkahnya.

Baca Juga : Cara Hilangkan Tulisan Today Yesterday Last Week File Explorer

Demikianlah artikel simpel kali ini tentang tips menampilkan file extensions pada program explorer windows 11 yang tidak muncul.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti seputar langkah-langkahnya. Maka bisa langsung saja disampaikan di kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena telah berkenan untuk mengunjungi blog ini, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close