Cara Cepat Shutdown PC Komputer dengan Keyboard


Sebagai seorang user yang setiap hari selalu menggunakan perangkat Personal computer (PC). Mungkin kita pernah ada di suatu momen dimana kita sedang terburu-buru dan harus segera mematikan komputer dalam waktu yang sangat singkat.

Hal ini biasanya sering terjadi pada saat kita berada di suatu kondisi yang tidak terduga, seperti misalnya saat di tempat umum, atau bisa juga karena ada suatu persoalan yang mendadak, dimana kita harus langsung segera untuk mematikan gadget kita itu.

Jujur inilah yang sering juga dialami oleh saya pribadi, yang mau tidak mau di kondisi mendesak seperti itu, kita harus dengan cepat untuk mematikan PC desktop atau laptop.

Mungkin sebagian dari kita jika sedang berada pada kondisi seperti itu, akan memilih untuk menekan langsung tombol power pada PC. Hal tersebut memang tidaklah salah.

Namun sangat tidak direkomendasikan sekali, karena dalam jangka panjang hal tersebut dapat merusak sistem gadget kita, terutama pada bagian sistem pengolah grafis seperti gpu.

Nah jika memang kalian sering berada di kondisi yang seringkali urgent, maka sebenarnya ada tips yang lebih aman untuk melakukan proses shutdown ini. Tentu tanpa perlu khawatir akan merusak perangkat PC kita.

Bahkan boleh dibilang cara ini sangat praktis sekali, karena bisa dilakukan hanya kurang dari 5 detik saja. Dan tenang saja, cara inipun dijamim aman dan tidak akan membahayakan perangkat kita. Sebab pada dasarnya, tutorial ini hanya menggunakan cara pintas saja dalam menjalankannya.

Lalu bagaimana caranya? Nah untuk mengetahui hal tersebut, maka langsung saja kita simak ulasan lengkap berikut ini.


Tutorial Praktis untuk Mematikan Shutdown pada Perangkat Komputer atau Laptop

1. Langkah pertama tentu kita harus sudah menutup semua program maupun aplikasi yang dipakai sebelumnya. Hal ini semata-mata demi keamanan, salah satunya yaitu mengenai masalah data agar tidak corupt saat akan dibuka lagi dikemudian hari.

Meskipun langkah pertama ini sebenarnya masih bisa dilewati, kalau memang sekiranya kita dalam kondisi yang sangat amat terburu-buru.

2. Selanjutnya untuk mulai melakukan shutdown kita cukup tekan kombinasi shortkey yaitu dengan menekan tombol Windows + tombol X secara bersamaan pada keyboard.

3. Jika sudah, lalu langsung saja tekan tombol U dua kali (double u) secara cepat. Maka perangkat PC pun dijamin akan langsung otomatis non-aktif seperti halnya kita melakukan proses shutdown pada secara normal.

Mudah bukan? Dijamin dengan mengaplikasikan cara ini kita tidak perlu khawatir lagi, jika kita dalam kondisi yang sangat terburu-buru untuk menonaktifkan PC.

Catatan : Perlu diketahui juga bahwa tips ini bisa dilakukan hanya di PC yang menggunakan Sistem Operasi dari Windows saja. Uji coba pun telah dilakukan di dua versi yang berbeda yaitu versi windows 10 dan juga windows 11.

Bagi pengguna versi selain itu, mungkin saja proses ini masih bisa dilakukan, meskipun saya belum pernah menguji cobanya secara langsung.

Selain menggunakan cara diatas, sebenarnya masih banyak cara lain yang dapat kita lakukan untuk menonaktfkan perangkat komputer kita dengan sangat praktis. Salah satu caranya, yaitu dengan menekan tombol ALT + F4 secara bersamaan pada keyboard saat kita berada pada tampilan menu utama (menu desktop).

Baca Juga : Cara Simpan Video Youtube Short ke Playlist Tonton Nanti

Demikianlah artikel simpel kali ini tentang cara mudah mematikan perangkat komputer maupun laptop dalam waktu yang sangat singkat.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan jika memang ada pertanyaan atau jika ada yang belum dipahami seputar langkah-langkahnya. Maka bisa langsung saja disampaikan pada kolom komentar yang telah tersedia di bagian paling bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena sudah berkunjung ke blog ini. Dan sampai bertemu kembali di artikel lain berikutnya. Have a nice day

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close