Pengertian QR Code dan Cara Praktis Membuatnya


Saat kita sedang jalan-jalan berpergian ke mall atau ke suatu toko tertentu, mungkin kita beberapa kali pernah membayar barang belanjaan yang dibeli dengan menggunakan sebuah simbol yang berbentuk kotak-kotak tak beraturan dengan memilki warna hitam-putih.

Simbol tersebut akan kita scan dengan perangkat smartphone kita dan kemudian pembayaran barang pun telah selesai dilakukan.

Nah jika anda belum tau, itulah kira-kira yang disebut dengan kode respon cepat (RC) atau dalam bahasa inggris lebih dikenal sebagai quick response (QR) code.


Lalu apa itu QR Code?

Jadi QRcode adalah sebuah pola simbol metriks dua dimensi yang sangat lumrah digunakan untuk menyimpan berbagai informasi berupa data tertentu. Umumnya dapat dipakai untuk menyimpan beberapa informasi seperti url link, file gambar, nomor telepon, teks tulisan, dsb.

Dalam contoh konkrit simbol ini bisa dimanfaatkan untuk penggunaan data seperti informasi kendaraan, gadget, maupun penggunaan aplikasi komersial lain seperti dalam pembayaran digital yang telah disebutkan tadi.

Ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kode batang alias barcode. Adapun perbedaan diantara kedua sistem tersebut yaitu terletak pada pola gambar yang digunakan.

Jika kode batang biasanya hanya menggunakan pola garis horizontal yang dijejer kesamping (1 dimensi), maka pada simbol QR ini telah digunakan dua pola yaitu horizontal dan vertikal (dua dimensi).

Sehingga kelebihan yang dapat diperoleh yaitu mengenai keberadaan jumlah informasi yang disimpan, yang mana pada kode RC mampu memuat jauh lebih banyak data jika dibandingkan dengan barcode.

Selain itu pada QR, jenis data yang dapat dibaca pun dapat lebih beranekaragam lagi, yaitu dari mulai file berupa angka numerik, alphabetis, maupun simbol lain seperti biner, huruf latin, katakana, dsb.

Adapun keuntungan lainnya, yaitu pada kode quick response tidak mudah error saat ingin dibaca. Dalam arti jika pada suatu gambar ada yang terkena kotoran atau ada bagian yang terlipat sedikit (selagi dalam batas wajar), maka biasanya informasi akan masih bisa terbaca.

Ini tentu sedikti berbeda dengan barcode yang begitu sangat sensitif, karena jika simbol terlipat sedikit saja maka kadang akan terjadi error dan bahkan data tidak bisa terbaca sama sekali.

Oleh karena kelebihan yang dimilikinya itu, dimasa depan keberadaan barcode mungkin akan semakin ditinggalkan, dan lambat laun akan tergantikan dengan kode yang jauh lebih responsif seperti QR.

Lalu bagaimana cara untuk membuat kode quick response ini? Nah untuk mengetahui hal tersebut, maka kita bisa menyimak langsung ulasan berikut ini.


Tutorial Simpel membuat kode QR dengan Mudah

1. Langkah pertama kita masuk terlebih dahulu ke halaman website barcode-generator.org

2. Setelah itu pada menu "create free" kita pilih saja opsi QR code.


3. Jika sudah lalu pilih tipe dari QR code yang ingin dibuat. Kita mau membuat jenis apa, karena terdapat beberapa opsi yang bisa digunakan seperti untuk url web, kartu nama virtual (vcard), media sosial, gambar, file PDF, alamat email, dsb. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan kita.


Nah sebagai contoh disini kita hanya akan membuat untuk halaman website atau blog saja.

4. Maka langkah selanjutnya kita cukup menuliskan halaman web kita di kotak yang telah disediakan. Sedangkan untuk jenis lain terkadang ada beberapa data yang harus diisi.


Lalu kemudian kita pilih "Create QR code".

5. Jika sudah maka dibagian sebelah kanan akan langsung muncul kode quick response yang sudah jadi. Disini kita hanya perlu memilih menu download untuk menyimpan file gambar dari kode yang telah dibuat tersebut.


Hingga langkah diatas, maka proses pembuatan pun telah selesai dilakukan. Nah untuk mengeceknya kita bisa menggunakan alat pemindai yang biasanya sudah ada di gadget smartphone kita.

Catatan: selain bisa digunakan untuk membuat kode QR, di tempat ini juga kita juga bisa membuat produk yang serupa misalnya saja seperti barcode yaitu simbol sandi yang biasanya ada pada produk dari suatu barang yang dijual.

Baca Juga : Tipe Laptop Bisnis MSI Semua Varian Model

Bagaimana ternyata membuat qrcode ini sangatlah mudah dan cepat bukan?

Demikianlah artikel kali ini tentang cara praktis membuat sandi quick response dengan cepat dan sangat simpel.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkah yang ada diatas atau jika ada yang ingin ditanyakan. Maka bisa langsung disampaikan saja di kolom komentar yang telah tersedia di bagian bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terimakasih karena telah berkunjung ke blog ini. Dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close