Cara Mengetahui Artikel Blog sudah Terindeks atau Belum


Faktor kunci yang selalu harus diperhatikan saat kita mengelola sebuah website salah satunya yaitu mengenai keberadaan indexing. Bisa dibilang tips blogging satu ini merupakan salah satu yang terpenting dalam memaksimalkan search engine optimization (SEO) pada web.

Indeks halaman penelusuran atau indexing sendiri adalah bagian dari SEO yang bertujuan agar domain dari website kita dapat ditampilkan pada mesin pencari, yaitu seperti google, bing, yahoo, dan lain sebagainya.

Jadi dengan melewati proses ini, maka blog atau website yang telah dibuat dapat dengan mudah ditemukan oleh orang lain saat mereka mengetikkan kata kunci atau keyword yang berhubungan dengan artikel yang kita tulis.

Jika postingan kita dianggap berkualitas dan juga relate dengan kata kunci yang sedang dicari itu, maka mesin pencari akan langsung merekomendasikan website kita dan bahkan bisa juga menempatkannya di hasil pencarian teratas di page pertama.

Dengan kata lain semakin banyak postingan yang sudah berhasil terindex, maka hal itu akan membuat blog kita semakin besar berpeluang untuk diklik oleh orang lain. Dan hal tersebut tentunya baik untuk reputasi website kita.

Lalu bagaimana cara agar blog bisa terindeks? Sebenarnya ada beberapa cara, namun salah satu yang paling efektif dan paling cepat yaitu dengan mendaftarkan artikel kita di google search console atau jika dahulu bernama webmaster tools.

Jika dengan menggunakan alat ini, postingan yang sudah terpublish biasanya akan langsung terindex sekitar 30 menit atau paling bisa hingga beberapa hari tergantung dari kecepatan bot yang melakukan crawl. 

Nah namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas mengenai hal tersebut. Melainkan cara untuk memastikan bahwa artikel yang telah kita publish itu sudah benar-benar diindeks dan sudah masuk ke database mesin pencari utama yaitu google.

Adapun untuk mengetahui penjelasan lebih detailnya, maka bisa langsung menyimak ulasan berikut ini.


Cara Cek Artikel Postingan Blog Sudah Terindeks di Mesin Pencari

1. Langkah pertama kita copy link URL dari postingan halaman yang sudah di publish.

Cara mendapatkan link tersebut yaitu dengan membuka postingan yang ingin dicek lalu pada bagian URL domain kita salin link-nya.


Atau jika pada blogspot kita bisa masuk ke menu "postingan" > lalu di artikel yang sudah diposting kita klik kanan pada icon mata (menu review) > lalu pilih "copy link address".

2. Jika sudah lalu buka halaman search engine google.com.

3. Selanjutnya pastekan alamat yang sudah di salin sebelumnya tadi pada kotak pencarian > lalu kemudian tekan enter.


4. Hasilnya akan ada dua. Pertama jika postingan sudah berhasil terindeks di search engine, maka artikel tersebut akan langsung muncul berupa link perujuk di pencarian google, seperti misalnya bisa terlihat pada gambar berikut.


Sementara itu, jika sebaliknya yaitu postingan belum terindeks sama sekali oleh mesin pencari, maka akan terdapat tulisan "Penulusuran anda tidak cocok dengan dokumen apapun". Rinciannya dapat terlihat seperti pada gambar berikut.


Nah mudah bukan? dengan memanfaatkan cara ini kita dapat lebih mudah untuk mengetahui artikel blog mana saja yang sudah di-index dan belum oleh search engine google.

Dan jikapun ternyata ada yang belum terindex maka kita bisa mendaftarkannya agar cepat terindeks melalu fitur google search console (GSC) atau webmaster tools.

Baca Juga : Cara Atasi Name dan Item.name Harus Ditentukan di GSC

Demikianlah tutorial singkat kali ini tentang cara mudah mengecek dan memastikan postingan halaman web yang sudah terindeks di mesin pencari google.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda seputar dunia blogging. Jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkah diatas, maka bisa langsung saja disampaikan di kolom komentar yang telah tersedia.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena telah berkenan mengunjungi blog ini, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close