Cara Membuat Kop Surat yang Benar di Microsoft Word


Saat sedang membuat sebuah pesan surat apalagi untuk kegunaan formal, pastinya surat tersebut harus dilengkapi serta disusun berdasarkan kaidah-kaidah yang berlaku. Ini bertujuan semata-mata agar pesan dapat lebih mudah untuk dikenali.

Adapun dari sekian banyak syarat-syarat yang ada itu, salah satunya yang wajib tertera yaitu mengenai keberadaan dari identitas sang pengirim. Nah jika dalam jenis format yang resmi, hal tersebut biasanya akan terletak pada bagian yang diesebut sebagai kepala surat (letterhead).

Apa itu letterhead?

Jadi letter head atau biasa juga dikenal dengan nama Kop adalah bagian dari tulisan di dalam surat yang letaknya secara umum berada di bagian paling atas.

Fungsi dari keberadaan kop ini yaitu agar orang yang menerima dapat dengan mudah mengetahui secara pasti tentang dari mana surat tersebut berasal serta lembaga atau perusahaan mana yang mengirimkannya.

Adapun isinya tersebut yaitu dapat berupa identitas dari sang pengirim seperti nama company atau instansi, alamat, serta beberapa informasi lainnya.

Selain dianggap sangat penting, keberadaan dari kepala surat inipun tidak boleh asal-asalan dibuat sembarangan begitu saja. Melainkan sudah ada ketentuan umum atau standar baku yang harus diikuti, agar nantinya dapat diarsipkan dengan lebih mudah.

Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat kop surat yang baik dan benar dengan memanfaatkan program Microsoft word yang memang sudah lumrah untuk digunakan.

Tentu tutorial inipun dibuat sesuai dengan format umum yang berlaku, sehingga nantinya bisa diterima dimanapun saat kita berkerja di berbagai jenis perusahaan tanpa terkecuali.

Adapun untuk mengetahui langkah-langkahnya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini. 


Format Kop Surat yang Baik dan Cara Membuatnya dengan Ms. Word

1. Langkah pertama kita buka terlebih dahulu program software microsoft word, lalu langsung saja buat halaman kosong baru (blank page).

2. Jika sudah lalu pada lembar halaman kertas di bagian atas kita klik dua kali (double klik) hingga muncul tulisan header seperti terlihat pada tampilan berikut.


3. Setelah itu baru masukkan informasi dari intansi maupun perusahaan kita.

Urutannya adalah nama intansi terlebih dahulu, lalu alamat fisik, dan terkahir berupa kontak yang bisa dihubungi seperti nomor telepon, email address, media sosial, maupun website yang terkait.

Khusus pada bagian nama instansi kita buat menjadi sedikit lebih tebal dengan menggunakan menu Bold dan ukuran font pun kita ikut besarkan juga. Pilihan ukuran font bisa antara 16 atau 18.

Jangan lupa juga untuk membuat teks tersebut berada di bagian tengah dengan memilih menu center. Atau bisa dengan cara memblok semua teks terlebih dahulu (CTRL+A), lalu tekan tombol CTRL+E.

4. Langkah selanjutnya kita masukkan garis horizontal panjang yang berfungsi sebagai pemisah antara bagian kop dengan bagian isi surat.

Caranya cukup tekan enter 2x untuk memberikan jarak > lalu masukkan karakter tanda pagar (#) sebanyak 3x > lalu tekan enter lagi. Hasilnya akan langsung muncul garis bar horizontal panjang berwarna hitam.


5. Jika sudah, lalu langkah selanjutnya kita masukkan gambar logo agar terkesan lebih formal.

Caranya pilih tab menu "Insert" > lalu pilih "Picture" > lalu pilih "This Device" > baru tambahkan icon logo yang kita punya.


6. Lalu agar logo bisa lebih mudah untuk dipindahkan di tempat yang diinginkan, maka cara mengaturnya yaitu klik kanan pada gambar tersebut > lalu pilih "Wrap text" > lalu pilih "in front of text" > baru kemudian kita pindahkan ke tempat yang diinginkan. Umumnya akan diletakkan di bagian sebelah kiri atas.

Jika sudah selesai, maka hasil akhirnya akan terlihat seperti pada gambar berikut ini.

Catatan: Pada bagian informasi kontak untuk dihubungi, maka bisa disesuaikan dengan kontak yang dimiliki. Misalnya saja seperti faksimile, halaman sosmed, dll.

Setelah selesai membuat letterhead ini, maka selanjutnya kita tinggal menuliskan isi pesan dari surat tersebut seperti biasanya.

Ternyata mudah bukan membuat letterhead itu?

Demikianlah artikel kali ini tentang cara simpel dan praktis membuat kop surat dengan menggunakan aplikasi office microsoft word.

Baca Juga : Cara Mengetahui Artikel Blog sudah Terindeks atau Belum

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti menganai langkah-langkahnya. Maka bisa langsung saja disampaikan di kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena telah bersedia mengunjungi blog ini, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close