Tipe Laptop Bisnis MSI Semua Varian Model


Apakah anda tau brand laptop MSI? Mungkin sebagian dari kita ada yang sudah mengetahui brand satu ini dan sebagian lainnya mungkin belum pernah mendengar merk satu ini sama sekali.

Hal yang sangat wajar sebenarnya, mengingat brand laptop satu ini memang tidak sepopuler merk lain seperti Asus, Acer, maupun Lenovo.

Alasannya sederhana, karena memang pada brand MSI lebih dikenal sebagai penyedia laptop gaming saja. Sehingga konsumen atau market pasarnya tergolong sangat terbatas dan segemented sekali.

Namun beberapa tahun belakangan ini, MSI sepertinya tidak mau kalah dan justru memutuskan untuk mengeluarkan lini varian laptop terbaru pada kategori bisnis dan productivity.

Line-up baru ini dikhususkan untuk dapt menunjang berbagai aktivitas komputasi ringan hingga berat untuk kegiatan produktivitas bisnis maupun untuk kebutuhan komputasi sehari-hari ala pengguna rumahan.

Saat artikel ini dibuat, setidaknya ada 3 varian model atau seri yang sudah diluncurkan oleh brand MSI.

Nah untuk mengetahui jenis apa saja dan bagaimana detail spesifikasi dari laptop yang ditawarkan tersebut. Langsung saja kita simak ulasan berikut ini untuk penjelasan lebih lengkapnya.


Seri Laptop Bisnis/Productivity MSI dari Tipe Terendah hingga Tipe Tertinggi

1. Seri Modern

Seri ini bisa dibilang merupakan varian paling bawah atau entry level dari lini laptop bisnis MSI. Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan kelas entry level dari brand lain dikelasnya, seri modern ini termasuk salah satu yang sudah sangat bagus.

Hal tersebut dapat terlihat dari desain dan build quality yang sudah sangat premium dengan material yang terbuat dari bahan aluminium alloy yang membuatnya sangat kokoh namun dengan bobot yang masih tergolong sangat ringan.

Selain itu dengan hadirnya sertifikasi military-grade membuat model ini juga lebih tahan banting jika secara tidak sengaja perangkat tersebut terjatuh.

Dari segi spesifikasi, tipe SKU terendah dari Seri modern inipun umumnya sudah dibekali dengan prosesor kelas mainstream seperti intel seri core i3, yang mana hal tersebut sudah sangat baik.

Bahkan untuk tipe SKU teratas dari seri modern ini, ada yang sudah disertakan dengan deskrit gpu tambahan versi hemat daya seperti seri Nvidia MX 350 atau MX 450.

Secara umum terdapat dua varian tipe yaitu modern 14 dengan memiliki ukuran layar sekitar 14 inch, dan modern 15 dengan memiliki ukuran layar sekitar 15,6 inch.


2. Seri Prestige

Seri prestige merupakan seri yang ada satu tingkat diatas seri modern. Sehingga dari segi fitur dan spesifikasi secara umum, varian ini memang berada diatas seri modern.

Bahkan dengan kelas yang ada diatasnya seperti varian summit sekalipun, seri prestige tergolong lebih unggul jika dilihat dari sisi performa yang dimiliki.

Hal ini karena seri prestige di beberapa tipe biasanya sudah ada yang memakai deskrit gpu seri menengah seperti GTX 1650 maupun RTX 3050. Ini berbeda dari summit yang kebanyakan masih memakai integrated gpu.

Selain itu, di varian ini juga ada pilihan tipe laptop yang sudah dibekali dengan layar resolusi 4k dengan tingkat color gamut hingga mencapai 100% sRGB maupun 100% adobe RGB.

Sehingga varian ini sangat cocok sekali jika digunakan oleh seorang content creator yang membutuhkan perangkat gadget perfoma tinggi, namun tetap ingin tampil dengan gaya yang modis.

Beberapa tipe dari seri prestige yaitu seperti model prestige 14 dan prestige 15.


3. Seri Summit

Seri Summit seperti namanya yang berarti puncak, merupakan model laptop kelas bisnis kasta tertinggi dari MSI yang dikhususkan untuk kalangan pebisnis profesional.

Perfoma dari seri ini tergolong cukup tinggi, dengan tujuan agar bisa memenuhi segala kebutuhan termasuk untuk pekerjaan komputasi berat. Meskipun secara spesifikasi, terkadang seri ini masih ada dibawah dari seri prestige.

Adapun yang menjadi highlight atau nilai jual utama yang ditawarkan dari varian summit yaitu mengenai fitur dan sistem perlindungan data yang dimiliki. Dimana di seri ini, umumnya sudah dibekali dengan sistem proteksi perangkat laptop kelas enterprises yang tentunya memiliki sistem perlindungan yang paling canggih dan juga sangat aman.

Beberapa jenis proteksi itu, beberapa diantaranya seperti sistem proteksi TPM yang merupakan hardware keamanan dasar dari MSI, biometrik security berupa fingerprint dan kamera infrared untuk face-unlock, serta sistem keamanan lainnya.

Bahkan ada satu fitur yang cukup bagus yang ada di varian summit ini, yaitu fitur berupa sistem penguncian USB slot dan SD card slot, yang memungkinkan perangkat laptop untuk terhindar dari pencurian data oleh orang lain.

Dari segi desain dan build quality, seri ini memiliki bentuk body yang cenderung elegan sehingga akan menimbulkan kesan mewah dan profesional ketika sedan dipakai.

Bobotnya pun tergolong ringan karena material bahan yang sudah terbuat dari logam, serta dengan adanya standarisasi military-grade semakin membuat laptop ini menjadi lebih kuat dan juga tahan banting.

Sementara untuk urusan spesifikasi hardware secara umum, varian ini tidak jauh berbeda dengan varian prestige, yaitu sudah menggunakan prosesor kelas menengah atas seperti intel core i5 atau i7 dan juga sudah dibekali dengan pilihan RAM 16 atau 32 GB.

Selain itu, seri summit umumnya sudah dibekali dengan fitur touchscreen dan juga layar lipat (flip), yang membuatnya sangat mudah digunakan layaknya sebuah tablet kecil.

Beberapa tipe dari model laptop varian ini yaitu seperti summit E13 Flip, E14, E15, B14, dan B15.

Baca Juga : Tipe Laptop Lenovo dari Varian Bawah Hingga Atas

Nah itulah tiga model seri laptop bisnis dari produsen MSI. Meskipun selama ini terkenal sebagai produsen dari laptop gaming.

Namun ternyata saat mereka mencoba merilis model laptop jenis premium, pabrikan satu ini boleh dibilang cukup berhasil dan bahkan bisa menyaingi para kompetitor di segemen pasar laptop casual non-gaming.

Demikianlah artikel kali ini, semoga info yang diberikan tersebut dapat bermanfaat. Dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close