Cara Atasi Name dan Item.name Harus Ditentukan di GSC

Pengalaman ini sebenarnya merupakan pengalaman real yang memang pernah terjadi di salah satu halaman website saya yang lain.

Jadi beberapa waktu yang lalu ketika saya ingin mengecek jumlah tampilan halaman blog, kebetulan saya cek menggunakan halaman google search console (GSC) seperti biasa. Namun Pada saat mengakses GSC tersebut, saya mendapatkan ada satu notifikasi yang masuk di menu lonceng yang ada disebelah kanan atas.

Lalu ketika saya coba cek, ternyata isinya adalah pemberitahuan bahwa beberapa halaman di blog saya dianggap tidak valid. Pada laporan itu terlihat masalah terstruktur pada breadcrumb dan terdapat juga tulisan "name" dan "item.name" harus ditentukan (dalam "itemListElement").


Awalnya jujur saya bingung, karena merasa tidak pernah melakukan hal apapun yang menurut saya bisa mengganggu web itu.

Singkat cerita, kemudian saya memutuskan untuk googling dan mencari solusinya. Hingga pada akhirnya saya pun tau penyebab dari masalah tersebut dan berhasil untuk menyelesaikannya.

Adapun dapat saya simpulkan, bahwa permasalahan ini bisa terjadi seringkali akibat kita lupa memberikan judul maupun tags label pada halaman terkait. Sehingga halaman menjadi tidak terdeteksi secara detail oleh mesin perayap (crawl) dan membuatnya dianggap tidak valid.

Setelah kejadian itu kemudian saya berfikir, mungkin ada juga teman-teman blogger diluar sana yang pernah mengalami hal serupa, namun belum bisa mengetahui cara mengatasinya.

Atas dasar itulah kemudian saya memutuskan untuk membuat artikel ini, dengan tujuan agar teman-teman bisa mendapatkan solusi untuk menyelesaikan masalah web yang tidak valid di search console google.

Nah untuk mengetahui caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Atasi Tulisan "name" dan "item.name" harus ditentukan (dalam "itemListElement") pada Halaman GSC

1. Langkah pertama kita pastikan terlebih dahulu link URL halaman kita yang bermasalah, dengan mengklik lonceng notifikasi GSC yang ada disebelah kanan atas > lalu scroll kebagian bawah.


Pada kasus yang saya alami, halaman yang bermasalah ternyata ada pada bagian halaman disclaimer dan privacy policy. Pada kasus anda mungkin bisa saja terjadi di halaman lain, seperti halaman artikel, halaman home, dsb.

2. Setelah tahu halaman yang dimaksud, lalu langsung saja kita buka halaman tersebut di dashboard blogger untuk dilakukan perbaikan.

Nah benar saja ternyata pada halaman disclaimer dan privacy policy pada website saya lupa tidak diberi judul. Jadi untuk menyelesaikannya cukup diberi judul saja.


Sementara itu, jika terjadi di halaman artikel biasanya akibat lupa memberikan tags label.

Maka cara untuk memperbaikinya cukup masuk ke artikel bermasalah tersebut > lalu pada tabmenu setelan entri yang ada di sebelah kanan cukup klik "Label". Kemudian sesuaikan dengan label yang kita inginkan.


3. Jika sudah diedit jangan lupa untuk mengklik menu "Perbarui".

4. Selanjutnya untuk memastikan apakah halaman tersebut sudah selesai diperbaiki, maka kita bisa langsung cek di halaman Pengujian Hasil Kaya.

5. Masukkan link URL halaman yang sudah diperbaiki tersebut > lalu klik "Uji URL".

Jika sudah benar maka akan ada tulisan Item Valid Terdeteksi.


6. Langkah terakhir, selanjutnya kita kembali ke Halaman Google Search Console, lalu klik menu Validasi Perbaikan di halaman tersebut. Tujuannya agar bisa ditinjau langusng oleh pihak Google.

Proses ini biasanya memerlukan waktu beberapa hari peninjaunan dan mungkin bisa juga hingga sekitar 2 Minggu.


Jika berhasil, maka nanti akan ada pemberitahuan bahwa "Validasi Lulus". Dan sebaliknya jika perbaikan masih salah, maka akan ada pemberitahuan bahwa "Validasi Gagal".

Demikianlah artikel kali ini tentang cara mengatasi tulisan Either name or item name should be specified.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan, atau jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkahnya. Maka bisa langusng saja disampaikan di kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke blog ini. Dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close