Cara Crop Ukuran Video dengan Adobe Premiere


Crop atau cropping secara umum adalah suatu istilah yang biasa digunakan saat kita melakukan proses memotong atau mengubah ukuran panjang dan lebar dari suatu objek baik itu dari sumber foto maupun video.

Dengan melakukan cara ini kita dapat mengambil hanya bagian tertentu saja dari suatu objek, dan membuang bagian yang tidak diinginkan. Sehingga detail dari objek pun dapat terlihat semakin jelas atau lebih ditonjolkan sebagai point of view.

Hal ini tentu agak berbeda dengan istilah cut yang bertujuan untuk mengurangi waktu durasi dan juga resize yang mengubah resolusi ukuran video namun dengan tampilan cuplikan yang tetap sama.

Pada prinsipnya proses cropping dilakukan dengan cara mengubah bidang tampilan dari gambar foto maupun audio visual sehingga otomatis membuat rasio dari proses ini akan menjadi kecil, dan secara tidak langsung resolusi pun akan ikut mengecil juga.

Nah inilah hal yang harus diperhatikan baik-baik saat kita sedang melakukan proses editing ini agar hasilnya dapat tetap maksimal serta tetap terlihat tajam.

Sementara itu jika dalam skenario edit video, cara ini sering dilakukan ketika kita ingin memasukkan footage tambahan diatas video utama. Sehingga hasilnya akan terlihat seperti ada dua tampilan footage berbeda dalam satu frame alias menyatu.

Contohnya saja seperti gambar yang ada dibawah ini. Dimana dalam cuplikan foto tersebut terdiri dari gambar utama yaitu berupa tampilan mobil dan gambar kedua yaitu berupa tampilan setir yang sudah mengalami proses cropping.

Kedua cuplikan tersebut berada dalam satu frame yang sama saat di play. Dimana pada gambar setir awalnya memiliki area tambahan yang ada disebalah atas-bawah, serta kiri-kanan. Namun dihilangkan bagian tersebut dengan cara ini.

Boleh dibilang trik ini merupakan salah satu fitur yang penting dan wajib diketahui saat kita sedang melakukan proses editing. Sebab ini merupakan salah satu teknik dasar yang boleh dibilang wajib saat melakukan proses tersebut.

Apalagi jika kita memang seorang pegiat content creator, maka sudah seharusnya untuk tahu skill dasar satu ini.

Lalu bagaimana cara untuk memotong rasio dari sebuah video itu? Nah untuk melakukan hal tersebut, sebenarnya bisa menggunakan berbagai cara. Namun yang pasti akan dibutuhkan suatu aplikasi maupun program software agar hasilnya dapat tetap bagus dan maksimal.

Adapun pada kesempatan kali ini seperti yang tertera pada judul artikel, kita hanya akan membahas mengenai cara meng-crop footage dengan memakai aplikasi Adobe premiere saja.

Dan untuk mengetahui caranya tersebut, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Tutorial Melakukan Crop Video Menggunakan Software Adobe Premiere CC

1. Langkah pertama buka terlebih dahulu aplikasi adobe premiere di perangkat komputer.

Jika sudah lalu input file video yang ingin diedit kedalam project baru. Sebagai contoh disini saya memiliki dua footage yang ingin ditampilkan dalam satu frame. Dimana salah satunya akan ditampilkan lebih kecil.

2. Setelah itu siapkan file yang ingin diedit, lalu masuk ke menu "Effects" yang ada dibagian atas tampilan layar > lalu klik "Effects" lagi yang ada dibagian menu sebelah kanan > lalu di kotak pencarian kita ketik saja "Crop".

3. Jika sudah lalu double klik di menu "Crop" untuk ditambahkan ke Effect controls. Bisa juga dengan cara melakukan drag and drop yaitu drag di menu tersebut lalu kemudian kita drop di file project video yang sedang diedit.


4. Selanjutnya kita klik di menu "Effect Controls" yang ada dibagian sebelah kiri > lalu scroll kebawah dan temukan menu Crop yang sudah ditambahkan tadi.


5. Terakhir tinggal croping saja bagian video dengan mengatur presentase pada menu Left, Top, Right, Bottom. Sesuaikan saja mau tampilan footage yang mana saja yang ingin diambil.

Lalu jika ingin mengubah resolusinya menjadi lebih kecil, maka bisa diatur pada menu "Scale" yang ada di effect controls, lalu ubah sesuai dengan keinginan yang dikehendaki.

Sedangkan untuk atur posisi agar tidak menghalangi objek utama, maka bisa dilakukan dengan memindahkan atau menggeser footage dengan memainkan menu "Position". Jika sudah maka hasilnya akan seperti ini.


Bagaimana cukup praktis bukan? Dengan menggunkan cara ini kita dapat dengan mudah untuk menggabungkan berbagai macam footage dalam satu frame hanya dalam beberapa langkah saja.


Demikianlah artikel kita kali ini tentang tips cara melakukan proses memotong ukuran video dengan aplikasi premiere.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkahnya, maka bisa langusng saja disampaikan di kolom komentar yang telah disediakan dibagian bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke halaman blog ini, dan sampai bertemu kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close