Inilah 5 Bahan Makanan yang Tidak Akan Kedaluwarsa


Bahan makanan merupakan salah satu hal mungkin tidak akan pernah bisa dipisahkan dari yang namanya mahluk hidup, termasuk juga manusia didalamnya. Seperti sebuah keharusan yang mutlak, jika tanpa adanya sumber makanan maka manusia pun dijamin tidak akan pernah bisa hidup.

Nah berbicara soal makanan ini, tentu banyak sekali jenisnya terutama yang bisa dan layak untuk dikonsumsi. Baik itu berasal dari jenis hewan maupun tumbuhan, bisa dibilang jumlahnya sangat tidak terbatas.

Meskipun begitu, saat kita ingin membeli bahan makanan tentu kitapun tidak bisa langsung membelinya dalam jumlah yang besar. Adapun salah satu alasannya, karena segala sesuatu yang bisa dikonsumsi atau masuk kedalam tubuh kita itu pasti akan memiliki masa kadaluwarsa.

Dimana jika hal tersebut terjadi, maka makanan pun sudah tidak layak untuk dikonsumsi lagi oleh manusia karena bisa membahayakan jiwa.

Namun tahukah kamu, bahwa ternyata ada beberapa jenis makanan di dunia ini yang tidak memiliki masa kedaluarsa? Alias makanan tersebut tidak akan busuk meskipun sudah disimpan selama bertahun-tahun.

Nah apa saja itu? Untuk mengetahuinya maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Jenis-jenis Makanan dan Minuman yang Tidak Memiliki Expired Date (Tanggal Kadaluwarsa)

1. Air Putih

Seperti yang kita tahu bahwa air merupakan sumber kehidupan yang paling utama. Tanpa air manusia boleh dibilang tidak akan bisa bertahan hidup lama. Oleh karenanya cukup minum air secara teratur, maka hal itu dapat membuat metabolisme tubuh tetap terjaga.

Nah selain itu, air atau fresh water ternyata tidak memiliki masa kedaluarsa. Jadi meski kita simpan dalam waktu yang lama sekalipun, air tidak akan menjadi busuk dan juga berubah rasa, kecuali air tersebut disimpan didalam tempat atau wadah yang sudah terkontaminasi. Sehingga membuatnya menjadi tidak layak untuk diminum lagi.

Dan inilah yang sering terjadi pada saat kita membeli air minum botol dalam kemasan. Dimana kita mungkin akan dengan mudah menemukan tanggal expired date yang tertulis pada botol tersebut.

Ternyata hal itu semata-mata bukan mengindikasikan bahwa air dalam kemasan tersebut sudah tidak layak minum.

Melainkan hal tersebut menandakan jika sudah melewati masa expired, maka botol kemasan dianggap sudah rusak atau tidak aman, yang otomatis hal itu membuat kualitas air didalam pun menjadi tak layak konsumsi lagi.


2. Madu

Daftar selanjutnya ada madu yang juga tidak memiliki masa kadaluarsa. Penyebabnya adalah karena madu sangat sedikit sekali mengandung air. Sementara kandungan gula yang ada dalam madu justru sebaliknya yaitu sangat tinggi sekali.

Sehingga jika ada bakteri yang hinggap pada madu, maka bakteri tersebut akan langsung mati terserap oleh zat gula dalam madu yang membutuhkan air.

Ini terjadi karena dalam mikroorganisme bakteri sendiri mengandung air yang dibutuhkan madu. Dan membuat madu pun dapat tetap bertahan lama.


3. Garam dan Gula Pasir

Dua bahan penyedap ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Ya, gula dan garam memang sering dijadikan sebagai bumbu dalam menambahkan citarasa pada masakan yang kita buat.

Dan ternyata siapa sangka bahwa dua jenis penambah rasa ini juga tidak memiliki tanggal kadaluwarsa. Garam dan gula sama-sama memiliki sifat menyerap air.

Tidak jauh berbeda seperti halnya madu, saat ada bakteri yang masuk kedalam dua jenis penyedap itu, maka keduanya akan langsung menyerap air yang ada dalam bakteri hingga mati. Sehingga membuat garam dan gula pun dapat tetap awet selagi disimpan di tempat yang benar.

Kalaupun dalam kemasan gula tertera batas masa pakainya, hal itu disebabkan karena gula sudah terlalu banyak menyerap air. Sehingga membuat gula menjadi menggumpal dan susah untuk digunakan lagi.


4. Minuman Beralkohol

Meskipun sering dianggap sebagai biang masalah, karena dapat merusak tubuh manusia. Namun pada kenyataannya banyak dari jenis minuman beralkohol yang tidak memiliki masa kadaluwarsa.

Adapun alasan kenapa minuman beralkohol dapat bertahan sangat lama karena dalam proses pembuatannya hampir selalu menggunakan sistem penyulingan atau fermentasi.

Dimana dalam tahapan tersebut mikroorganisme maupun bakteri yang dapat membuat minuman menjadi kadaluwarsa dapat terpisah dengan sendirinya. Sehingga hal tersebut dapat membuat jenis minuman ini dapat tetap awet.

Selain itu kandungan alkohol yang tinggi pun dapat bermanfaat sebagai bahan pengawet alami. Bahkan tidak jarang ada jenis minuman alkohol yang jika disimpan lebih lama maka akan semakin baik, salah satunya yaitu seperti Wine.

Namun terkadang ada beberapa jenis minuman alkohol juga yang menerapkan tanggal expired pada botolnya. Dimana hal tersebut bukan berarti sudah rusak atau berbahaya, melainkan minuman tersebut akan memiliki rasa yang tidak seperti aslinya alias sudah tidak enak.


5. Ekstrak Vanila

Vanila juga termasuk salah satu bahan yang tidak mengenal expired. Adapun vanila yang dimaksud disini adalah jenis vanila yang sudah  melalui proses ekstraksi.

Dimana vanila yang sudah diekstrak tersebut biasanya akan memiliki kandungan alkohol cukup besar yaitu bisa mencapai persentase hingga 35%. Hal itu membuatnya dapat bertahan lama layaknya minuman beralkohol.

Baca Juga : Jenis Hidangan Steak yang Sering Ditemukan di Indonesia

Bagaimana jadi sekarang anda sudah tau kan ternyata ada banyak bahan makanan yang bisa sangat awet meskipun disimpan dalam jangka waktu yang sangat lama. Bahkan ada beberapa diantaranya yang justru semakin baik jika terus menerus diawetkan.

Demikianlah artikel kali ini tentang bahan makanan super yang tahan lama dan tidak mudah busuk. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close