Cara Ubah Video Menjadi Blur di Adobe Premiere Pro


Blur adalah salah satu efek dalam fotografi/videografi untuk memanipulasi sebuah gambar ataupun video agar menjadi buram atau kekaburan (tidak terlihat jelas).

Adapun tujuannya dibuat seperti itu tentu karena berbagai alasan, seperti karena ingin menutupi bagian tertentu agar lebih fokus ke objek utama, lalu bisa juga karena ingin menyensor suatu video tertentu yang kurang layak ditonton, atau bisa juga karena sengaja ingin membuat karya yang berkonsep blur.

Yang jelas setiap orang memiliki tujuan dan preferensi nya masing-masing dalam membuat suatu karya.

Nah untuk membuat Efek blur inipun bisa dilakukan baik itu secara sengaja maupun tidak sengaja, dengan menggunakan teknik tertentu selama proses pengambilan gambar foto/video. Biasanya teknik yang paling sering digunakan yaitu dengan mengatur tingkat besar kecilnya diafragma pada kamera.

Namun begitu, saat ini efek blur pun bisa dibuat juga setelah proses shooting berakhir atau setelah hasil pengambilan gambar tersebut telah selesai dilakukan. Cara ini biasanya dikerjakan pada tahapan editing.

Jadi dengan memakai program software atau aplikasi tertentu, maka kitapun dapat membuat gambar/video yang biasa untuk kemudian diubah menjadi blur secara instan.

Adapun pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas mengenai cara untuk menjadikan video biasa menjadi blur dengan menggunakan program aplikasi bernama Adobe premiere pro.

Dan teknik kali ini, yaitu dengan membuat bagian video menjadi buram pada seluruh bagian ataupun pada bagian tertentu saja. Cara sebagian ini biasa dilakukan seperti saat kita ingin membuat frame video shorts youtube dengan rasio 1:1, 2:3 atau 4:5.

Dimana pada video dengan rasio tersebut, biasanya pada bagian atas dan bawah video akan terdapat layar blank berwarna hitam. Maka cara terbaik untuk mengakalinya yaitu dengan membuat video blur dibagian atas dan bawahnya, hal ini dimaksudkan agar video dapat tetap terkesan penuh.

Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Membuat Video Menjadi Blur dengan Adobe Premiere Pro

1. Langkah pertama buka aplikasi adobe premiere, lalu persiapkan video yang ingin kita buat buram ke layer untuk edit.


2. Jika sudah lalu kita pilih menu "Effect" yang ada dibagian sub-menu atas > lalu klik di menu "Effect" yang ada disebelah kanan sampai muncul kotak pencarian. Di kotak pencarian itu lalu kita ketik saja "Camera Blur".


3. Jika sudah lalu kita klik dua kali pada menu "Camera Blur" atau bisa juga dengan melakukan drag and drop dari menu tersebut ke layer video yang ingin diburamkan.


4. Setelah itu untuk mengatur seberapa tingkat blur, kita bisa klik menu "Effect Controls", lalu scroll kebawah dan cari "Camera Blur" yang sudah diaktifkan tadi. 

Kemudian pada bagian "percent blur" kita ubah sesuai dengan keinginan kita.

Semakin besar nilai angka, maka video akan menjadi sangat buram dan juga berlaku sebaliknya. Disini saya cukup atur di angka 25 saja.


Lalu bagaimana caranya untuk membuat video menjadi buram sebagian? Misalkan hanya dibagian tertentu saja yang ingin diburamkan. Nah untuk melakukannya, kita hanya perlu klik bentuk ellips atau kotak yang ada dibagian sebelah atas dari menu "percent blur".

Setelah itu kita atur diposisi mana kita akan membuat video tersebut menjadi buram. Seperti contoh, disini saya hanya akan memburamkan di bagian gambar mobil saja.


Dengan mengaplikasikan cara ini, kitapun menjadi tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat ingin melakuakn sensor terhadap video-video yang mungkin dianggap kurang layak untuk dipertotonkan.


Demikianlah artikel tentang cara mengatur video menjadi blur di adobe premiere pro cc. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti, maka bisa langsung disampaikan di kolom komentar yang telah tersedia dibagian bawah.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih. Dan sampai berjumpa kembali di artikel-artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close
close