Tipe Laptop Lenovo dari Varian Bawah Hingga Atas


Sebagai salah satu brand kenamaan dalam bidang teknologi khususnya perangkat komputer, Lenovo memang selalu berusaha untuk menghadirkan produk-produk terbaru di seriap lini produknya dengan mengusung teknologi kekinian.

Terkhusus di lini bisnis laptop mereka, brand satu ini memang tiap tahunnya selalu rutin merilis model atau tipe laptop dari berbagai segmentasi, dengan maksud agar bisa menjangkau dan diterima oleh semua kalangan. Dari mulai varian bawah hingga varian atas semuanya pun tersedia.

Di satu sisi hal tersebut memang terlihat sangat bagus, terutama bagi konsumen yang tentu dapat semakin dimudahkan ketika ingin membeli perangkat komputer baru dengan hadirnya beragam pilihan.

Namun disisi lain, dengan banyak lineup produk yang banyak itu, terkadang bisa menyusahkan juga. Sebagai contoh, misalnya dalam satu segmentasi sering dijumpai produk yang mirip-mirip dengan harga dan spek yang hampir serupa.

Hal itu tentu bisa membuat konsumen sebagai end-user malah bisa menjadi bingung ketika memutuskan untuk membeli suatu produk laptop tersebut.

Nah utnuk, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai segmen dan varian lini laptop yang di produksi oleh lenovo. Adapun untuk penjelasan lengkapnya akan dibahas pada ulasan dibawah ini.


Daftar Hierarki Laptop Lenovo dari Mulai Varian Terendah hingga Paling Tinggi

Secara garis besar hierarki model laptop lenovo sebenarnya terbagi kedalam dua segmentasi berbeda yang didasarkan pada kategori segemen pasar yang dituju.

Pertama ada kategori Consumer dan kedua ada kategori laptop komersil atau bisnis. Adapun penjelasan lebih lengkapnya adalah sbb.


Segmentasi Consumer

Consumer class merupakan kategori laptop yang diperuntukkan bagi pengguna umum atau konsumen biasa. Seperti untuk penggunaan rumahan maupun pekerja profesional yang bersifat personal.

Selain itu, di kategori ini kita dapat dengan mudah untuk menukan dan membeli tipe laptop di toko-toko maupun retail pada umumnya. Di segmentasi ini ada tiga model atau seri laptop yang diproduksi.

1. Ideapad

Seri ideapad merupakan varian laptop serie mainstream dari brand lenovo. Bisa dibilang kelas paling bawah dari semua varian laptop yang lain. Secara umum ideapad terbagi lagi kedalam beberapa model yang didasarkan pada bentuknya yaitu clamshell, convertibel dan detachable.

Model Clamshell, merupakan varian paling umum dengan gaya desain berbentuk laptop tradisional yaitu hanya bisa dibuka tutup saja seperti layaknya sebuah clamshell. Pada Seri ini terdapat beberapa tipe laptop yang didasarkan pada kelasnya yaitu
  • Ideapad slim 1 : Class entry level dengan memiliki spesifikasi paling rendah. Biasanya hanya menggunakan prosesor kelas bawah seperti Intel Celeron maupun AMD Athlon. Namun beberapa tipe ada juga yang sudah dibekali menggunakan cipset core i3 atau ryzen 3.
  • Ideapad slim 3 : Class mid-range dengan memiliki spesifikasi menengah. Sudah menggunakan proses mainstream seperti intel core ataupun AMD ryzen.
  • Ideapad slim 5 : Class High-end dengan memiliki spesifikasi tinggi. Umumnya sudah menggunakan prosesor kencang namun tetap hemat daya seperti core i5 dan i7 atau ryzen 5 dan ryzen 7. Meskipun sudah menggunakan prosesor yang cukup kencang, material body dari tipe ini terkadang masih terbuat dari plastik polycarbonate dan dengan fitur pendukung lain yang masih terbatas.
  • Ideapad gaming 3 : Merupakan tipe model Laptop gaming kelas entry level yang dimiliki oleh brand Lenovo. Spesifikasi yang diberikan bisa dibilang cukup lumayan tinggi dengan menggunakan prosesor seri H seperti intel core i5 12500H maupun Ryzen 7 5800H. Sementara dari desain memiliki bentuk tajam agar memberikan kesan gaming yang futuristik.

Model Convertible, merupakan jenis model laptop yang layarnya bisa dibuka hingga 360 derajat. Sehingga laptop bisa dipakai dalam beberapa mode seperti mode tenda, stand, dan tablet.

Sementara Model Detachable, merupakan model laptop yang bisa dibuka pasang (modular) antara layar dengan keyboard, sehingga sangat portabel untuk dibawa berpergian. 

Selain itu umumnya kedua model ini sudah dilengkapi dengan fitur layar sentuh (touchscreen) dan juga stylus pen agar dapat memudahkan saat digunakan dalam mode tablet. Kedua model diatas cocok dipakai oleh orang yang memiliki profesi dibidang desain atau mereka yang memang suka menggambar, namun harus tetap mobile.

Beberapa tipe laptop dari varian ini yaitu seperti ideapad flex 3, ideapad flex 5, dan ideapad duet 3i.


2. Yoga

Seri yoga merupakan jenis laptop yang kastanya berada di atas ideapad. Desain dari seri ini biasanya sudah memiliki build quality premium dengan material body yang terbuat dari bahan logam seperti aluminium alloy, dsb.

Selain spesifikasi yang sudah lebih tinggi dibanding seri ideapad, model yoga pun biasanya memiliki fitur yang lumayan unggul seperti layar yang sudah ~100% sRGB.

Selain itu, kebanyakan sudah dibekali dengan tombol keyboard yang chiclet dan ada led backlight, serta terkadang ada juga tipe yang sudah memenuhi sertifikat intel EVO atau AMD Advantage.

Adapun beberapa tipe laptop dari seri Yoga yaitu seperti yoga slim 7, slim 7 pro, dan slim 9. Sementara untuk varian convertible, yaitu ada tipe yoga 6, yoga 7, yoga 9, dan yoga duet 7 untuk model detachable.


3. Legion

Seri legion adalah seri yang dikhususkan pada varian laptop gaming dari brand lenovo. Oleh karena itu tidak heran jika spesifikasi yang dibenamkan pada model tersebut memiliki spek yang tergolong tinggi, bahkan beberapa tipe ada yang dibuat mentok rata kanan.

Umumnya jenis prosesor sudah menggunakan prosesor paling baik dan paling baru dari tipe H (power tinggi), serta diduetkan dengan gpu diskrit varian paling tinggi seperti seri RTX 3090.

Disamping itu perbedaan seri legion dengan ideapad gaming yaitu ada pada build quality.

Meskipun sama-sama menyandang gelar gaming laptop, namun seri legion ini memiliki kualitas material yang lebih baik dengan terbuat dari bahan logam yang kokoh. Serta desain yang dibuat lebih premium sehingga memberikan kesan elegan dan juga mewah.

Beberapa tipe dari seri legion yaitu seperti legion 5/5i, legion 7/7i, dan legion 7 pro/7i pro.


Segmentasi Bisnis

Business class adalah kategori laptop yang diijual khusus untuk kalangan pebisnis profesional maupun perkantoran. Secara umum kategori ini memiliki kemampuan komputasi yang hampir sama dengan class consumer.

Adapun perbedaan hanya ada pada penambahan fitur seperti fitur productivity (support docking dan accessories), fitur ketahanan durabilitas dengan sudah memiliki sertifikasi militery grade, fitur security safety dengan dibekali chip TPM dan software khusus, serta masa garansi yang lebih lama untuk tipe laptop tertentu.


1. V Series

Seri ini bisa dibilang merupakan seri paling bawah atau entry level dari segmentasi laptop bisnis. Spesifikasi yang ditawarkan pun umumnya standar mirip-mirip dengan seri ideapad.

Bedanya dengan seri ideapad yaitu jika di seri ini untuk tipe laptop tertentu terkadang sudah ada yang memakai dedicated gpu sendiri. Meskipun hanya menggunakan varian paling rendah seperti seri gpu mx 350. Namun hal tersebut dirasa sudah mencukupi untuk dapat menambah tingkat produktivitas dalam bekerja.

Selain itu, harga yang ditawarkan di V series umumnya tergolong lebih murah dari seri ideapad meski memiliki spesifikasi yang hampir sama. Hal ini bisa terjadi karena di class consumer umumnya produk dijual dari produsen ke distributor dalam jumlah banyak, sehingga hal itu bisa menekan harga jual ketingkat konsumen.

Adapun beberapa tipe dari seri v ini yaitu seperti seri V14 ARE, V14 ITL, dan V14 G2.


2. Thinkbook

Seri thinkbook bisa dibilang merupakan seri V namun dengan desain dan build quality yang dibuat lebih premium. Secara spesifikasi hampir tidak jauh berbeda dengan V series, namun ada beberapa tipe laptop yang memnag sudah dibuat lebih tinggi dengan spesifikasi cukup mumpuni.

Secara umum seri thinkbook sudah dibekali dengan chipset kelas menengah-atas namun hemat daya seperti core i5 atau ryzen 5 varian U.

Adapun beberapa tipe dari seri thinkbook ini yaitu seperti thinkbook 13/13s, thinkbook 14/14s, dan thinkbook plus untuk varian convertible.


3. Thinkpad

Terakhir ada Seri thinkpad yag merupakan seri paling tinggi dari kategori laptop komersil. Seri thinkpad secara umum memiliki desain yang paling premium dengan mengusung build quality yang sangat kokoh.

Ini bisa dilihat dari hampir semua tipe laptop di seri ini sudah memiliki sertifikasi militery grade, yang mana hal itu dapat membuatnya lebih aman ketika laptop tidak sengaja terjatuhkan.

Fitur dan spesifikasi di seri inipun terbilang sudah cukup tinggi, meskipun tentu tidak sebaik dari perfroma legion. Namun demikian, sisi yang ditonjolkan dari seri ini yaitu lebih kepada fitur keamanan security yang safety sehingga perangkat tidak mudah untuk dihack.

Selain itu, salah satu keunikan lain dari thinkpad adalah mengenai keberadaan tombol merah yang disebut sebagai trackpoint yang sering ditempatkan dibagian tengah keyboard. Dimana tombol tersebut merupakan salah satu ciri khas dari laptop thinkpad dari dulu hingga sekarang.

Adapun fungsi dari tombol tersebut yaitu dapat digunakan sebagai trackpad layaknya mouse yang bisa dipakai untuk menggeser atau menavigasi menu yang ditampilkan pada layar. Mekanismenya yaitu sama seperti trackpad yang ada pada ponsel zaman dahulu.

Beberapa tipe dari seri ini yaitu seperti varian thinkpad L13, E14, X1/X1 carbon, dan thinkpad P series.

Baca Juga : Tipe Laptop Acer Varian Terendah Hingga Paling Atas

Bagaimana jadi saat ini anda sudah tidak bingung lagi kan mengenai tipe atau model laptop dari brand lenovo?

Dengan mengetahui jenis dan modelnya tersebut, jadi saat kita ingin membeli produk laptop dari brand Lenovo kita bisa langsung memutuskan mau membeli produk yang mana.

Demikianlah artikel kita kali ini tentang tips panduan laptop lenovo dari semua kategori dan model yang ada. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close
close