Cara Tampilkan Video Fullscreen pada Adobe Premiere Pro

Saat kita sedang melakukan proses editing video menggunakan aplikasi Adobe premiere pro, tentunya salah satu hal yang mungkin akan sering dilakukan yaitu melihat hasil video yang sudah kita edit tersebut. Cara termudah yaitu bisa dengan melakukan play video pada file layer project yang sedang dikerjakan.

Adapun tujuannya yaitu untuk memastikan bahwa proses editing tersebut sudah dilakukan dengan benar dan sudah sesuai dengan apa yang kita mau.

Sehingga saat memasuki proses rendering, hasilnya pun sudah benar-benar fix dan tidak ada yang gagal maupun diedit ulang, baik itu dari segi footage video, audio, coloring, maupun hal lainnya.

Oleh karena tips sederhana saat kita sedang mengecek video tersebut, yaitu usahakan untuk selalu memainkannya dalam posisi tampilan layar penuh (fullscreen). Ini dimaksudkan agar detail pada video dapat terlihat lebih jelas, dan jika ada kesalahan pun dapat langsung terlihat.

Nah jika di aplikasi Adobe premiere pro, maka cara untuk menampilkan layar secara full screen ini sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Caranya yaitu cukup dengan menekan tombol shortkey khusus pada keyboard komputer.

Namun cara ini terkadang ada saja orang yang belum mengetahuinya, terutama bagi mereka yang memang baru menggunakan aplikasi satu ini. Padahal boleh dibilang cara inipun sebenarnya sangat simpel sekali dan termasuk salah satu trik dasar yang harus dimiliki saat kita menggunakan aplikasi adobe premier.

Nah jadi bagi teman-teman yang memang belum tahu cara untuk menampilkan video secara penuh di adobe premiere pro, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Menampilkan Video View Ukuran Penuh (Full screen) di Adobe Premiere Pro

1. Langkah pertama tentu saja kita buka aplikasi Adobe premiere pro terlebih dahulu, lalu siapkan project video yang ingin diedit.


2. Setelah itu untuk bisa mengecek atau menampilkan video penuh di layar komputer maka kita cukup menekan tombol CTRL + icon (icon tanda petik satu yang ada diatas tombol Tab sebelah kiri) pada keyboard komputer.

3. Jika sudah, maka layar monitor pun akan langsung otomatis menampilkan video secara penuh.


Nah Untuk mulai menjalankan atau play video, maka kita bisa menekan tombol spasi satu kali dan untuk berhenti atau pause kita bisa menekan tombol spasi sekali lagi.

Sementara jika ingin keluar dari mode fullscreen tersebut, maka kita bisa menekan tombol Escape (Esc).

Catatan : Disclaimer juga, bahwa pada tutorial ini saya menggunkan aplikasi adobe premiere pro versi 2022. Jadi bagi pengguna versi dibawah atau mungkin diatasnya, mungkin saja bisa terjadi adanya perbedaan dalam menjalankan fitur ini.

Bagaimana mudah bukan? dengan melakukan cara ini, kita dapat melihat detail video dengan lebih jelas lagi dan bisa mengetahui jika ada yang salah dari file project yang sedang kita edit.

Baca Juga : Cara Ubah Video Menjadi Blur di Adobe Premiere Pro

Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara praktis menampilkan view video dengan mode layar penuh di aplikasi adobe premiere pro. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti dalam setiap langkahnya, maka bisa langsung saja disampaikan di kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Akhir kata, terima kasih telah bersedia berkunjung ke blog ini. Sampai jumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close