Inilah Penyebab Mata Kucing Menyala saat Malam Hari


Kucing merupakan salah satu binatang mamalia yang mungkin paling sering ditemui disekitar tempat tinggal kita. Dimanapun kita berada, selalu saja ada binatang satu ini yang bisa kita jumpai.

Dengan pola tingkahnya yang memang lucu dan juga menggemaskan ini, tentu membuat banyak orang menjadi tidak segan untuk memelihara atau bahkan sampai mengadopsi hingga lebih dari satu ekor.

Jadi jangan heran juga, jika populasi dari hewan satu ini memang terus bertambah dengan cepat seiring berjalannya waktu. Apalagi jika ditambah dengan keberadaan kucing liar, mungkin sudah tidak terhitung lagi saking banyak sekali jumlahnya.

Nah dari sekian kucing yang pernah ditemui, baik itu yang kita temui dijalan atau mungkin juga peliharaan. Beberapa kali mungkin kita pernah bertemu dan bertatap langsung dengan mamalia lucu itu pada saat kondisi malam hari.

Dan Jika diperhatikan dengan lebih seksama, maka kita pasti akan menyadari satu hal, yaitu bahwa saat dikondisi malam hari maka akan terlihat seperti seolah-olah mengeluarkan cahaya pada bagian matanya. Seolah-olah sorot tatapan hewan satu ini dapat menyala seperti layaknya sebuah lampu.

Kenapa hal itu bisa terjadi, dan apa kira-kira penyebab hal tersebut? Nah bagi anda yang memang penasaran dan ingin mengetahui alasannya, maka langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.


Penjelasan Ilmiah Mengapa Mata Kucing Bisa Bercahaya di Malam Hari

Secara fungsi dan bentuk, sebenarnya hewan mamalia secara umum memiliki mata yang bisa dianggap normal seperti kebanyakan mahluk hidup pada umumnya.

Namun yang membuatnya menjadi sedikit beda, yaitu karena pada bagian penglihatan kucing terdapat sebuah lapisan yang disebut dengan tapetum lucidum. Sebuah lapisan khusus yang letaknya ada dibagian belakang dari retina mata, dan memiliki sifat layaknya sebuah reflektor.

Singkatnya dengan adanya lapisan tapetum lucidum ini membuat mata binatang satu ini dapat memantulkan cahaya dari sumber cahaya eksternal yang berasal dari luar, seperti dari sorot lampu kendaraan bermotor maupun lampu rumah, dsb.

Adapun fungsi atau manfaat dari adanya lapisan tersebut yaitu dapat membantu hewan satu ini dalam melihat objek sekitar menjadi lebih jelas ketika berada di kondisi malam hari. Sehingga membuatnya lebih mudah ketika bergerak atau berativiktas, karena kita tahu bahwa mamalia imut satu ini termasuk kedalam jenis hewan nokturnal. 

Selain itu, efek pantulan cahaya dari matanya itu akan tergantung dari sudut cahaya yang datang, dan posisi arah pandang kucing. Sehingga ada momen meskipun kita sedang melihat binatang ini dimalam hari dengan tersorot cahaya, namun terkadang kita masih saja tidak bisa melihat mata tersebut menyala.

Bagaimana jadi anda sekarang sudah mengertikan penyebab kenapa kucing bisa menyala pada bagian matanya di malam hari?

Nah selain dari hewan ini, sebenarnya ada beberapa jenis binatang lain yang juga memiliki lapisan tapetum lucidum. Dimana biasanya yang memiliki lapisan tersebut adalah jenis dari hewan mamalia vertebrata.

Adapun beberapa diantaranya yaitu seperti anjing, kuda, rusa, musang, kelinci dan bahkan juga sapi yang sering kita pelihara. Selain itu beberapa hewan buas seperti beruang dan macan tutul pun juga memiliki lapisan reflektif ini.

Baca Juga : Inilah 5 Bahan Makanan yang Tidak Akan Kedaluwarsa

Demikianlah artikel pengetahuan kali ini tentang mengapa kucing bisa mengeluarkan cahaya pada bagian matanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar ilmu pengetahuan, maka bisa langsung saja disampaikan di kolom komentar yang telah tersedia di bagian paling bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke blog ini. Dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close