Tipe Laptop Merk HP dari Varian Terendah Hingga Teratas


Brand Hewlett-Packard atau sering juga dikenal sebagai HP merupakan salah satu produsen besar dari perangkat laptop yang banyak dijual dipasaran saat ini.

Sebagai sebuah perusahaan teknologi, tentu HP tidak hanya menjual perangkat laptop saja, melainkan juga banyak memproduksi perangkat elektronik lain di bidang teknologi seperti printer, monitor, PC desktop, dan gadget pendukung lainnya.

Namun, bisa dikatakan laptop mungkin menjadi salah satu produk yang paling terkenal terutama di Indonesia.

Banyak model laptop HP yang sudah diproduksi dan dijual dipasaran. Dari mulai varian bawah hingga varian atas semuanya bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang.

Nah jika kalian masih bingung atau belum tau mengenai seri produk laptop dari Hewlett-Packard yag banyak itu. Maka anda bisa menyimak penjelasan berikut, tentang jenis-jenis laptop yang diproduksi dari brand asal Amerika ini.


Model Laptop Hewlett Packard dari Tipe Terbawah Hingga Tipe Paling Atas

Secara garis besar lini laptop HP terbagi ke dalam dua kategori yaitu varian gaming dan varian non-gaming. Adapun untuk penjelasan rinciannya adalah sbb.

LAPTOP NON-GAMING (CASUAL)

1. Essential Home (S-Series)

Model atau seri laptop ini bisa dibilang merupakan varian terbawah dari semua lineup laptop HP yang ada di pasaran saat ini. Seperti namanya yaitu essential home, memiliki arti bahwa varian ini hanya diperuntukkan bagi konsumen rumahan dengan memiliki kinerja komputasi dasar dari sebuah perangkat laptop.

Kegiatan kerja ringan yang biasa dilakukan oleh pelajar maupun pekerja kantoran sehari-hari seperti membuka office, menggunakan aplikasi ringan dan bermain game casual sudah bisa dilakukan di perangkat jenis ini.

Oleh karena itu, spesifikasi yang ditawarkan dari model inipun tergolong rendah alias hanya ada di kelas entry level saja. Prosesor yang dipakai umumnya merupakan prosesor low-end hemat daya seperti seri Intel pentium (silver/gold), maupun AMD Athlon atau AMD A-Series.

Namun terkadang ada juga beberapa tipe SKU yang sudah menggunakan prosesor mainstream seperti core i3 maupun AMD ryzen 3.

Adapun tipe dari seri laptop ini yaitu seperti tipe HP 14s atau 15s. Dimana untuk 14s memiliki ukuran layar 14 inch dan untuk tipe 15s memiliki ukuran layar sekitar 15,6 inch.


2. Pavilion

Model laptop ini merupakan seri yang ada satu tingkat diatas seri S, sehingga di varian ini sudah banyak tipe yang dibekali spek cukup mumpuni untuk kebutuhan hiburan yang lebih baik.

Seperti layar yang sudah menggunakan panel IPS dan beberapa SKU bahkan ada yang sudah memiliki akurasi warna (color gamut) hingga 100% sRGB. Jadi model ini memang sangat memanjakan mata dan cocok digunakan untuk menonton film ataupun digunakan untuk menjalankan kegiatan content creator ringan.

Soal prosesor, umumnya di seri ini sudah menggunakan prosesor mainstream seperti intel core i3/i5 atau bisa juga menggunakan AMD ryzen 3/5/7. Bahkan beberapa tipe SKU dari seri pavilion ada yang sudah dibekali dengan deskrit gpu low power seperti Nvidia Geforce MX 350 atau MX 450.

Beberapa tipe dari seri ini yaitu seperti tipe pavilion 14, dan pavilion aero dengan memiliki desain yang lebih ringan. Serta ada juga tipe pavilion gaming yang merupakan varian laptop gaming termurah dari brand HP. Namun saat artikel ini dibuat varian tersebut sepertinya sudah tidak akan diproduksi lagi alias akan discontinue.


3. Envy dan Spectre

Kedua Seri ini merupakan seri premium dari lini produk laptop HP. Nilai jual dari model tersebut adalah ada pada bentuk body atau design yang cantik dengan memiliki ketebalan yang cukup tipis. Sehingga lebih mudah untuk dibawa pergi kemana-mana.

Adapun perbedaan dari kedua seri, yaitu terdapat dari material body serta finishingnya saja, dimana envy memiliki disain premium namun tetap simpel, sementara seri spectre umumnya memiliki material body yang sudah terbuat dari bahan logam seperti alumunium alloy dengan karakteristik lebih ringan namun tetap kuat.

Serta memiliki finishing detail yang lebih baik dengan adanya list gold pada setiap lekukan body.

Sementara untuk sisi spesifikasi dan fitur, keduanya bisa dibilang hampir banyak memiliki kesamaan di beberapa sektor.

Seperti sudah menggunakan seri prosesor cukup tinggi, i/o port yang kencang seperti adanya USB type-C dengan thunderbolt, dan layar yang memiliki color gamut tinggi dikisaran 100% sRGB, dan bahkan ada beberapa varian SKU yang sudah 100% DCI-P3.

Selain itu di kedua seri ini terkadang ada yang sudah memiliki fitur 2in1 yaitu fitur layar yang bisa diputar hingga 360 derajat, sehingga bisa digunakan sebagaimana layaknya sebuah tablet.

Dan karena hal itu pula, pada model tersebut biasanya sudah disertakan stylus pen dan juga dengan konfigusrasi layar yang bisa disentuh (touchscreen).

Seri ini cocok digunakan bagi pekerja profesional seperti pekerja kantoran dan bisa juga untuk para desainer maupun ilustrator grafis yang membutuhkan portabilitas tinggi dalam pemakaian sebuah gadget.


4. Essential Business

Seperti namanya bahwa laptop ini diciptakan khusus untuk dapat memenuhi kebutuhan dalam berbisnis. Kita tahu bahwa dalam menjalankan suatu bisnis tentu banyak hal-hal rahasia yang harus dijaga.

Maka dari itu highlight utama pada seri laptop ini yaitu tentang keamanan dan perlindungan terhadap data penting yang sangat rahasia itu. Sehingga fitur-fitur seperti windows profesional, dan software keamanan lain sudah pasti menjadi fitur bawaan yang wajib ada dari kedua seri ini.

Sementara untuk masalah spek dan build quality, seri laptop ini memiliki kriteria yang hampir sama dengan varian laptop premium seperti envy atau spectre.

Dan model laptop ini biasanya hanya bisa didapatkan dari skema B to B saja yaitu langsung dipesan atas nama perusahaan. Jadi agak susah untuk membeli produk ini karena tidak dijual secara bebas di toko retail pada umumnya.

Adapun beberapa tipe dari seri bisinis HP yaitu seperti tipe Z-book dan Pro book.


LAPTOP GAMING

1. Victus

Saat ini seri victus merupakan varian terendah atau entry level dari lini laptop gaming HP.  Sebelum muncul model victus ini, sebenarnya ada varian pavilion gaming yang muncul terlebih dahulu di kelas entry level. Namun sepertinya produksi dari seri tersebut tidak akan dilanjutkan lagi.

Nah sebagai seri entry level gaming, victus memang memiliki perfoma dan spesifikasi yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan seri laptop casual dari brand HP.

Layar dengan refresh rate 144 Hz, serta waktu response time yang sangat kecil membuat seri ini memang paling cocok digunakan untuk melahap game-game berat triple A maupun untuk pekerjaan proses editing ringan.

Spesifikasi dari victus umumnya sudah menggunakan prosesor powert tinggi seperti seri H dari Intel maupun AMD, serta diduetkan dengan gpu diskrit yang sudah termasuk kelas tinggi seperti RTX 3050 maupun kelas diatasnya.

Sementara untuk tipe SKU victus memiliki dua varian yaitu tipe dengan layar 15,6 inch dan tipe dengan layar 16,1 inch.


2. Omen

Sering juga disebut sebagai Omen by HP yaitu seri tertinggi dari line-up laptop gaming HP. Jika dibandingkan dengan victus, desain body dan build quality dari omen ini biasanya sangat kokoh dan sudah terbuat dari material logam.

Serta memiliki akurasi layar dengan color gamut tinggi dan tingkat refresh rate yang sudah diatas 244 Hz.

Sementara untuk spesifikasi yang dihadirkan dari seri ini, umumnya sudah full rata kanan dengan memiliki konfigurasi hardware paling tinggi dan juga paling baru.

Dimulai dari prosesor, dedicated gpu, dan ram yang sudah menggunakan varian terkencang. Bahkan untuk storage penyimpanan terkadang sudah dipakai versi raid 0, sehingga memungkinkan memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih kencang.

Baca Juga : Tipe Laptop Lenovo dari Varian Bawah Hingga Atas

Bagaimana jadi sekarang anda sudah tidak bingung lagi kan mengenai varian dan model dari laptop HP?

Demikianlah artikel kali ini tentang seri dan model laptop dari brand Hewlett-Packard dari varian terbawah hingga varian tertinggi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close