Cara Bandingkan Serie Prosesor Komputer mana yang Bagus

Prosesor adalah salah satu dari komponen utama yang bisa kita temukan saat kita menggunakan sebuah perangkat komputer (PC).

Kehadirannya dianggap cukup penting, karena fungsi prosesor sendiri bisa dikatakan bertindak layaknya otak pada tubuh manusia. Sehingga jika tanpa adanya chip satu ini, sebuah perangkat komputer mungkin saja tidak akan bisa berjalan normal dengan semestinya.

Itu sebabnya saat kita akan membeli perangkat PC baik itu dari jenis desktop maupun laptop, maka salah satu hal yang harus menjadi bahan pertimbangan penting adalah mengenai keberadaan procie tersebut.

Jadi pastikan agar sesuai dengan komponen pendukung yang dibeli, seperti motherboard, cooling, gpu, power supply dsb. Tentu agar kinerja atau performanya dapat tetap balance tidak terjadi bottleneck.

Meskipun begitu bukan berarti kita harus memilih varian yang paling tinggi juga, melainkan cukup disesuaikan saja dengan kebutuhan kita sehari-hari.

Karena setiap orang pastinya tidak akan sama, seperti user untuk pengoperasian software ringan dengan penggunaan untuk prosesing berat seperti bermain game atau edit video, tentu saja akan berbeda. Dan hal ini juga akan berpengaruh pada pemilihan dari spesifikasi keseluruhan PC.

Nah masalah lainnya adalah bahwa banyak sekali jenis processor yang tersedia di pasaran dalam waktu yang bersamaan. Bahkan terkadang dari satu brand saja, ada serie dengan memiliki performa yang mirip-mirip. Hal ini memang terkadang bisa membuat kita sebagai konsumen sering menjadi bingung.

Jika hal itu terjadi, sebenarnya ada satu tips yang bisa dilakukan yaitu dengan cara membandingkan atau melakukan compare antara satu varian prosesor dengan varian lainnya.

Adapun tips tersebut akan dibahas pada artikel kali ini. Dan untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini


Cara Mudah Compare Serie Processor Komputer satu dengan yang lainnya

1. Langkah pertama kita masuk ke halaman web Passmark(dot)com

2. Setelah itu kita pilih menu "Benchmarks" > lalu pilih menu "CPU Benchmark".


3. Selanjutnya lalu kita scroll kebagian bawah lalu pilih menu "Compare".


4. Jika sudah lalu kita ketikkan saja serie processor yang ingin dibandingkan. Kemudian pilih "Compare" untuk melakukan perbandingan.


Jika sudah maka kita akan mendapatkan hasil perbandingan antara jenis satu dengan yang lainnya. Adapun beberapa variabel yang menjadi bahan perbandingan yaitu seperti Clockspeed, Turbo speed, Jumlah core, TDP, hasil CPU marks, dll.


Nah jika ingin membandingkan lebih dari dua jenis procie, maka kita bisa menambahkan di menu Add yang ada dibagian sebelah kanan atas dari tabel comparison.

Selain di halaman website tersebut, kitapun sebenarnya masih dapat membandingkan jenis prosesor dengan mengunjungi halaman website lain seperti di versus(dot)com, dimana caranya pun hampir sama. Bahkan di web tersebut, kita akan mendapatkan beberapa informasi yang jauh lebih lengkap lagi yang tidak disebutkan di passmark.

Baca Juga : Cara Menampilkan Mode Hibernasi pada Windows 11

Dengan mengunjungi kedua halaman tersebut, diharapakan kita tidak bingung lagi jika ingin merakit atau membeli sebuah perangkat komputer secara mandiri. Dan dengan cara ini pula, setidaknya kitapun menjadi tahu mengenai kelebihan dari suatu jenis prosesor di kelas dan harga yang hampir sama.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara mudah dalam membandingkan chip CPU berbagai serie dari brand yang berbeda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang belum dimengerti atau jika ada yang ingin ditanyakan, maka bisa langsung disampaikan saja di kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke blog ini dan sampai jumpa lagi di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close