Cara Menampilkan Mode Hibernasi pada Windows 11


Mode Hibernasi atau Hibernate merupakan salah satu fitur yang umumnya bisa kita temukan di perangkat komputer dengan sistem operasi Windows. Fitur ini dapat membantu memudahkan kita dalam menghemat konsumsi daya listrik. Ini sangat berguna sekali terutama jika kita sedang menggunakan perangkat laptop dengan memanfaatkan sumber energi dari baterai.

Saat menjalankan mode hibernate, maka perangkat PC akan otomatis mati namun aplikasi ataupun program software yang sedang kita gunakan akan tetap running tidak ter-close. Sehingga saat kita kembali menyalakan komputer, maka program yang tadi telah dibuka sebelumnya dapat langsung diakses kembali.

Prinsip ini sebenarnya hampir sama dengan mode Sleep. Hanya saja jika pada mode sleep, data dari program aplikasi yang sedang dibuka akan disimpan di memori RAM.

Sedikit berbeda dengan mode hibernate, dimana data tersebut akan disimpan di memori penyimpanan komputer, baik itu SSD maupun HDD. Sehingga hal ini memungkinan daya listrik yang dipakai dapat lebih rendah.

Lalu Kenapa mode hibernate ini tidak bisa ditemukan lagi di windows 11?

Jika anda ingin tahu, sebenarnya fitur satu ini masih ada dan masih dapat kita gunakan. Hanya saja fitur tersebut memang tidak ada secara default saat kita pertama kali install OS versi ini, jadi kita harus mengaturnya terlebih dahulu di pusat control untuk menyalakannya secara manual.

Adapun alasan dihilangkan, karena di era PC yang sudah semakin modern dan canggih, terkadang fitur ini tidak lagi diperlukan. Sekarang saat kita ingin mengistirahatkan PC sejenak, maka cara terbaik yaitu bisa dengan memilih opsi Sleep, dimana konsumsi daya saat mode sleep di PC zaman sekarang sudah cukup hemat energi.

Sementara jika kita ingin benar-benar menghemat daya, maka lebih disarankan untuk memilih opsi Shut down saja. Toh dengan adanya media penyimpanan seperti SSD terbaru yang sangat kencang, membuat proses booting saat ingin menyalakan komputer pun dapat dilakukan jauh lebih cepat dan hal itu tentu dianggap lebih efisien.

Namun begitu, bagi teman-teman yang sudah terbiasa menggunakan fitur satu ini, maka jangan khawatir. Karena seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa fitur ini sebenarnya masih ada dan masih bisa untuk digunakan.

Nah bagi kalian yang memang ingin mengetahui cara untuk menampilkan mode tersebut secara manual, maka langsung saja simak ulasan berikut ini.   


Cara Mengaktifkan Fitur Hibernasi di Windows 11

1. Langkah pertama kita tekan "tombol windows" atau "tombol start" pada keyboard > lalu pilih menu "Windows Tools".



2. Jika sudah selanjutnya kita pilih "Control Panel" > lalu pilih menu "Hardware and Sound" > kemudian pilih "Power Option".



3. Nah kemudian di bagian menu yang ada di sebelah kiri kita pilih "Choose what the power buttons do".



4. Kemudian pilih tulisan "Change settings that are currently unavailable" > setelah itu pada menu Shutdown settings kita beri tanda centang (ceklis) di bagian "Hibernate".



5. Jika sudah lalu langkah terakhir kita pilih "Save Changes".

Hingga langkah diatas, maka proses untuk mengaktifkan mode hibernate pun telah selesai dilakukan.

Dengan memanfaatkan mode ini, kita jadi tidak perlu khawatir lagi bila ingin mengehmat baterai komputer kita, terutama jika perangkat kita tersebut merupakan sebuah laptop dengan teknologi yang sudah usang alias jadul.




Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara meng-enable fitur hibernasi di perangkat komputer dengan OS Windows 11.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti, maka bisa langsng disampaikan di kolom komentar yang telah tersedia di bagian paling bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close