Cara Ubah Mesin Pencari Browser Menjadi Google


Mesin pencari atau Search Engine (SE) adalah alat yang biasa digunakan dalam mencari suatu informasi di jaringan maya internet. Pencarian tersebut dapat dilakukan setelah kita memasukkan suatu keyword (kata kunci) tertentu di dalam search engine tersebut.

Hasil dari penelusuran itu biasa dinamakan dengan SERP (Search engine results page) yang mana hal itu dapat berupa data informasi baik itu berbentuk artikel dari suatu website, foto, video, produk belanjaan, dan lain sebagainya.

Adapun Beberapa contoh dari produk mesin untuk menelusuri web ini yaitu seperti yahoo, bing (Microsoft), AOL, Baidu, dan terakhir yang sudah tidak asing lagi serta mungkin sering kita gunakan sehari-hari yaitu produk buatan mbah google.

Lalu untuk mencari informasi dengan menggunakan Searc engine ini, maka kita bisa mengaksesnya melalui browser dengan dua cara.

Pertama yaitu dengan mengetik langsung dari mesin pencari yang biasa ada dibagian tengah browser, ataupun bisa dengan mengetik di kotak pencarian bawaan browser (address bar) yang biasanya ada dibagian paling atas tempat url atau alamat website tertulis.

Namun ketika kita sedang memakai browser chrome, terkadang kotak pencarian address bar bawaan yang ada diatas itu justru bukan mesin pencari google, melainkan search engine yang lain.

Nah hal tersebut mungkin bisa membuat kita sedikit tidak nyaman, karena seperti yang kita tahu bahwa search engine yang lain biasanya memiliki hasil pencarian yang kurang relevan jika dibandingkan dengan milik google.

Oleh karenanya, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu bisa dengan mengatur kotak pencarian address bar itu dengan alamat url google. Sehingga saat kita ingin mengetik suatu keyword di kotak pencarian address bar, maka sistem akan langsung otomatis menggunakan mesin pencarinya google.

Lalu bagaimana untuk mengganti default search engine di addres bar itu? Nah untuk mengetahui caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Menjadikan Google Sebagai Mesin Pencari Utama di Address Bar Browser Chrome

1. Kita buka terlebih dahulu aplikasi browser google chrome pada perangkat komputer kita.

2. Setelah itu kita pilih menu "Tiga titik vertikal" yang ada disebelah kanan atas > lalu pilih menu "Settings".


3. Jika sudah lalu dibagian sebelah kiri kita pilih menu "Search Engine". Kemudian pada menu search engine used in the address bar kita ganti menjadi "Google".


Hingga langkah diatas, maka kita sudah berhasil untuk mengubah default SE di addres bar.

Selanjutnya jika kita ingin mengubah tampilan halaman saat pertama kali membuka browser dengan pencarian google, maka kita bisa melakukan cara berikut.

1. Pertama masuk ke menu "settings" seperti sebelumnya.

2. Setelah itu kita pilih menu "On startup" > lalu pilih "open a specific page or set of page" > lalu pilih "edit". 


3. Selanjutnya kita edit alamat URL yang ada dan ganti dengan alamat website google. Jika sudah lalu langkah terakhir kita pilih "Save".


Hingga lamgkah diatas, maka kita telah berhasil mengatur halaman awal saat kita pertama kali membuka browser chrome. 

Baca Juga : Cara Lakukan Update Google Chrome pada Komputer atau Laptop

Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara mengatur web google menjadi halaman default di address bar browser chrome.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti mengenai langkah-langkahnya, maka bisa langsung disampaikan saja di kolom komentar yang telah tersedia dibagian bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close