Cara Melakukan Voice Chat (VC) di Aplikasi Discord

Discord adalah suatu aplikasi yang biasa digunakan oleh orang-orang sebagai alat untuk berkomunikasi atau chating layaknya aplikasi pesan instan pada umumnya. Baik itu dipakai untuk membuat pesan teks, panggilan video, panggilan suara, maupun hanya untuk sekedar berbagi file saja.

Adapun yang menjadi highlight atau fitur unggulan yang sering dimanfaatkan oleh banyak pengguna dari aplikasi satu ini yaitu tentang layanan voice chat-nya.

Dimana disini kita bisa mengobrol dengan banyak orang sekaligus secara bersamaan seperti layaknya mengobrol biasa, hanya saja kita melakukannya secara online dengan hanya menggunakan sebuah aplikasi.

Suara yang dihasilkan saat mengobrol pun dapat dibilang cukup jernih dan tidak mudah putus-putus, kecuali jaringan kita memang sedang bermasalah.

Hal ini karena pada discord sendiri digunakan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol), yang memungkinkan data suara kita diubah menjadi sebuah data digital dan kemudian dikirimian melalui jaringan internet Protocol (IP).

Sehingga dengan kelebihannya itu, aplikasi satu ini sering digunakan orang sebagai media percakapan pada saat bermain game online, yang terkadang membutuhkan komunikasi suara secara langsung.

Contoh saja seperti game-game MOBA zaman sekarang, dimana pada game jenis ini memang diharuskan adanya koordinasi diantara player agar menghasilkan permainan yang baik saat nge-game berlangsung.

Nah lalu bagaimana cara untuk melakukan panggilan suara atau voice chat ini? Jika anda ingin mengetahui hal tersebut, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara untuk Voice Chat/Voice Call dengan menggunakan Aplikasi Discord

1. Langkah pertama tentu kita harus sudah memiliki aplikasi tersebut. Jika belum punya, maka kita bisa mendapatkannya di aplikasi PlayStore maupun AppStore.

2. Jika sudah, langsung saja login menggunakan alamat email maupun dengan menggunakan nomor kontak kita. Atau bisa juga register terlebih dahulu jika kita belum mendaftarkan akun sama sekali.

3. Setelah itu, masuk kedalam sebuah grup atau komunitas tertentu. Jika di Discord ini, istilah seperti itu sering disebut dengan nama Server. Sebagai contoh disini saya akan masuk kedalam Server bernama "Start.gg Launch League".


4. Setelah masuk salah satu server, lalu kita cari channel yang khusus untuk melakukan obrolan suara (Voice Channel).

Ciri-cirinya yaitu terdapat icon atau simbol berupa sound speaker disebelah nama channel seperti terlihat pada gambar dibawah.


5. Nah kemudian kita pilih salah satu channel suara tersebut > lalu pilih "Join Voice".


Jika sudah, maka kita akan langsung otomatis terhubung kedalam jaringan panggilan suara di channel tersebut, dan bisa langsung ngobrol dengan teman-teman yang sudah bergabung sebelumnya.

Namun jika kita hanya ingin mendengar suara orang lain saja, sedangkan kita tidak mau berbicara (suara dari microphone gadget kita tidak mau terdengar), maka kita bisa memilih menu "Join muted" saat pertama kali masuk channel obrolan tadi.

Catatan : Obrolan dalam Voice Channel pun terkadang tidak bisa diakses, jika admin atau author dari server tidak memberi izin alias Channel tersebut di Lock.

Baca Juga : Cara Mengubah Logo Menjadi Hitam-Putih di Smartphone

Bagaimana? Jadi dengan hadirnya discord ini, harusnya dapat membuat kita menjadi lebih mudah saat ingin Mabar bersama teman, tentu tanpa perlu khawatir lagi meskipun kita terhalang oleh jarak yang jauh.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara memanfaatkan fitur obrolan suara dengan discord. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang belum dimengerti atau jika ada yang ingin ditanyakan, maka bisa langsung disampaikan di kolom komentar yang telah tersedia di bagian paling bawah.

Akhir kata, sampai berjumpa lagi di lain kesempatan and have a nice day. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close