Cara Memasukkan Karakter Emoji di Perangkat Komputer/Laptop

Emoji adalah suatu istilah yang biasa digunakan dalam membuat suatu karakter khusus yang berupa simbol-simbol pada penulisan digital, baik itu didalam pesan elektronik, halaman website, maupun tulisan digital lainnya.

Pada awalnya emoji ini diperkenalkan pertama kali di Jepang oleh orang bernama Shigetaka Kurita sekitar tahun 1999 yang lalu. Dan karena itulah nama emoji sendiri secara harfiah berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari dua kata yaitu "e" dan "moji" yang bila diartikan maka akan memiliki makna gambar huruf.

Lalu apa bedanya gambar emoji dengan emoticon? Nah ternyata emoticon itu sebenarnya hampir sama, yaitu sebuah simbol yang merepresentasikan ekspresi wajah manusia.

Namun bedannya yaitu ada pada bentuk dari gambar yang dipakai, jika emoji memiliki bentuk berupa simbol animasi, maka emoticon memiliki bentuk yang lebih sederhana lagi yaitu hanya berupa kombinasi karakter icon yang membentuk ekspresi wajah manusia seperti ekspresi marah, sedih, senyum, dsb.


Arti dari emoticon sendiri yaitu berasal dari dua gabungan kata yang terdiri dari kata "emotion" dan "icon". Disamping itu karakter dari emoticon ini, juga sudah muncul dan digunakan jauh lebih dulu jika dibandingkan dengan karakter dari simbol emoji.

Saat ini gambar emoji sendiri sudah semakin berkembang dan sangat beraneka ragam sekali dari jenis dan bentuknya, yaitu dari mulai bentuk ekspresi wajah manusia yang paling standar seperti ekspresi sedang senyum, marah, sedih, kecewa, atau bisa juga berupa simbol lain seperti simbol hewan, tumbuhan, kendaraan, hingga simbol-simbol unik yang lainnya.

Lalu bagaimana cara untuk menulis atau membuat karakter emoji ini? Jika kita menggunakan perangkat mobile seperti smartphone, maka biasanya ada tombol khusus yang berbentuk simbol smile untuk bisa mengaksesnya.

Nah lalu bagaimana untuk memasukkan karakter tersebut di PC Desktop maupun laptop? Untuk melakukan hal itu sebenarnya ada cara khusus, dan hal itu mungkin belum semua orang tahu. Jadi bagi teman-teman yang ingin mengetahui caranya, maka langsung saja simak ulasan berikut ini.


Cara Menulis Karakter Icon Emoji di PC Desktop atau Laptop

1. Langkah pertama kita siapkan terlebih dahulu program software atau aplikasi tempat kita akan mengetik, misalnya saja di Microsoft Word, Notepad, Browser, aplikasi chat, dan lain sebagainya.

2. Setelah itu kita gunakan tombol shortkey yaitu dengan cara menekan pada keyboard tombol "Windows" + tombol ">" (tanda kurung siku) secara bersamaan. Tombol dengan icon > tersebut, biasanya akan terlihat bersatu dengan tombol titik (.) pada keyboard komputer standar.

3. Jika sudah maka akan langsung muncul kotak menu baru, disini kita cukup pilih "icon smile" untuk membuka karakter emoji-emoji yang lainnya.


4. Untuk memasukkan karakter emoji, kita cukup melakukan klik disalah satu simbol yang ingin kita gunakan. 😀😁😂


Bagaimana mudah bukan? Dengan kita memanfaatkan setiap karakter dari emoji yang ada, maka hal itu tentu akan membuat penyampaian pesan dalam sebuah tulisan digital seperti misalnya pada saat melakukan chat di media sosial akan jauh menjadi lebih ekspresif dan juga lebih mudah untuk dimengerti.

Baca Juga : Mengetahui Apa itu Anagram dan Cara Membuatnya

Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara menulis karakter emoji pada perangkat komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Dan jika ada yang belum dimengerti atau jika ada yang ingin ditanyakan, maka bisa langsung disampaikan di kolom komentar yang telah tersedia dibagian paling bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close