Cara Mengubah Logo Menjadi Hitam-Putih di Smartphone

Logo merupakan sebuah simbol yang biasanya merepresentasikan nilai filosofis dari suatu entitas tertentu, baik itu berupa entitas bisnis seperti brand perusahaan, bisa juga sebuah organisasi, klub olahraga, maupun lembaga-lembaga lain termasuk didalamnya seperti lembaga pemerintahan.

Secara umum desain dari suatu logo seringkali memiliki banyak perpaduan antar warna yang dimaksudkan agar logo dapat terlihat lebih menarik, selain tentunya juga pasti memiliki nilai makna dibalik logo tersebut.

Namun tak jarang dari suatu logo pun terdapat versi hitam-putih atau biasa juga disebut monokrom.

Hal ini biasa dilakukan karena beberapa alasan seperti misalnya sengaja dibuat untuk menimbulkan kesan minimalis, atau bisa juga karena suatu logo akan diletakkan di tempat yang memiliki background sama dengan warna utama dari logo tersebut.

Oleh karenanya versi hitam-putih dari suatu logo memang mutlak diperlukan bagi suatu intansi/lembaga ketika sedang mendesain logo.

Adapun dalam artikel kali ini kita akan belajar mengenai cara mudah untuk mengubah suatu logo yang berwarna menjadi hanya memiliki warna hitam dan putih saja.

Sebenarnya banyak cara yang dapat digunakan untuk membuatnya menjadi monokrom tersebut. Namun dalam kesempatan kali ini kita hanya akan membahas cara yang paling mudah dan simpel yaitu cukup dengan menggunakan perangkat gadget smartphone.

Nah bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak langkah-langkahnya berikut ini.


Cara Mengubah Logo Menjadi Monokrom Hitam Putih dengan Handphone

1. Sebelumnya agar kita bisa menjalankan tutorial ini maka cara pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi bernama PixelLab yang bisa didapatkan di aplikasi PlayStore. Jika sudah terinstal maka langsung saja kita buka aplikasinya.


2. Setelah dibuka, maka langkah selanjutnya kita atur dulu background dari logo yang akan diedit, caranya yaitu dengan memilih icon kotak bertumpuk (lihat gambar dibawah) > lalu pilih menu "color" dan sesuaikan warna background dengan keinginan kita.

Selain cara itu bisa juga dengan memilih background transparan atau dengan memakai gambar yang ada di galeri kita.


3. Langkah berikutnya kita masukkan logo dengan cara memilih icon + (plus) yang berada disebelah kiri atas > lalu selanjutnya pilih "from gallery" > lalu masukkan logo/gambar yang akan diedit.

Sebagai contoh disini kita menggunakan logo dari pabrikan mobil kuda jingkrak Ferrari.


4. Berikutnya pilih icon heksagon (segi enam) yang ada di bagian menu bawah > lalu pilih menu "Erase Color" > pilih "enable" (switch ke arah kanan).


5. Lalu pilih icon seperti pipet tinta (lihat gambar di bawah) > lalu pada bagian logo kita tap/pilih sembarang dibagian warna dasarnya (pada bagian contoh dibawah logo Ferrari memiliki warna dasar kuning sehingga disini kita tap warna tersebut).

Jika sudah lalu pilih icon centang/ceklis (√) > pilih icon centang/ceklis (√) lagi untuk menyelesaikan.


Catatan : Jika warna dasar terdapat dua warna atau lebih, maka setelah langkah 5 kita bisa memilih tambah plus (+) lagi, lalu ulangi langkah nomor 5 dengan memilih icon pipet tinta lalu tap warna dasar yang kedua dan seterusnya jika warna dasar lebih dari dua.

6. Langkah selanjutnya lalu kita pilih menu "color" > pilih "enable" > pilih warna hitam > lalu terakhir pilih icon centang/ceklis. Jika sudah maka warna dari logo pun semuanya otomatis akan menjadi hitam.

 

Hingga langkah diatas maka tutorial pun telah selesai dilakukan. Bagaimana mudah dan simpel bukan?

Baca Juga : Inilah 5 Jenis Desain Logo, Beda Tipe Beda Kegunaan

Demikian artikel kita kali ini mengenai tutorial praktis untuk mengubah gambar logo menjadi warna hitam-putih atau monokrom.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jika ada yang belum dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan langsung saja bertanya di kolom komentar yang telah disediakan.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close