Cara Atasi Memori Internal Penuh di Ponsel Xiaomi

Sebuah tempat penyimpanan atau storage pada perangkat elektronik nampaknya kian hari terus berkembang saja. Seperti pada perangkat gadget smartphone misalnya, dimana saat ini perangkat tersebut sudah memiliki kapasitas yang jauh sangat besar jika dibandingkan dengan zaman dulu.

Bahkan saking luasnya, beberapa model handphone mungkin ada yang bisa menyamai dari storage sebuah PC laptop.

Namun ukuran yang besar bukan berarti tidak akan penuh bukan? Terkadang dalam pemakaian smartphone, malah sering kita lupa atau tidak melihat seberapa besar storage yang masih kosong. Hingga baru tersadar ketika status storage sudah benar-benar penuh.

Nah berbicara soal memori penyimpanan yang sudah penuh. Disini saya akan membahas seputar hal itu, terutama untuk ponsel dari brand Xiaomi.

Kita tahu bahwa banyak penyebab dari sebuah storage itu bisa penuh, seperti karena banyak menyimpan file, maupun karena banyak menginstal aplikasi. Saat kita memasang banyak aplikasi dan kemudian menggunakannya, maka aplikasi tersebut akan menghabiskan space media penyimpanan yang kita miliki.

Ini bisa terjadi karena saat aplikasi terpakai, maka diperlukan storage untuk menyimpan berbagai data berkas dari aplikasi tersebut termasuk juga file cache. Nah inilah yang kemudian sering membuat media penyimpanan, terutama dibagian memori internal menjadi cepat penuh.

Jika hal itu sudah terjadi, dimana memori internal tinggal menyisakan hanya sedikit ruang kosong saja, maka ada cara yang sebenarnya bisa kita lakukan. Salah satu caranya yaitu dengan menghapus data dari berkas ataupun file cache di aplikasi.

Dan untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Mudah Mengatasi Memori Hape Xiaomi Penuh

1. Langkah pertama kita masuk ke menu "Setting" atau setelah telepon. Lalu selanjutnya kita cari dan pilih menu "Aplikasi".


2. Jika sudah selanjutnya kita cukup pilih menu "Kelola Aplikasi".


3. Setelah itu kemudian kita pilih "Urut per Status" > lalu kita ubah menjadi "Urut per Penyimpanan Terpakai".


Jika sudah maka Aplikasi yang terinstal pada perangkat smartphone akan diurutkan berdasarkan besar penyimpanan yang terpakai. Disini kita cukup pilih aplikasi yang menurut kita jarang digunakan namun menghabiskan banyak storage memori.

4. Contohnya saja, saya pilih aplikasi shopee karena memang jarang digunakan, akan tetapi banyak memakai sumber daya memori yang cukup besar yaitu sekitar 756 MB. Maka langkah selanjutnya kita cukup masuk ke menu "Penyimpanan" .


5. Setelah itu lalu kita tinggal pilih saja menu "Hapus Data" > lalu pilih "Hapus Semua Data" > lalu terakhir kita pilih "Oke".


Jika sudah maka file memori terpakai di aplikasi yang awalnya cukup besar sekitar 756 MB kemudian berkurang menjadi hanya sekitar 240 MB saja.

Nah kita bisa menerapkan cara ini di aplikasi lain terutama aplikasi yang memang jarang atau bahkan tidak pernah dipakai sama sekali.

Namun dalam menjalankan trik ini, jika kita merasa tidak ingin menghapus semua data sekaligus di suatu aplikasi, maka kita pun masih bisa memilih opsi "Hapus Cache Data", sehingga data utama seperti data login, data berkas, dan data lainnya pada aplikasi tidak akan terhapus, melainkan hanya data cache saja.

Catatan : Pemberitahuan bahwa dalam tutorial ini, saya menggunakan MIUI versi 12.5. Bagi teman-teman pengguna MIUI versi diatas maupun dibawahnya mungkin saja terdapat perbedaan dalam setiap langkah-langkahnya, meskipun hal itu tentu tidak akan jauh perbedaannya.


Bagaimana mudah bukan? Dengan melakukan tips sederhana ini, maka kita tidak perlu khawatir lagi mengenai permasalahan memori penyimpanan yang sudah atau mungkin hampir penuh.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara mengetahui penyebab memori penyimpanan di handphone xiaomi yang penuh serta cara mengatasinya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bila ada yang ingin ditanyakan atau bila ada yang belum dimengerti, bisa langsung saja berkomentar di kolom yang telah disediakan di bagian bawah.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close