Cara Menonton Youtube dengan Layar Mati di HP Xiaomi

Apakah anda sering menonton video di youtube? Bagi sebagian orang mungkin jawabannya adalah iya. Sebagai sebuah platform hiburan yang belakangan sangat populer, youtube saat ini memang memberikan banyak sekali niche atau kategori yang dapat dipilih oleh para pengguna.

Adapun salah satu kategori itu dan mungkin sering dicari oleh orang-orang yaitu kategori video yang berbasiskan audio seperti misalnya genre musik, podcast, dan juga sejenisnya.

Berbeda dengan niche seperti vlog, game, maupun tutorial yang mana untuk bisa menikmati kita wajib untuk melihat gambar atau videonya. Maka niche berbasis audio ini justru sebaliknya, terkadang kita tidak perlu melihat sebuah gambar visual secara terus-menerus.

Sebab tujuan dari niche ini memang lebih mementingkan fokus suara yang masuk ke telinga dibanding wujud atau visual.

Oleh karena itu tidak sedikit orang yang pada saat mendengar musik di YT ataupun ketika mendengar podcast, mereka lebih memilih menyimak suaranya saja tanpa perlu melihat gambar video yang sedang ditayangkan.

Sehingga dengan hal tersebut maka ketika layar dalam kondisi dimatikan pun seharusnya tidak menjadi masalah. 

Akan tetapi seperti yang kita ketahui, pada saat kita membuka aplikasi YT lewat smartphone tentu kita tidak bisa mematikan layar, kecuali jika kita memang menggunakan versi youtube premium.

Padahal disisi lain jika kita bisa mematikan layar, tentu ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh seperti dapat menghemat pengggunaan baterai, hingga perangkat gadget yang juga bisa dimasukkan kedalam kantong celana dengan kondisi aplikasi yang masih bisa berjalan.

Lalu apakah ada solusi lain untuk mematikan layar smartphone saat kita menggunakan aplikasi youtube? Jawabannya tentu ada, karena beberapa merk smartphone saat ini memang sudah ada yang menambahkan fitur untuk bisa mematikan layar saat kita menjalankan berbagai aplikasi salah satunya youtube.

Nah adapun kali ini kita hanya akan membahas mengenai fitur tersebut di salah satu brand saja yaitu tepatnya di ponsel Xiaomi. Dan untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak langkah-langkahnya berikut ini.  


Cara Menonton YouTube dengan layar Mati di Smartphone Xiaomi

Notes : Pemberitahuan sebelumnya bahwa fitur ini setau saya hanya bisa dilakukan pada MIUI versi 12 keatas saja. Sedangkan untuk versi UI dibawahnya setau saya tidak ada atau masih belum ada fitur ini. Jadi bagi teman-teman alangkah baiknya pastikan terlebih dahulu versi MIUI yang digunakan sebelum kita menjalankan tutorial ini.

1. Langkah pertama kita masuk ke menu "Settings" atau setelan telepon handphone xiaomi.

2. Setelah itu kita cari menu bernama "Fitur Spesial".


3. Jika sudah lalu kita pilih menu "Kotak Alat Video".


4. Nah untuk mengaktifkan fitur tersebut kita cukup tap satu kali di opsi "Alat kotak video" dan juga "Pintasan kotak alat video" sehingga bilah menjadi bergeser kesebelah kanan. Sementara untuk "Lokasi pintasan" bisa disesuaikan dengan keinginan kita mau pilih di kanan atau kiri.


5. Setelah itu jangan lupa untuk mengatur aplikasi-aplikasi apa saja yang bisa menjalankan fitur ini dengan cara masuk ke menu "Kelola apl video". Karena disini kita akan menggunakan aplikasi youtube jadi jangan lupa untuk memilihnya dengan memberikan tanda centang.


6. Jika sudah, ayo langsung saja kita praktikan cara menggunakan fitur ini. Pertama kita buka aplikasi youtube.

7. Selanjutnya kita tap garis putih yang ada di sebelah kanan atau kiri layar tergantung dari pengaturan pada opsi "Lokasi pintasan" sebelumnya (lihat gambar dibawah).


8. Setelah itu maka akan muncul kotak menu baru. Disini kita cukup pilih menu "Mainkan video dengan layar mati". Biasanya fitur ini secara default berada dipaling kanan, jadi kita harus melakukan swap ke kiri satu kali untuk menemukannya.


Jika sudah maka layarpun akan menjadi mati, meskipun begitu suara playlist di video youtube pun masih dapat kita dengar.

Bagaimana mudah bukan?

Dengan trik ini, maka kita dapat tetap menggunakan youtube dengan layar mati meski kita tidak berlangganan youtube premium.

Selain itu cara inipun sangat cocok digunakan bagi kita yang sering mendengarkan musik atau juga podcast di youtube namun kita tidak mau melihat videonya karena mungkin ingin menghemat baterai atau juga karena alasan lainnya.


Demikianlah tutorial kali ini tentang cara mendengarkan musik di youtube dengan layar mati.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jika ada yang belum dimengerti atau jika ada yang ingin ditanyakan, boleh langsung saja menuliskannya di kolom komentar yang telah disediakan di bawah.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai berjumpa kembali di artikel-artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close