Mengetahui Fungsi Shortkey FN + Q pada Laptop Lenovo

Saya tau jika anda masuk ke blog ini, maka kemungkinan besar bahwa anda adalah pengguna brand Lenovo terkhusus seri laptopnya.

Tidak hanya itu, sebagai pengguna mungkin anda juga ingin mengeksplor dan mengetahui lebih jauh mengenai perangkat PC yang kita miliki tersebut. Tujuannya tentu guna dapat memaksimalkan performanya yang mungkin belun kita ketahui.

Ya, lenovo sebagai suatu brand memang selalu berusaha untuk menawarkan terobosan-terobosan baru agar para pengguna (end user) dapat semakin nyaman dengan produk yang mereka rilis.

Salah satunya yaitu dilini laptop mereka yang memiliki banyak sekali fitur unggulan. Dimana fitur-fitur tersebut kemudian bisa diakses secara terpadu di satu program software khusus yang biasa dikenal dengan istilah Lenovo Vantage.

Dalam software lenovo vantage ini banyak sekali fitur yang bisa kita gunakan secara custom guna mengatur perangkat agar bisa sesuai dengan kebutuhan kita. Adapun fitur tersebut beberapa diantaranya seperti fitur battery health, audio smart setting, rapid charge, always on USB, dan lain sebagainya.

Nah adapun pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas mengenai satu fitur saja yaitu sebuah fitur bernama power smart setting

Apa itu power smart setting dan bagaimana cara menggunakan fitur tersebut? Unutuk mengetahuinya maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Fungsi Fitur Power Smart Setting pada Laptop Lenovo (FN + Q)

Seperti namanya yaitu smart, fitur ini sebenarnya dapat membantu memudahkan kita dalam mengatur performa dari perangkat laptop menjadi lebih praktis. Tentu saja tanpa perlu repot lagi untuk membuka-tutup sebuah aplikasi maupun dari program software.

Dengan mengakses cara ini, ada beberapa manfaat yang didapatkan seperti bisa meningkatkan performa maksimal dari kinerja sistem, menghemat baterai jika diinginkan, hingga menyesuaikan kecepatan fan kipas tergantung dari mode yang kita gunakan.

Adapun cara untuk mengaplikasikan fitur ini, kita dapat langsung menggunakannya secara mudah, yaitu cukup dengan menekan tombol shortkey Function (FN) + Q pada keyboard secara bersamaan.

Saat kita menekan kedua tombol tersebut, maka akan muncul notifikasi berupa icon yang merepresentasikan mode yang sedang digunakan.

Kita cukup menekan shortkey tersebut beberapa kali untuk berpindah dari satu mode ke mode lainnya. Setidaknya ada 3 mode yang dapat kita pakai saat menekan tombol FN+Q tersebut.


1. Performance Mode (Performa Ekstrem)

Pada mode ini kinerja sistem dan juga prosesor akan dibuat menjadi maksimum. Dan saat aktif maka kecepatan kipas pun akan menjadi sangat kencang dan mungkin di kondisi tertentu dapat menyebabkan noise yang cukup besar.

icon performance mode


Mode ini cocok bagi kita yang sedang menjalankan aplikasi/software profesional berat maupun game yang memang membutuhkan daya kerja maksimal dari sebuah prosesor.


2. Intelligent Cooling (Mode Pintar)

Mode ini memungkinkan untuk mendapatkan sebuah pengalaman terbaik saat kita menggunakan perangkat laptop, yaitu dengan memposisikan antara kecepatan fan dan kinerja sistem dalam kondisi yang balance.

icon intelligent cooling


Mode ini cocok diterapkan dalam kondisi pemakaian harian yang tidak perlu memerlukan kinerja berat dari sebuah prosesor maupun deskrit GPU.

Aktivitas hiburan seperti menonton video, mendengarkan musik, bermain game ringan, hingga pekerjaan kantor cocok dilakukan di mode ini.


3. Battery Saving (Hemat Daya)

Terakhir ada mode hemat daya yang memungkinkan masa pakai baterai dapat dipertahankan selama mungkin.

Beberapa penyesuaian dilakukan untuk bisa membuat perangkat bisa bertahan lebih lama, yaitu seperti dengan cara menurunkan kecerahan layar monitor secara otomatis, mengubah pengaturan daya aplikasi/program yang sedang digunakan, menonaktifkan beberapa fitur pada pemrosesan gambar lanjutan, dll.

icon battery saving


Mode ini sangat cocok digunakan bagi kita yang ingin memakai perangkat laptop dalam waktu lama, seperti saat maraton menonton film yang panjang maupun pekerjaan office ringan.

Mode ini biasanya juga akan aktif secara otomatis pada saat baterai dalam keadaan low-bat, sementara kondisi perangkat tidak sedang di colok ke daya listrik.

Catatan :

  • Simbol atau icon dari masing-masing mode memiliki beberapa variasi tergantung dari model laptop yang digunakan.
  • Selain dengan menekan hotkey FN+Q, fitur power smart setting ini sebenarnya juga dapat diakses dengan membuka langsung software lenovo vantage, meskipun cara ini tentu tidak akan se-praktis jika kita menggunakan hotkey. Adapun cara melakukannya yaitu pertama buka lenovo vantage > pilih "Device" > pilih "Power" > pilih "Power smart setting" > terakhir pilih mode yang ingin kita gunakan.
  • Performa ekstrim di laptop varian gaming, hanya bisa digunakan pada saat laptop terhubung ke adaptor daya (charger).

Bagaimana jadi sekarang kita sudah tau kan fungsi dari masing-masing mode pada fitur power smart setting di laptop lenovo.


Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. 

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close