Cara Menonaktifkan OneDrive agar Tidak Upload Data Otomatis

Penyimpanan awan atau biasa dikenal juga dengan sebutan Cloud Storage merupakan salah satu terebosan di bidang teknologi yang dapat membantu kita dalam hal menyimpan file data digital dengan lebih mudah.

Cloud storage ini bekerja layaknya sebuah media penyimpanan konvensional biasa, namun bedanya jika pada ini cloud bisa diakses secara online.

Hal tersebut bisa terjadi karena cloud sendiri berbasiskan jaringan internet (online), berbeda dengan jenis storage konvensional seperti SSD, HDD, maupun flashdrive yang berbasiskan offline dan harus dihubungkan langsung secara fisik dengan perangkat komputer ketika kita ingin membuka file di dalamnya.

Saat ini sudah banyak sekali brand perusahaan baik itu brand besar maupun brand kecil yang menawarkan jasa penyimpanan online ini. Tentu dengan tawaran harga yang beranekaragam, tergantung dari fitur dan manfaat yang bisa kita dapatkan.

Nah adapaun salah satunya yang mungkin sudah kita ketahui yaitu OneDrive. Cloud besutan Microsoft ini menjadi salah satu yang terbaik dengan memiliki banyak sekali fitur, dari mulai penyimpanan free alias gratis hingga maksimal 5 GB, serta fitur lain seperti fitur sinkronisasi file data secara otomatis dari perangkat komputer kita.

Namun Khusus fitur terakhir yang disebutkan diatas, bagi sebagian orang mungkin malah bisa sangat mengganggu. Hal ini karena jika fitur tersebut aktif, maka data yang ada di PC kita biasanya akan langsung diupload otomatis ke penyimpanan awan.

Dimana proses upload tentu akan memakan kuota internet. Dan jika kita tidak menyadari hal itu sama sekali, tentu bisa membuat tagihan internet kita menjadi bengkak.

Nah jika hal itu tidak mau terjadi, maka salah satu solusinya yang bisa dilakukan yaitu dengan menonaktifkan fitur automatic syncronize. Lalu bagaimana caranya? Untuk mengetahui hal tersebut maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Mematikan Fitur Back-Up Data Otomatis Microsoft OneDrive

1. Langkah pertama kita buka aplikasi OneDrive yang biasanya ada di menu System Tray (menu taskbar yang ada dibagian kanan bawah tampilan desktop).

Jika tidak ada, kita bisa juga menemukannya di windows explorer di bagian menu paling kiri, biasanya ada diatas Penyimpanan System (C).


2. Selanjutnya pilih icon roda gigi di sebelah kanan atas aplikasi > lalu pilih menu "Settings". Bila tadi kita membukanya melalui windows explorer maka kita cukup klik kanan di "OneDrive-Personal" > pilih "One Drive" > lalu pilih "Settings".


3. Jika sudah maka akan muncul kotak tampilan baru bernama Microsoft OneDrive. Disini kita pilih menu "BackUp" > lalu pilih "Manage BackUp".


4. Langkah terakhir kita pilih "Stop Backcup" di folder yang ingin kita matikan fitur backup otomatisnya. Disini saya memilih stop backup di folder desktop dan juga di folder document, karena dikedua folder itu masih aktif data sinkronisasinya.


Lalu jika ada notifikasi apakah kita ingin menghentikan proses backup folder, maka kita pilih "Stop Backup" lagi.


Lalu terakhir jangan lupa pilih "OK" dikotak tampilan Microsoft One Drive seperti di tahapan nomor 3 (ini yang sering terlupa). Hingga langkah tersebut maka fitur sinkronisasi data ke cloud onedrive pun sudah berhasil dimatikan.

Nah lalu jika suatu saat kita ingin mengaktifkan fitur ini kembali, maka kita hanya perlu masuk ke menu ini lagi, lalu pilih atau ceklis di folder yang ingin kita sinkronkan data-nya > lalu terakhir pilih "Start Backup".

Baca Juga : Cara Merekam Layar Komputer Memakai Microsoft Powerpoint

Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara menonaktifkan fitur sinkron data otomatis di program One Drive. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bila ada yang belum dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung menulisnya di kolom komentar yang telah tersedia dibagian bawah.

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close