Cara Merekam Layar Komputer Memakai Microsoft Powerpoint


Screen recorder adalah cara yang dapat dilakukan dalam menangkap tampilan layar dari suatu perangkat digital, baik itu berupa perangkat PC desktop maupun laptop dan bisa juga dari perangkat mobile seperti smartphone.

Berbeda dengan fitur screenshoot atau fitur print screen yang menangkap tampilan layar hanya berupa file gambar saja, maka pada screen recorder ini hasil dari tangkapan layar yang diproses yaitu akan berupa file rekaman gambar dalam bentuk format audio visual (video).

Sehingga cara ini sangat cocok sekali digunakan oleh orang-orang yang sering membuat tutorial di komputer untuk kemudian diupload ke kanal youtube. Selain itu mungkin bisa juga dimanfaatkan bagi para youtuber gaming untuk merekam hasil game yang sedang dimainkan.

Nah kebanyakan orang saat ini jika ingin melakukan perekaman layar di pc, umumnya mereka akan memakai suatu aplikasi dari pihak ketiga, dimana jenis aplikasi tersebut biasanya harus di install terlebih dahulu dan terkadang ada juga yang berbayar.

Padahal jika kita teliti, ternyata ada cara yang lebih praktis untuk melakukan perekaman layar ini. Bahkan tanpa perlu repot untuk memasang suatu aplikasi yang mungkin saja memiliki size yang cukup besar.

Sedangkan cara ini dalam tutorial kali ini hanya akan memanfaatkan program yang biasanya sudah ada di kebanyakan komputer standar.

Adapun cara yang dimaksud yaitu dengan memanfaatkan program bernama Microsoft Office Powerpoint yang biasanya sudah menjadi tools bawaan secara default di perangkat komputer kita.

Selain mudah, merekam layar dengan Microsoft powerpoint inipun dijamin sangat ringan. Jadi jika kita sebagai pengguna PC dengan spesifikasi "kentang" pun masih dapat menjalankan program tersebut.

Nah untuk mengetahui bagaimana cara melakukannya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Melakukan Screen Recorder di PC Deskto/Laptop Hanya Menggunakan PowerPoint (PPT)

1. Langkah pertama buka program Office Powerpoint di komputer kita > lalu buka lembar kerja baru.



2. Selanjutnya pada Tabmenu yang ada dibagian atas kita pilih menu "Insert" > lalu pilih menu "Screen Recorder".



3. Setelah itu sebelum melakukan perekaman, kita harus menyesuaikan terlebih dahulu ukuran layar yang diinginkan alias bagian sebelah mana dari layar yang akan direkam yaitu dengan cara memilih menu "Select Area" > lalu drag kursor di area layar yang kita inginkan



4. Jika sudah lalu untuk memulai proses rekam kita bisa langsung memilih tombol "Record" yang memiliki icon bulat berwarna merah, atau bisa juga dengan cara menekan tombol windows + Shift + R secara bersamaan.

5. Sementara itu jika telah selesai dan ingin berhenti dalam proses merekam layar, maka kita bisa melakukannya dengan mengarahkan kursor mouse ke bagian paling atas layar, lalu nanti akan muncul kotak menu dan kita pilih saja opsi "Stop" dengan memilih icon yang berbentuk kotak.



Atau bila ingin lebih praktis bisa juga dengan cara menekan tombol windows + Shift + Q secara bersamaan.

6. Langkah terakhir untuk menyimpan file video hasil record, caranya yaitu cukup dengan klik kanan di video tadi, lalu pilih menu "Save Media as...".



Hingga langkah terakhir diatas, maka proses perekaman atau screen recorder pun telah selesai dilakukan. Untuk melihat hasilnya, kita dapat membuka video di tempat tadi kita menyimpan filenya.

NOTE : Disclaimer sebelumnya bahwa pada tutorial kali ini, kita menggunakan jenis Microsoft Office Powerpoint versi tahun 2019. Bagi pengguna versi dibawah atau mungkin diatasnya, bisa saja terdapat suatu perbedaan pada tahapan langkah-langkahnya meskipun tentu tidak akan jauh berbeda.




Bagaimana mudah dan praktis bukan? Dengan cara ini tentu kita dapat mengehmat kapasitas memori karena tidak perlu lagi untuk menginstall lebih banyak aplikasi.

Demikianlah artikel kali ini tentang langkah-langkah untuk melakukan Screen Recorder di PC maupun laptop tanpa perlu pasang aplikasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam, No Link Aktif !

Previous Post Next Post

Contact Form

close
close