Cara Atur Aplikasi Default Otomatis PC (Browser, Pemutar Video, dll)

Saat kita sedang mengoperasikan sebuah perangkat komputer baik itu melalui PC desktop maupun laptop, tentu pastinya kita akan membuka berbagai macam jenis program maupun aplikasi untuk dapat membantu menunjang segala aktivitas sehari-hari kita di perangkat gadget tersebut.

Banyak sekali jenis program yang bisa dipakai, adapun beberapa program yang paling umum dan mungkin akan sering kita gunakan diantaranya yaitu seperti program browser untuk membantu dalam hal berselancar untuk mengakses jaringan internet, pemutar video untuk menonton film, pemutar musik untuk mendengar lagu, dan tentu masih banyak lagi program-program lainnya yang tidak bisa disebutkan satu-persatu.

Nah tidak jarang, dari satu program tersebut terkadang kita memiliki beberapa jenis aplikasi sekaligus untuk menjalankannya.

Contoh sederhana saja yaitu seperti program pemutar video yang dalam satu perangkat komputer, mungkin saja terdapat banyak aplikasi sejenis yang bisa digunakan dalam mengakomodir kegiatan kita pada saat ingin menonton sebuah film atau video, seperti misalnya dengan memakai aplikasi Media Player Classic (MPC), VLC, GOM, KMPlayer, Quicktime Player, dsb.

Lalu pada saat kita ingin membuka file berformat video tersebut misalnya, maka otomatis salah satu dari aplikasi pemutar video yang sudah ada atau sudah kita instal tersebut akan menjadi aplikasi default.

Nah masalahnya, terkadang kita lebih menyukai salah satu dari aplikasi tersebut namun ternyata aplikasi yang kita sukai malah tidak menjadi aplikasi default dalam praktik penggunaanya.

Hal ini tentu akan sangat merepotkan, karena kita menjadi tidak bisa untuk langsung membuka suatu file video dengan cara klik dua kali, melainkan harus dengan melalui cara klik kanan terlebih dahulu lalu pilih menu "open with", tentu sangat tidak praktis bukan.

Selain itu, hal ini tentu pula akan berlaku bagi program-program lain seperti misalnya web browser, music player, photo viewer, email, dsb.

Nah oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana caranya untuk mengatur atau mengubah agar suatu aplikasi bisa menjadi program default secara otomatis pada saat ingin menjalankannya.

Sehingga dengan cara ini kita dapat semakin mudah dalam menggunakan sebuah aplikasi, terutama seperti beberapa aplikasi yang telah disebutkan diatas.

Lalu bagaimana caranya? Untuk mengetahui hal tersebut maka langsung saja kita simak langkah-langkahnya berikut ini.


Cara Mengatur dan Menentukan Aplikasi Default di Kompter Windows

Disclaimer sebelumnya bahwa dalam tutorial ini digunakan versi windows 10 sebagai bahan untuk menguji cobanya. Sehingga bagi pengguna windows versi yang lain, baik itu versi dibawah maupun diatasnya mungkin saja bisa terdapat perbedaan meskipun hal itu tidak akan terlalu jauh signifikan.

1. Langkah pertama kita pilih menu "Start" (logo windows) > lalu pilih menu "Settings". Setelah itu akan muncul kotak menu baru, kita hanya perlu memilih menu "Apps".


2. Jika sudah lalu selanjutnya kita pilih menu "Default Apps".

3. Nah setelah itu dibagian sebelah kanan akan langsung muncul beberapa list apps yang bisa kita ubah program default-nya, seperti email, photo viewer, browser, music player, video player dan beberapa lainnya.


4. Sebagai contoh disini kita akan mengubah program default dari aplikasi untuk membuka foto. Caranya kita hanya perlu memilih menu "Photo Viewer" > lalu setelah itu tinggal pilih aplikasi default yang kita inginkan. Disini kita memilih menggunakan apps FastStone Image Viewer.


Lakukan cara yang sama untuk mengubah beberapa apps default lainnya dan sesuaikan dengan keinginan kita.

Tapi tentu jangan lupa juga untuk menginstal aplikasi pendukung sebelumnya agar bisa dijadikan sebagai default apps dalam menjalankan setiap program yang akan kita gunakan.

Baca Juga : Cara Mengetahui Password Hotspot Wifi Komputer

Demikianlah artikel kita kali ini mengenai cara untuk mengubah berbagai macam program default apps di komputer windows.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bila ada yang belum dimengerti atau jika ada yang ingin ditanyakan, maka langsung saja bertanya di kolom komentar yang telah disediakan dibawah. Sekian dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close