Cara Mengetahui Password Hotspot Wifi Komputer/Laptop


Wireless fidelity atau sering juga disebut dengan kata Wi-Fi merupakan suatu istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga kita. Perangkat satu ini memang kerap kali digunakan oleh banyak orang untuk dimanfaatkan sebagai alat agar bisa mengakses jaringan internet dengan melalui fitur hotspot yang ada pada perangkat tersebut.

Walaupun sebenarnya teknologi Wi-Fi sendiri, bisa juga digunakan untuk mengirim dan menerima data meski tanpa jaringan internet sekalipun. Namun untuk detail mengenai hal tersebut tidak akan dibahas pada artikel kali ini.

Adapun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai kata sandi atau password yang biasa terdapat pada wifi. Keberadaan dari password ini fungsinya tentu sudah sangat jelas, yaitu untuk memproteksi jaringan WiFi agar tidak dapat digunakan oleh sembarang orang yang tidak dikenal.

Sehingga hanya orang tertentu saja, yang sudah memiliki atau sudah mengetahui kata sandi yang bisa mengakses jaringan tersebut.

Namun kata sandi yang bisa terdiri lebih dari 6 karakter huruf maupun angka ini terkadang lupa untuk kita ingat.

Padahal hal tersebut sangat penting, apalagi jika ada perangkat baru yang ingin terhubung dengan koneksi internet seperti misalnya perangkat milik teman kita, maka sudah pasti kita harus memberitahukan kode akses alias sandi dari wifi tersebut.

Lalu bagaimana cara mengetahui password wifi yang sedang kita gunakan di perangkat laptop atau PC desktop? Sementara kita lupa dengan kata sandi tersebut? Tenang saja, karena ternyata ada dua cara yang dapat kita lakukan untuk bisa mengetahui kata sandi dari koneksi wifi itu.

Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


2 Cara Mengetahui Kata Sandi Wi-Fi di Komputer

Pemberitahuan! bahwa disini kita menggunakan Sistem Operasi versi Windows 10 dalam melakukan tutorial ini.

Bagi pengguna OS Windows versi lama atau versi diatasnya mungkin saja bisa terjadi adanya perbedaan, meskipun hal tersebut tentu saja tidak akan terlalu signifikan.


A. Melalui Menu Properties

1. Langkah pertama kita lakukan klik kanan di menu icon taskbar wifi pada komputer. Setelah itu kita pilih menu "Open Network & Internet Settings".



2. Selanjutnya pada menu "Status" kita pilih "Network and Sharing Center".



3. Setelah itu akan muncul kotak tampilan baru, disana kita cukup pilih atau klik jaringan wifi yang sedang terhubung (lihat gambar dibawah).



4. Setelah itu pilih menu "Wireless Properties" > "Security" > lalu pada tulisan "show characters" kita berikan tanda centang dengan cara melakukan klik.

Jika sudah maka kata sandi pun akan langsung terlihat pada menu "Network security key".



B. Melalui program Command Prompt (CMD)

1. Pertama kita cukup buka program bernama command prompt. Jika tidak tahu, maka kita bisa menemukannya dengan memanfaatkan kotak pencarian. Ketik saja "CMD" lalu buka program tersebut.

2. Jika sudah selanjutnya kita ketik di program cmd kata-kata berikut :

netsh wlan show profile name=nama wifi key=clear

Kata nama wifi yang berwarna merah kita ganti dengan nama jaringan wifi yang ingin kita ketahui password-nya.

Contoh : netsh wlan show profile name=bapigifnet key=clear



3. Setelah semua kata tersebut telah ditulis, lalu selanjutnya tekan enter dan hasilnya akan langsung muncul beberapa informasi, dimana salah satunya yaitu tulisan "key content" yang berisi password dari jaringan wifi tujuan.



Catatan : Jika nama wifi tujuan memiliki dua kata atau lebih (ditandai dengan adanya spasi), maka jangan lupa untuk menambahkan tanda petik dua diantara nama wifi.

Contoh : netsh wlan show profile name="bapigif net" key=clear

Bagaimana mudah bukan? Dengan menggunakan cara ini kata sandi yang tadinya terlupakan pun dapat segera kita ketahui dan ingat kembali.




Demikianlah artikel kali ini tentang cara mengetahui password jaringan wifi pada perangkat komputer maupun laptop windows. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close