Manfaat Penggunaan Dark Mode di Komputer dan Smartphone


Dark mode atau mode gelap merupakan salah satu fitur yang memang sedang ngetren dan mulai banyak digunakan pada perangkat gadget beberapa waktu belakangan ini.

Hanya dengan memanfaatkan fitur ini maka kita dapat langsung mengubah tampilan antarmuka pada perangkat smartphone maupun pc komputer menjadi berwarna hitam atau dengan latar background yang lebih gelap dari settingan sebelumnya.

Sehingga melalui fitur mode gelap ini, kitapun bisa berlama-lama dan tetap nyaman ketika menatap layar dari perangkat gadget meski berada di tempat dengan kondisi yang minim cahaya seperti pada saat malam hari.

Dan oleh karena itu pula, fitur ini juga sering disebut dengan istilah night mode yang memiliki arti mode malam.

Selain terdapat di pengaturan bawaan perangkat gadget, night mode atau dark theme ini sebenarnya bisa juga dijumpai di beberapa aplikasi maupun halaman website di internet.

Hal ini menandakan bahwa memang fitur satu ini sangat digemari sekali, bahkan untuk sebagian orang mungkin fitur ini wajib digunakan.

Nah lalu apa sebenarnya manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan tema berwarna gelap ini? Apakah tidak berdampak buruk jika diterapkan setiap waktu meskipun itu di siang hari?

Nah untuk mengetahui jawabannya dan apa saja manfaat serta kelebihan dari fitur tema gelap, maka langsung saja kita simak ulasannya berikut ini


Kelebihan dan Manfaat Menggunakan Fitur Mode Gelap (Dark Mode)

1. Tidak Menyakiti Mata

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita ketika melihat seseorang yang dapat berjam-jam bekerja di layar komputer hingga larut malam, atau hal itu justru terjadi dan dialami oleh kita sendiri.

Nah jika memang hal itu sering kita lakukan, maka mungkin sudah saatnya bagi kita untuk segera memanfaatkan fitur dark mode.

Hal ini karena pada saat menatap layar dikondisi gelap atau minim cahaya maka mata akan menjadi silau akibat paparan cahaya dari layar tersebut. Sehingga jika dilakukan dalam waktu lama mata akan cepat lelah dan berujung pada bagian bahu serta leher yang menjadi tegang.

Sementara jika kita mengaktifkan fitur tema malam, maka sorot cahaya yang berasal dari layar PC/ponsel akan menjadi lebih redup, sehingga mata pun akan tetap merasa nyaman karena kondisi pencahayaan monitor dengan lingkungan sekitar relatif sama. Pada akhirnya hal itu membuat mata tidak cepat lelah dan kerusakan mata pun dapat diminimalisir.


2. Hemat Sumber Daya

Seperti yang kita tahu, bahwa pada saat mode gelap ini aktif, maka warna dominan yang akan ditampilkan pada layar yaitu warna-warna gelap dan bahkan kebanyakan cenderung akan menggunakan warna hitam.

Nah dalam beberapa kondisi tertentu hal tersebut justru akan lebih menghemat daya, dimana kondisi yang dimaksud ini adalah ketika layar yang sedang kita gunakan merupakan jenis dari tipe layar oled maupun amoled.

Hal ini karena pada tipe display amoled dan sejenisnya, tampilan pixel terkhusus pada layar yang berwarna hitam biasanya akan dimatikan, dan hanya pixel-pixel yang menampilkan warna selain hitam saja yang akan dinyalakan.

Sehingga dengan cara ini maka hanya sedikit saja pixel yang menyala di mode dark theme, dan hal itu tentu saja berdampak pada penggunaan daya listrik yang jauh lebih hemat.

Adapun penggunaan display tipe amoled ini kebanyakan sudah diadopsi pada perangkat ponsel, terutama tipe smartphone seri flagship yang boleh dikatakan sudah pasti menggunakan jenis display tersebut.


3. Lebih Keren dan Menarik

Tampilan User Interface (UI) pada mode gelap biasanya sudah didesain sedemikian rupa, sehingga meski memiliki tampilan yang sederhana namun tampilannya itu selalu terlihat menarik.

Bahkan bagi sebagian orang khususnya untuk laki-laki, warna gelap pada dark mode ini seringkali dianggap lebih keren karena merepresentasikan kesan yang maskulin.

Selain itu, adanya warna gelap ini memberikan kesan juga seperti seorang hacker atau programmer sejati yang selalu bekerja didalam ruangan gelap nan misterius yang dipenuhi dengan banyak komponen-komponen perangkat komputer canggih.

Hal itu tentu saja yang selalu diinginkan oleh orang-orang yang ingin menjadi ahli teknologi karena dapat menjadi terlihat lebih keren.


4. Lebih Sehat Bagi Tubuh

Tidak hanya menghindarkan dari berbagai macam kerusakan pada bagian mata saja, ternyata pada mode malam atau mode gelap pun dianggap mampu untuk menghindarkan dari beberapa jenis penyakit lain.

Pada saat kita mengoperasikan gadget pada kondisi layar terang dalam kondisi gelap, maka hal tersebut dapat menambah kadar melatonin pada tubuh yang semakin meningkat. Sehingga hal itu jika sudah mecapai batasnya akan berakibat kepada fungsi tubuh yang menjadi sulit tidur (insomnia).

Dan jika hal tersebut dilakukan secara rutin dalam jangka waktu panjang, maka dipercaya akan berisiko kepada timbulnya berbagai macam penyakit yang lebih serius seperti obesitas bahkan hingga penyakit kanker.

Bagaimana jadi sekarang kita sudah mengerti kan betapa pentingnya penggunaan dark mode terutama pada kondisi ruangan yang gelap. Selain mengubah tema ke dalam mode gelap, sebenarnya masih ada beberapa cara agar kita dapat merasa nyaman saat mengoperasikan gadget di malam hari.

Adapun beberapa diantaranya yaitu seperti dengan cara menurunkan tingkat kontras dari layar maupun dengan cara mengaktifkan mode baca. Seperti pada sistem operasi windows misalnya terdapat mode baca bernama night light yang dapat digunakan ketika kondisi dimalam hari.

Jika ingin mengaplikasikannya maka bisa baca artikel mengenai Cara Aktifkan Filter Layar Komputer untuk Lindungi Mata.

Namun satu hal yang perlu diingat juga bahwa meskipun fitur ini memiliki banyak sekali manfaat, akan tetapi sangat tidak disarankan untuk digunakan setiap waktu utamanya pada siang hari.

Hal ini karena cahaya redup dengan background hitam yang ditampilkan pada layar monitor jika ditatap dalam waktu lama, maka akan membuat mata akan susah untuk fokus.




Sehingaa jika kita melihat objek yang ada disekeliling, maka objek tersebut akan menjadi kabur dan hal itu tentu saja sangat tidak baik jika dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang.

Demikianlah artikel kali ini tentang kelebihan serta manfaat positif dari pemakaian fitur night mode pada perangkat gadget. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close