3 Cara Screenshot di Komputer Windows Tanpa Aplikasi


Screenshot atau ada juga yang menyebutnya sebagai secreen capture adalah suatu fitur yang dapat digunakan untuk melakukan tangkapan layar dari perangkat digital, baik itu pada perangkat seperti PC desktop maupun laptop dan juga seperti pada perangkat mobile smartphone.

Hasil dari tangkapan layar tersebut nantinya akan disimpan dalam bentuk cuplikan gambar yang berformat file foto seperti PNG, JPEG, dsb.

Fitur ini memang sangat cocok sekali digunakan bagi kita yang sering membuat berbagai tutorial seputar gadget dengan penambahan ilustrasi dalam bentuk gambar.

Selain itu, screenshot pun bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kepentingan lain seperti mengambil cuplikan tugas, cuplikan percakapan, cuplikan film, dan berbagai manfaat lainnya.

Adapun untuk melakukan tangkapan layar ini caranya tergolong sangat mudah. Meskipun tentu setiap platform dari setiap perangkat memiliki cara yang berbeda-beda dalam langkah melakukan screenshot ini.

Nah pada perangkat PC sendiri baik itu desktop atau laptop, terkhusus yang bersistem operasi windows biasanya memiliki cara yang relatif hampir sama.

Di PC sendiri sebutan untuk menangkap layar seringkali lebih dikenal dengan istilah print screen. Hal ini mengacu kepada tombol bernama print screen yang biasanya sudah terdedikasi secara langsung pada papan ketik keyboard.

Adapun seperti judul yang telah ditulis, pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai cara melakukan screen capture atau print screen di pc komputer tanpa perlu repot lagi untuk menggunakan aplikasi tambahan.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Nah untuk bisa mengetahui hal tersebut, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Melakukan Print Screen Komputer Windows

Pemberitahuan sebelumnya bahwa disini kita menggunakan sistem operasi windows 10 dalam melakukan tutorial tersebut. Bagi pengguna OS windows dengan versi yang lebih lama atau lebih baru, mungkin saja bisa terjadi adanya perbedaan meskipun tentu tidak akan terlalu signifikan.


A. Menggunakan Tombol Print Screen

1. Langkah pertama kita siapkan tampilan layar yang ingin di screenshot. Lalu setelah itu kita tekan tombol print screen di keyboard atau terkadang ada juga yang ditulis dengan ejaan prnt scrn di beberapa tipe keyboard.

2. Selanjutnya kita buka program bernama "Paint". Jika ingin lebih cepat, maka bisa langsung menggunakan kotak pencarian untuk menemukan program tersebut.



3. Setelah itu kita paste gambar yang telah di tangkap tadi di program paint. Caranya yaitu cukup dengan menekan tombol Ctrl + V secara bersamaan. Jika sudah lalu kita save hasil print screen tersebut di memori penyimpanan.

Catatan : Jika ingin melakukan crop atau memotong gambar untuk menampilkan bagian tertentu, maka kita bisa pilih menu "Select" untuk menyelesksi bagian gambar yang ingin diambil, baru setelahnya kita pilih "Crop".



B. Menggunakan Tombol Pintas

1. Pada tampilan layar yang ingin dicapture kita hanya perlu menekan tombol Windows + Shift + S di keyboard secara bersamaan.



2. Setelah itu kita sesuaikan bagian layar yang ingin di capture, bisa full satu layar atau hanya sebagian saja dengan menggunakan kursor.

3. Jika sudah maka disebelah kanan akan tampil hasil tangkapan layar. Kita hanya perlu mengklik-nya dan kemudia pilih save dengan menekan tombol CTRL + S


C. Menggunakan Snipping Tool

1. Langkah pertama kita buka program bernama "Snipping Tool". Agar lebih cepat, bisa langsung mencari program tersebut di kotak pencarian.


2. Setelah itu untuk memulai melakukan screenshot kita cukup pilih menu "New" yang berada di sebelah pojok kiri atas.

3. Selanjutnya kita sesuaikan ukuran dari tampilan layar yang ingin di screenshot dengan menggunakan kursor.

4. Jika sudah lalu kita pilih "Save snip" atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + S secara bersamaan untuk menyimpan hasil tangkapan layar yang sudah dibuat tadi.




Bagaimana mudah dan praktis bukan? Dengan cara ini maka kita pun tidak akan bingung lagi jika ingin melakukan tangkapan layar (screen capture) di perangkat PC baik itu desktop maupun laptop.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara melakukan capture pada tampilan layar komputer windows. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close