Cara Bersihkan Temporary Files Komputer Windows

Kinerja perangkat komputer biasanya akan menjadi semakin lambat seiring dengan berjalannya masa pemakaian dari perangkat tersebut. Hal ini bisa terjadi karena berbagai macam faktor penyebab.

Salah satunya yang sering dialami yaitu kondisi dimana memori penyimpanan yang sudah terlalu penuh, khususnya diakibatkan karena terdapat banyak file sampah yang mungkin sudah tidak terpakai. Jenis file sampah tersebut bisa berupa data cache yang mungkin saja belum terhapus secara maksimal.

Data sampah ini bila dibiarkan saja maka akan semakin menumpuk, dan hal itu bisa membuat tempat penyimpanan menjadi penuh. Pada akhirnya jika tidak ditangani dengan baik, maka akan membuat respon pada perangkat komputer maupun laptop menjadi lemot dan berjalan tidak normal seperti biasa.

Oleh karena itu, sangat disarankan sekali bagi kita pengguna PC desktop maupun laptop agar selalu rutin melakukan cek dan menghapus file secara berkala guna memastikan bahwa file-file sampah yang mungkin sudah menumpuk tersebut dapat terhapus secara sempurna.

Pada dasarnya selain dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, sebenarnya ada cara yang lebih praktis untuk bisa membersih jenis file tersebut. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan fitur bawaan pada Sistem Operasi Windows yang dikenal dengan nama disk cleanup.

Dengan cara ini kita dapat menghilangkan atau menghapus suatu file yang mungkin saja tidak kita sadari keberadaannya.
Nah untuk mengetahui bagaimana cara melakukan hal tersebut, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Mempercepat Kinerja Komputer dengan Menghapus Temporary Files

1. Langkah pertama kita klik menu Start, lalu pilih menu "Windows Administratives Tools" > lalu pilih "Disk CleanUp". Atau jika ingin lebih cepat, maka bisa langsung mengetik di kotak pencarian dengan kata kunci disk cleanup tadi.


2. Setelah dibuka maka akan muncul tampilan dari program disk clean-up, selanjutnya kita hanya perlu memilih jenis penyimpanan (drives) yang ingin dihapus dari file sampah.

Caranya dengan melakukan klik di icon panah yang menghadap kebawah. Sebagai contoh disini kita memilih media penyimpanan drives C. Jika sudah lalu setelah itu kita pilih OK dan tunggu beberapa saat.


3. Langkah terakhir kita scroll ke bagian bawah dan temukan opsi "temporary files" lalu kita klik centang disebelah tulisan tersebut. Jika sudah lalu kita pilih OK > dan jika muncul kotak notifikasi baru kita hanya perlu memilih "Delete Files".


Hingga langkah terakhir diatas, maka proses menghapus file sampah yang tidak terpakai pun telah selesai dilakukan.

Selain untuk menghapus jenis temporary files, di program ini pula kita juga bisa menghapus beberapa jenis file lain yang biasa ditemukan di beberapa folder, seperti file di folder recycle bin, file di folder download, serta files berbentuk thumbnails, dan lain sebagainya.




Bagaimana mudah dan praktis bukan? Dengan cara ini, selain dapat membuat perangkat komputer menjadi lebih cepat dari sebelumnya, kita pun bisa mendapatkan kembali ruang penyimpanan kosong yang mungkin cukup besar tergantung dari banyaknya data yang telah dihapus.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara menghapus temporary files guna membuat perangkat komputer menjadi tidak lemot. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close