Inilah Perbedaan Virus Komputer, Worm dan Trojan

Dibalik manfaatnya yang sangat banyak, perangkat komputer sebagai sebuah alat bantu yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia memang tidak terlepas dari hal-hal buruk yang ada di dalamnya.

Bagaikan sebuah yin dan yang, keseimbangan sepertinya memang selalu dibutuhkan, pun demikian dengan apa yang terjadi pada dunia digital termasuk komputer dan internet ini.

Selain sisi positif, komputer pun memiliki sisi negatif yang mana hal itu bisa memunculkan berbagai macam celah kejahatan yang siap mengintai para penggunanya.

Salah satu hal yang mengancam itu adalah keberadaan dari sebuah perangkat lunak jahat atau yang biasa juga dikenal dengan sebutan malicious software (malware). Malware adalah suatu program yang dibuat dengan maksud untuk merusak dan mengganggu kinerja komputer agar tidak berjalan normal.

Tidak hanya pada sebuah perangkat komputer saja, jenis malware pun bisa menyerang kedalam sistem jaringan yang terhubung dengan internet termasuk juga jaringan server dan klien.

Banyak sekali jenis serangan jahat yang termasuk kedalam kategori malware, baik itu yang sering disadari keberadaannya maupun yang tidak disadari. Beberapa jenis serangan malware yang biasanya tidak diketahui adalah seperti spyware, adware, dan backdoor.

Jika ingin mengetahui lebih jelas lagi mengenai ketiga hal itu, maka disarankan untuk membaca artikel jenis-jenis serangan cyber yang sering tidak disadari.

Sebaliknya ada juga tipe malware yang biasanya langsung bisa terdeteksi (oleh antivirus) dan seringkali merusak sistem komputer termasuk file-file yang ada didalamnya.

Sehingga terkadang membuat data atau program yang ada menjadi berjalan tidak normal. Contoh dari jenis malware ini yaitu seperti virus komputer, trojan, dan juga worm.

Tapi tahukah kita perbedaan diantara ketiga jenis malware itu? Karena kebanyakan orang mungkin menganggap bahwa Trojan dan worm itu adalah sama-sama termasuk kedalam jenis virus komputer.

Namun kenyataannya ketiga jenis malware tersebut merupakan suatu hal yang berbeda dengan memiliki pengertian serta ciri-ciri tersendiri.

Nah agar tidak keliru dan tidak salah lagi, maka langsung saja kita simak perbedaan diantara ketiganya pada ulasan berikut ini.


Pengertian Apa itu Virus, Trojan dan Worm

1. Virus Komputer

Pertama ada virus komputer yaitu jenis malware yang jika dianalogikan seperti virus pada manusia yang memiliki sifat merusak dengan berinang.

Virus komputer adalah suatu program yang bisa menggandakan (menduplikasi) dirinya sendiri menjadi banyak, lalu kemudian menyebar didalam sistem komputer dan kemudian menginfeksi suatu program maupun jenis file tertentu.

Jika sudah terinfeksi (tempat inang virus), maka biasanya data atau program tersebut akan menjadi rusak atau dalam istilah ini sering disebut dengan corrupt. Sehingga membuat file menjadi tidak bisa diakses, menjadi tersembunyi, atau bahkan bisa terhapus secara otomatis.

Beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali jika perangkat kita terdapat virus yaitu seperti kinerja komputer menjadi lambat, memori penyimpanan tiba-tiba penuh padahal kita tidak pernah memasukkan data apapun, dan bisa juga munculnya data berformat .exe (exectubale) yang bukan semestinya.

Contoh yaitu seperti file Microsoft Word yang memiliki format .exe, padahal seharusnya memiliki format .doc


2. Trojan Horse

Trojan adalah salah satu dari jenis perangkat lunak jahat yang sering dianggap tidak berbahaya. Padahal tipe satu ini bisa dikatakan sama bahayanya.

Tidak seperti virus yang bisa menduplikasi dan langsung menginfeksi, trojan melakukannya dengan cara halus yaitu menyusup melalui data yang telah disisipi trojan. Saat ada orang yang membuka data yang telah disisipi tersebut, maka trojan akan langsung aktif dan melakukan tugasnya.

Data yang telah tersisipi trojan tersebut bisa berasal dari proses download file yang dilakukan secara sembarangan, seperti pada saat melakukan download file bajakan maupun download file di situs website yang abal-abal.

Tujuan dari trojan adalah untuk melakukan mata-mata terhadap komputer target, dan yang menjadi sasaran yaitu data pribadi milik target seperti system log, username akun, password dan data pribadi lainnya.

Selain itu trojan pun dapat merusak sistem dan file pada komputer yaitu dengan cara memasukkan virus dari adanya celah bug setelah dimasuki trojan sebelumnya.

Dan itulah juga sebabnya mengapa malware ini dinamakan dengan trojan horse, karena nama tersebut didasarkan pada kisah dari nama patung kuda trojan yang digunakan dalam perang Troy sebagai upaya bangsa Yunani dalam melakukan penyusupan untuk menyerang pihak musuh.


3. Worm (Komputer)

Bisa dibilang worm pada komputer merupakan sebuah evolusi dari virus komputer. Hal ini karena worm dapat merusak sistem jauh lebih baik dari apa yang bisa dilakukan oleh virus.

Seperti juga pada virus, worm bisa menggandakan (menduplikasi) diri menjadi banyak. Bedanya worm dapat melakukan hal itu tanpa perlu adanya campur tangan manusia (si korban). Worm akan masuk ke sistem komputer melalui celah-celah keamanan yang terbuka.

Jika sudah menyebar, worm kemudian akan merusak sistem serta kemungkinan juga merusak file data dari korban. Tidak hanya di dalam satu sistem saja, worm pun dapat menyebar ke banyak sistem melalui jaringan yang saling terhubung dengan jaringan yang sudah terlebih dulu terinfeksi.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi malware worm ini yaitu dengan melakukan update terbaru dari service pack atau dengan menambahkan patch pada sistem/program yang terkontaminasi, bertujuan agar dapat menutup celah keamanan yang sudah muncul tersebut.


Simpulan

Pada dasarnya worm, trojan serta virus komputer merupakan sama-sama bagian dari malicious software (malware). Meski begitu diantara ketiganya tentu memiliki berbagai perbedaan terutama pada bagian tahapan menginfeksi sistem komputer serta cara yang dilakukan untuk merusak sistem komputer tersebut.

Yang jelas bahwa keberadaan malware jenis ini bisa saja menjadi bagian dari tindak kejahatan cyber (cyber crime). Selagi hal itu dilakukan secara sengaja oleh individu guna mencari keuntungan pribadi dari korban yang menjadi targetnya.

Jadi kita sudah tahukan perbedaan dari ketiga jenis malware itu?




Demikianlah artikel kali ini tentang bedanya jenis malware virus, trojan, dan juga worm. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close