Cara Cek Lisensi Windows PC Asli atau Palsu

Setiap produk dari suatu program maupun software pada perangkat komputer biasanya memiliki sebuah lisensi yang langsung melekat jika kita membeli produk tersebut.

Lisensi sendiri digunakan sebagai salah satu jenis perizinan yang diberikan oleh pihak pengembang (developer) software kepada pengguna (konsumen) yang menandakan bahwa pengguna berhak atau sudah bisa menggunakan program yang dibuat developer secara legal.

Jadi singkatnya dengan adanya lisensi ini di suatu produk/merk maka mengindikasikan bahwa produk yang dibeli tersebut merupakan produk asli atau resmi dan bukan bajakan.

Sehingga konsumen tentu akan mendapatkan kualitas jaminan produk yang benar-benar asli sesuai dengan klaim yang diberikan perusahaan. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan layanan full jika sewaktu-waktu terdapat masalah dari produk berlisensi tersebut.

Adapun contoh lisensi yang paling mudah kita temukan pada perangkat komputer, salah satunya yaitu lisensi dari sistem operasi yang biasa digunakan, seperti lisensi pada OS windows.

Lisensi pada OS ini berfungsi sebagai penanda bahwa sistem operasi yang dibeli merupakan versi resmi yang dijual oleh pihak produsen dalam hal ini yaitu Microsoft selaku pemegang hak paten.

Agar mendapatkan produk yang berlisensi tentu kita harus membelinya di tempat-tempat resmi seperti official store maupun toko-toko lain yang sudah menjadi distributor mitra bisnis.

Selain itu untuk mendapatkan lisensi penggunaan secara penuh pada OS, maka kitapun diharuskan untuk melakukan langkah aktivitasi produk dengan memasukkan serial number atau product key yang didapatkan satu paket pada saat kita membeli software OS tersebut.

Jenis dari lisensi OS windows pun sebenarnya memiliki beragam varian yang bisa didapatkan sesuai dengan kebutuhan konsumennya.

Adapun jika kita ingin mengetahui varian dari masing-masing lisensi tersebut, maka bisa langsung membacanya di artikel jenis-jenis lisensi dari sistem operasi windows.

Lalu bagaimana cara agar kita dapat mengetahui jenis lisensi apa yang sudah terpasang pada perangkat komputer kita? Untuk mengetahuinya maka kita dapat memeriksa langsung dengan cara yang sangat mudah yaitu menggunakan program bernama Cmd.

Jadi singkatnya dengan cara ini kita dapat mengetahui jenis lisensi apa yang sedang digunakan dan juga informasi lainnya seperti pemberitahuan tentang apakah komputer kita sudah teraktivasi atau belum. Nah untuk mengetahui caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Mengetahui Jenis Lisensi Windows pada Komputer Milik Kita

1. Langkah pertama kita buka program bernama Command Prompt. Jika ada yang belum tahu cara mengaksesnya yaitu cukup dengan klik tombol menu "Start" di dekstop.

Lalu kita cari pada menu pencarian program tersebut dengan mengetik "cmd" (tanpa tanda petik) lalu pilih mini tersebut.

Sementara bagi yang sudah menggunakan versi windows 10 bisa langsung mengetik di kolom pencarian yang sudah ada, tanpa perlu memilih tombol start terlebih dahulu.


2. Setelah itu akan langsung muncul kotak command prompt, pada kotak menu tersebut kita hanya perlu mengetikkan perintah seperti berikut ini :

slmgr -dli 

ditulis : slmgr(spasi)-dli


3. Jika sudah lalu selanjutnya tekan enter, kemudian tunggu beberapa saat dan akan muncul kotak notifikasi baru berisi informasi tentang jenis lisensi tersebut. Contohnya adalah seperti gambar berikut.


Jadi termasuk jenis manakah lisensi yang ada pada perangkat PC kita? Ingat versi yang resmi hanya ada 3 jenis saja ya, jika selain dari itu mungkin saja os yang kita gunakan merupakan versi yang bajakan.




Demikianlah artikel kali ini tentang Cara memeriksa Jenis lisensi sistem operasi windows. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close