Inilah 5 Jenis Keyboard Komputer Berdasarkan Bentuknya

Komputer merupakan sebuah perangkat digital kompleks yang digunakan dalam membantu memudahkan kehidupan manusia. Agar bisa mengoperasikannya secara normal, maka komputer harus dilengkapi dengan berbagai macam perangkat yang digunakan sebagai alat input untuk memasukkan segala jenis perintah.

Saat ini sudah banyak sekali jenis alat input yang bisa digunakan dalam memberikan perintah di komputer. Salah satunya yang paling utama dan mungkin akan sering digunakan oleh kita sebagai pengguna yaitu perangkat bernama keyboard.

Keyboard komputer adalah sebuah alat input dalam sistem komputer berupa papan tombol yang dapat difungsikan sebagai alat untuk mengetik dan memasukkan berbagai karakter tertentu.

Di dalam set standar, keyboard biasanya dilengkapi dengan beberapa bagian fungsi tombol, seperti tombol yang terdiri dari karakter alfabet, tombol karakter numerik angka serta tombol lainnya yang memiliki fungsi khusus yaitu seperti tombol fungsi (F1, F2,...dst) dan tombol navigasi.

Keyboard merupakan salah dua perangkat yang paling penting keberadaannya setelah mouse. Dua perangkat tersebut bisa dikatakan tidak dapat digantikan atau dihilangkan, karena jika salah satu diantaranya tidak ada maka hal itu akan berimbas pada pengoperasian komputer yang akan menjadi lebih sulit.

Saat ini perangkat keyboard sudah mengalami berbagai perkembangan. Sehingga hal itu membuat bentuk dari perangkat satu inipun sudah memiliki berbagai variasi yang bisa digunakan.

Nah untuk mengetahui apa saja jenis dari perangkat keyboard tersebut, maka langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.


Jenis-jenis Keyboard Komputer Berdasarkan Bentuknya

1. Keyboard Membrane

Keyboard membran merupakan tipe keyboard yang menggunakan lapisan membran (silikon) yaitu bahan sejenis karet yang digunakan sebagai pegas penahan diantara bagian tombol dan bagian papan sirkuit keyboard.

Biasanya tipe ini lebih banyak dipakai pada perangkat laptop, namun ada juga yang memang dibuat khusus untuk perangkat keyboard eksternal.

Dengan hadirnya sistem membran membuat suara disaat mengetik akan menjadi lebih lembut dan bahkan bisa tidak terdengar sama sekali. Ditambah dengan kedalaman setiap tombol yang tidak terlalu tinggi membuat proses mengetik bisa dijalankan dengan lebih lebih nyaman bagi sebagian orang.

Selain itu bahan membran dan plastik yang cenderung melimpah dan mudah diproduksi, membuat keyboard jenis ini memiliki harga yang sangat terjangkau jika dibanding dengan jenis lainnya.

Meskipun demikian, bahan membran memiliki kelemahan seperti mudah cepat kotor oleh debu yang masuk dan lebih sulit untuk dibersihkan. Selain itu bahan karet membaran pun tergolong mudah rusak dengan tingkat elastisitasnya yang bisa cepat berkurang.


2. Keyboard Mechanical

Keyboard jenis ini menerapkan switch mekanik di masing-masing tombol, dimana setiap switch tersebut terdapat sistem pegas yang membuat keyboard menjadi membal mantul kembali (tactile) pada saat mengetik.

Dari sistem ini pulalah biasanya akan terdengar suara yang cukup nyaring dengan bunyi cetek-cetek (click). Bagi sebagian orang suara yang terdengar tersebut mungkin cukup mengganggu, namun tidak bagi sebagian yang lainnya dimana hal itu justru bisa memberikan sensasi tersendiri dalam menggunakannya.

Meski harga belinya cenderung lebih mahal, namun beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari keyboard jenis ini yaitu kita dapat mengetik lebih cepat karena adanya efek membal yang membuat jarang sekali terjadi kesalahan seperti mengetik terlalu banyak huruf dalam satu kali menekan tombol.

Selain itu bahan pembuatan yang lebih berkualitas membuat build quality tipe ini menjadi terasa kokoh dan tidak ringkih. Sehingga hal itupun membuat keyboard menjadi tidak cepat rusak.


3. Keyboard Semi-Mechanical

Seperti namanya bahwa keyboard jenis ini hampir menyerupai tipe mechanical atau setengah mechanical. Meski sebenarnya terdapat 3 varian model yang termasuk keyboard semi-mechanical ini.

Pertama, Model switch yang memiliki prinsip kerja mirip switch mechanical, akan tetapi bahan yang digunakan tidak memakai perangkat metal seperti yang terdapat pada switch mechanical biasa.

Model kedua yaitu switch yang menggunakan membrane dengan dilengkapi alat khusus yang berguna untuk menimbulkan suara cetak-cetek yang menyerupai suara keyboard mechanical aslinya.

Model ketiga yaitu menggunakan switch electrocapacitive, yang memiliki fungsi untuk memadukan antara pegas besi dengan penahan berbahan karet atau plastik. Model satu ini bisa dibilang sebagai model hybrid switch.


4. Keyboard Virtual / Hologram

Sebagai bagian dari tantangan perkembangan zaman, maka munculah keyboard virtual ini di sekitar tahun 2018-an. Berbeda dengan jenis sebelumnya, keyboard virtual tidak memiliki tombol-tombol berbentuk fisik, melainkan berupa tombol hologram yang keluar dari sebuah alat.

Cara kerjanya yaitu dengan menggunakan sebuah alat khusus yang bisa mengeluarkan cahaya laser untuk kemudian akan memproyeksikan gambar holgram berupa layout keyboard.

Sistem tersebut hampir mirip dengan proyektor infocus, perbedaannya hanya terdapat pada gambar proyeksi (berupa layout keyboard) yang bisa di input ke dalam layar komputer layaknya keyboard pada umumnya.

Selain itu agar bisa difungsikan, maka diperlukan sebuah area datar yang cukup seperti meja, guna menampilkan proyeksi dari hologram tersebut.

Kelebihan jenis ini tentu sangat ringkas karena alat untuk mengeluarkan keyboard laser hologram memiliki bentuk yang relatif kecil.

Namun salah satu kelemahannya yaitu kurang nyaman jika digunakan di ruangan yang sangat terang seperti di outdoor, karena cahaya yang ditampilkan bisa menjadi tidak jelas.

Selain itu rasa tactile pada saat mengetik pun bisa dibilang tidak ada sama sekali, sehingga kitapun akan merasa seperti tidak sedang mengetik pada keyboard.


5. Keyboard pada Layar (On-screen Keyboard)

Pada dasarnya keyboard tipe ini termasuk kedalam jenis keyboard virtual. Bedanya jika jenis virtual perlu menggunakan perangkat tambahan untuk mengeluarkan proyeksi dari layout keyboard, maka tidak dengan tipe ini yang tidak perlu menggunakan perangkat tambahan itu.

Seperti namanya yaitu On-screen Keyboard yang artinya bahwa layout dari tombol-tombol pada keyboard akan dimunculkan pada layar monitor komputer kita. Ini digunakan sebagai alternatif jika kita tidak memiliki perangkat keyboard eksternal pada saat mengoperasikan komputer.

Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu bisa dengan memanfaatkan mouse komputer untuk memilih setiap karakter huruf yang ingin diketik atau bisa juga dengan memanfaatkan fitur layar touchscreen layaknya sebuah smartphone, selagi memang layar komputer yang sedang digunakan mendukung fitur touchscreen tersebut.

Adapun cara mengaktifkan On-screen Keyboard pada komputer dengan OS Windows maka bisa dengan mengikuti langkah berikut. Pertama pilih menu start > lalu pilih menu "Windows Ease of Acces" > Terakhir pilih "On-screen keyboard".




Bagaimana jadi kita sudah tahukan bentuk-bentuk dari keyboard yang ada saat ini?

Selain jenis yang telah disebutkan di atas tadi, sebenarnya masih terdapat satu jenis lagi yaitu keyboard RGB. Namun tipe tersebut sengaja tidak dimasukkan karena keyboard RGB pada dasarnya merupakan jenis keyboard yang sudah disebutkan, yaitu bisa termasuk mechanical, semi-mechanical maupun tipe membrane.

Perbedaannya hanya terletak pada bagian tombol keyboard yang sudah di berikan efek lampu (cahaya) dengan memiliki banyak warna gradasi, dimana warna-warna tersebut terkadang juga bisa dicustom sesuai dengan keinginan user.

Demikianlah artikel kali ini tentang macam-macam bentuk keyboard komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close