Inilah Perbedaan RAM DIMM dan RAM SODIMM, Jangan Salah Beli Lagi!


RAM merupakan salah satu elemen utama yang sangat penting keberadaannya dalam penggunaan dan pengoperasian suatu perangkat PC komputer maupun laptop.

Sebab jika tanpa adanya sebuah RAM yang terpasang, maka suatu komputer bisa dipastikan tidak akan bisa berfungsi dengan normal. Jadi sampai disini mungkin kita sudah sedikit mengerti mengenai betapa pentingnya perangkat yang satu ini.

RAM yang memiliki kepanjangan yaitu Random Acces Memory adalah salah satu jenis perangkat keras (hardware) yang terpasang pada komputer, dengan memiliki fungsi utama yaitu untuk menyimpan input perintah atau data yang disimpan hanya sementara dari program yang sedang berjalan saja.

Oleh karena bersifat sementara inilah maka ketika komputer dimatikan atau suatu program dikeluarkan (close program), menyebabkan data dari file yang tersimpan tersebut akan menjadi hilang secara otomatis dan akan langsung tergantikan datanya saat kita membuka suatu program yang baru.

Kapasitas dari penyimpanan RAM pun sangat berpengaruh terhadap jenis program serta banyaknya program yang bisa dijalankan. Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin banyak pula program yang bisa dijalankan dalam waktu bersamaan dan begitu juga sebaliknya.

Saat ini kapasitas memori RAM yang biasa ditemukan pada komputer standar yaitu memiliki ukuran space rata-rata sekitar 4 GB. Sehingga sudah cukup jarang sekali ditemukan kapasitas RAM memory yang ada dibawah itu.




Nah ternyata si memori penyimpanan sementara alias RAM inipun memiliki beberapa macam tipe yang dijual di pasaran saat ini. Pembagian jenis itu bisa dilihat berdasarkan dari segi kecepatan dan bisa juga dilihat dari bentuk fisiknya.

Adapun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai jenis RAM berdasarkan ukuran bentuknya. Jenis apa saja itu? Untuk mengetahuinya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Perbedaan Bentuk Antara Memori RAM Jenis DIMM dan Jenis SODIM

1. Pengertian Memori DIMM

Jenis pertama yaitu ada RAM DIMM yang merupakan kependekan dari Dual In-line Module Memory.

Tipe memori ini sering digunakan pada perangkat komputer desktop karena memiliki bentuk ukuran yang lumayan besar serta cukup panjang.

RAM DIMM memiliki beberapa varian berdasarkan dari banyaknya jumlah pin yang ada. Slot pin ini nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk memasukkan RAM agar bisa terhubung ke sistem komputer.

Semakin banyak slot pin biasanya berpengaruh kepada kecepatan transfer data yang menjadi semakin lebih cepat.

Adapun varian jumlah slot pin yang ada pada RAM DIMM yaitu terdiri dari 168 pin, 184 pin, dan 240 pin. Semua jenis pin ini dapat berjalan di sistem 64-bit data.


2. Pengertian Memori SO-DIMM

Selanjutnya ada jenis RAM SO-DIMM yang memiliki kepanjangan Small Out Dual In-line Module Memory.

Berbeda dengan jenis RAM yang telah dibahas sebelumnya, jenis SODIMM ini memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil.

Keberadaan dari RAM SODIMM sebenarnya merupakan jawaban atas kebutuhan akan perangkat komputer yang kian hari bentuknya semakin kecil dan tipis saja.

Sehingga memori ini memang dikhususkan untuk digunakan pada perangkat-perangkat komputer mobile seperti laptop maupun perangkat minimalis lain seperti untuk router, printer, dsb.

Adapun varian jumlah slot pin pada RAM SODIMM biasanya ada yang terdiri dari 72 pin, 100 pin, 144 pin, 200 pin, dan 204 pin. Jumlah slot pin ini memang lebih sedikit dikarenakan memiliki bentuk yang lebih kecil.

Meskipun begitu, hampir semua jenis SODIMM bisa digunakan pada sistem 64-bit data. Hanya varian dengan jumnlah pin 72, dan 100 pin saja yang masih mendukung transfer 32-bit data.


Simpulan

Meskipun keduanya memiliki fungsi dan kegunaan yang sama, yaitu untuk menyimpan data input sementara dari suatu program yang sedang berjalan.

Namun RAM SODIMM dan DIMM memiliki perbedaan terutama dari bentuk ukuran yang berbeda serta diperuntukkan bagi penggunaan perangkat yang berbeda pula.

SODIMM dapat digunakan di perangkat mobile seperti laptop, sedangkan DIMM khusus digunakan hanya pada perangkat komputer PC Desktop saja. Jadi saat kita ingin membeli RAM, pastikan dulu jenis dari perangkat apa yang sedang kita gunakan, apakah memakai perangkat komputer desktop atau laptop.

Sehingga dengan begitu, kita tidak akan keliru dan salah lagi ketika akan membeli module RAM ini.




Demikianlah artikel kali ini tentang pengertian dan perbedaan dari jenis RAM SODIMM dan DIMM. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close