Cara Mengetahui Kecepatan Mengetik di Komputer dengan Tes

Menulis merupakan salah satu jenis kegiatan berupa membuat catatan informasi yang dilakukan dengan cara merangkai suatu kata maupun aksara menjadi suatu kalimat.

Media dan perlengkapan dalam menulis umumnya yaitu menggunakan alat seperti pensil maupun pulpen yang kemudian dibubuhkan di dalam kertas kosong.

Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, kegiatan menulis pun saat ini sudah semakin canggih dan mulai berpindah dari yang sebelumnya menggunakan kertas sebagai media tulis, perlahan telah digantikan dengan menggunakan perangkat digital seperti komputer/laptop maupun perangkat lain seperti halnya smartphone.

Nah karena itu pula kemudian munculah suatu istilah baru dari kegiatan tersebut yaitu dikenal dengan istilah mengetik bukan lagi menulis.

Mengetik pada dasarnya masih sama dengan menulis yaitu sama-sama membuat suatu catatan informasi, namun perbedaannya hanya ada pada media yang digunakan.

Meskipun begitu, kata menulis sendiri bisa dikatakan lebih universal untuk digunakan, dibandingkan dengan kata mengetik yang hanya cocok untuk menyebutkan jenis kegiatan mencatat yang dilakukan di media digital saja.

Selain itu, mengetik pun ternyata tidak mudah karena harus menggunakan papan ketik seperti keyboard untuk memasukkan setiap karakter huruf maupun angka. Oleh karena itu, diperlukan adaptasi serta kebiasaan berulang dalam mengetik agar proses tersebut dapat dilakukan dengan lebih cepat lagi.

Nah jika kita memang baru pertama belajar mengetik, dan ingin mengetahui seberapa cepat kecepatan kita dalam mengetik. Maka ada cara yang dapat dilakukan untuk mengecek hal tersebut. Dan untuk mengetahuinya langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Cek Kecepatan Dalam Mengetik di Perangkat Komputer

Hasil penilaian dari cara ini yaitu dengan melihat seberapa banyak kata yang dapat kita ketik dalam waktu satu menit saja. Semakin banyak kata yang terketik itu artinya kecepatan mengetik kita semakin cepat dan tentunya semakin baik pula.

Berdasarkan riset yang telah dilakukan sebelumnya, menyatakan bahwa kecepatan ketik rata-rata manusia saat ini yaitu berada dikisaran angka antara 38-65 Kata per menit (KPM) untuk di perangkat smartphone.

Sementara untuk di perangkat komputer maupun laptop hasilnya bisa jauh lebih cepat yaitu bisa mencapai 50-80 KPM. Namun bagi yang sudah mahir mungkin bisa lebih dari 100 KPM.

Lalu bagaimana dengan kita? Untuk mengeceknya maka langsung saja kita praktekan dengan menggunakan cara dibawah ini.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan masuk ke halaman website 10fastfingers.com terlebih dahulu.

2. Setelah itu kita cukup pilih menu "Start typing test".


3. Selanjutnya kita pilih bahasa tulisan yang ingin diketik sesuai dengan keinginan kita (secara default kata-kata yang digunakan adalah memakai bahasa Inggris).

Disarankan menggunakan bahasa yang kita mengerti saja, agar hasil yang didapat pun lebih maksimal.


4. Jika sudah langsung saja kita ketik kata-kata yang muncul satu persatu secepat yang bisa kita lakukan. Pada saat mengetik huruf yang pertama, maka waktu akan berkurang secara otomatis.

Waktu yang diberikan adalah 1 menit, sehingga sudah habis waktu yang diberikan tersebut maka akan langsung muncul hasilnya.

Oh ya jangan sekali-kali melakukan tindakan curang ya, seperti melakukan copy-paste misalnya, karena hal tersebut tentu sudah diantisipasi sehingga kita tidak bisa melakukannya lagi.




Jadi bagaimana hasil yang anda dapatkan? Apakah sudah puas dan cukup cepat anda dalam mengetik suatu kata ataukah justru sebaliknya?

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara mengetes kecepatan mengetik seseorang di komputer maupun smartphone. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close