Inilah Perbedaan WhatsApp, Telegram, Signal, dan BiP

Layanan pesan instan berbasis internet atau chat messaging memang sedang menjadi primadona sekarang ini sebagai alat komunikasi yang digunakan sehari-hari untuk ngobrol bersama teman maupun para kolega.

Jenis layanan ini pada dasarnya merupakan sebuah aplikasi chatting berupa pesan teks seperti halnya platform sms. Namun bedanya layanan jenis ini memiliki keunggulan yang lebih baik karena memiliki banyak sekali fitur yang bisa digunakan serta lebih hemat dalam hal pengeluaran biaya karena memanfaatkan kuota internet yang sangat minimal.

Nah belakangan ini persaingan dari aplikasi chat messaging dalam mendapatkan pengguna pun semakin hari semakin sengit saja. Hal tersebut bisa dilihat dari mulai banyaknya pemain baru di jasa layanan pesan instan ini.

Jika dahulu ada aplikasi WhatsApp saja sebagai pionirnya, maka saat ini sudah ada developer lain yang telah membuat produk serupa dan siap untuk bersaing. Beberapa diantaranya yaitu seperti aplikasi telegram, signal, dan satu lagi yang baru-baru ini mulai menanjak kepopulerannya yaitu aplikasi bernama BIP.

Dari berbagai aplikasi yang telah disebutkan di atas, terdapat satu kesamaan yang dimiliki oleh keempat aplikasi tersebut. Adapun kesamaannya yaitu bahwa semua aplikasi sama-sama memanfaatkan nomor telepon sebagai username yang digunakan dalam melakukan invite atau menambahkan teman obrolan.

Namun begitu, yang namanya suatu produk tentu harus memiliki keunggulan yang menjadi pembeda saat harus dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. Dalam hal ini keunggulan tersebut dapat berupa fitur-fitur andalan yang mungkin saja tidak atau belum dimiliki oleh layanan pesaingnya.

Maka atas dasar itulah yang kemudian menjadi alasan dari dibuatnya komparasi mengenai aplikasi chat messaging pada artikel kali ini.

Nah dari aplikasi tersebut yaitu, WhatsApp, telegram, signal, dan BIP, siapakah diantara mereka yang memiliki banyak fitur?

Lalu diantara keempatnya pula aplikasi mana yang bisa dibilang paling unggul? Untuk mengetahui jawabannya maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Perbedaan dan Keunggulan Aplikasi Chat Messaging WhatsApp, Signal, Telegram, dan BIP

1. WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi chat yang paling populer saat ini serta aplikasi pertama yang menggunakan nomor telepon sebagai akun usernamenya. Aplikasi ini mulai didirikan pada tahun 2009 oleh pendirinya yaitu Jan Koum dan Brian Acton.

Hingga selanjutnya aplikasi tersebut diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2014 dengan nilai akuisisi yang sangat fantastis yaitu mencapai nilai 223 Triliun rupiah. Adapun beberapa fitur dan keunggulan aplikasi WhatsApp adalah sbb :

  • Grup chat bisa menampung hingga 256 orang,
  • Ukuran file maksimum yang bisa dikirim yaitu hanya 100 MB saja,
  • Fitur status mirip IG story yang memungkinkan pengguna untuk berbagi aktivitas yang sedang dilakukan, bisa berupa foto maupun berupa teks tulisan,
  • Seluruh pesan obrolan yang terkirim semuanya sudah dilindungi dengan sistem enkripsi end-to-end chat secara otomatis tanpa harus dilakukan penyesuaian pengaturan. Enkripsi end-to-end adalah jenis enkripsi yang membuat hanya kita dan lawan obrolan kita yang mengetahui isi dari percakapan, bahkan pegawai WhatsApp pun diklaim tidak bisa mengetahui isi dari percakapan tersebut,
  • Fitur disable read receipts bertujuan agar pemberitahuan pesan yang telah dibaca menjadi nonaktif.

2. Telegram

Aplikasi telegram merupakan aplikasi chat asal Rusia yang pertama kali diluncurkan pada 14 Agustus 2013, dengan pendirinya Durov bersaudara yaitu Pavel Durov dan Nikolai Durov.

Saat pertama muncul telegram menawarkan berbagai banyak fitur keamanan yang dianggap lebih baik dibandingkan pesaingnya. Salah satu fitur yang menjadi andalannya yaitu seperti fitur pesan rahasia (secret chat). Adapun beberapa fitur serta keunggulan lain yang dimiliki telegram adalah sbb :

  • Pesan yang telah dikirim dapat diedit ulang,
  • Jumlah orang yang bisa ditampung pada satu grup chat bisa mencapai 200.000 orang,
  • Maksimal ukuran file yang bisa dikirim melalui pesan yaitu bisa mencapai 1,5 GB,
  • Terdapat fitur secret chat yang dapat melindungi data pribadi pengguna dengan  memanfaatkan sistem enkripsi,
  • Fitur screen security yang membuat layar chat obrolan menjadi tidak bisa di screenshot oleh pengguna lain,
  • Fitur self-destructing message yang membuat pesan obrolan dapat dihapus secara otomatis setelah melewati waktu yang sudah ditentukan.

3. Signal

Aplikasi signal pertama kali dikembangkan pada tahun 2013 oleh Brian Acton yang juga merupakan pendiri dari aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini baru mulai dirilis secara resmi pada bulan februari 2018 lalu.

Sebagai suatu aplikasi kirim pesan instan, aplikasi signal diklaim memiliki keamanan yang sangat kuat dalam melindungi data pribadi pengguna. Hal ini bisa terjadi karena signal dikatakan tidak menyimpan data pengguna sama sekali. Adapun fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi signal adalah sbb :

  • Grup chat obrolan bisa menampung hingga 1.000 orang anggota,
  • Fitur note to self yaitu catatan yang bisa ditulis sebagai pengingat untuk diri kita sendiri,
  • Fitur penguncian aplikasi secara internal,
  • Fitur timer chat yang berfungsi untuk menghapus pesan obrolan secara otomatis,
  • Fitur disable read notification yang berguna agar pemberitahuan pesan yang telah dibaca menjadi tidak aktif,
  • Pemberitahuan status online yang tidak ada, menjadikan aplikasi signal dianggap lebih private.

4. BiP

BiP merupakan salah satu aplikasi chat yang bisa dibilang baru mulai menanjak kepopulerannya belakangan ini. Bahkan berdasarkan update terakhir, bahwa aplikasi satu ini telah diunduh hingga lebih dari 50 juta kali.

BiP sendiri sebenarnya adalah aplikasi yang berasal dari negara Turki dan pertama kali dikembangkan pada tahun 2013 lalu. Pendiri aplikasi BiP messaging adalah seorang konglomerat yaitu bernama Mehmet Emin Karamehmet dan Murat Vargi. Adapun fitur dan kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi BiP adalah sbb :

  • Tema yang dapat diubah sesuai dengan mood pengguna,
  • Bisa menggunakan 2 nomor telepon sekaligus di satu akun yang sama,
  • Pesan Rahasia yang sudah terenkripsi,
  • Fitur self destructing message yang dapat menghapus pesan otomatis sesuai dengan pengaturan yang telah ditentukan,
  • Pesan obrolan dapat diterjemahkan kedalam lebih dari 100 bahasa,
  • Pesan berupa file gambar maupun file video yang dikirim, tetap memiliki kualitas yang sama dengan tidak adanya proses kompresi dari file tersebut,
  • Fitur emergency button yang akan mengirimkan lokasi tempat pengguna berada kesepuluh orang yang sebelumnya telah ditentukan pengguna. Fitur ini sangat berguna sekali disaat pengguna sedang dalam kondisi darurat. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghubungi pihak berwenang seperti polisi, ambulance, pemadam kebakaran, dan juga lembaga darurat lainnya.
  • Bisa digunakan sebagai tempat untuk bermain game.


Bagaimana jadi sekarang sudah tahu kan jenis-jenis aplikasi pesan chat yang ada sekarang ini, serta apa saja keunggulannya?

Meskipun begitu jika ditanya mana yang lebih baik dan lebih unggul, tentu hal itu kembali lagi kepada kita sebagai pengguna mau menggunakan jenis aplikasi yang mana.

Yang jelas setiap aplikasi memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, dan untuk pemakaiannya tentu dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.




Demikianlah artikel kali ini tentang perbedaan aplikasi pengirim pesan instan WhatsApp, telegram, signal, dan BiP. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close