Cara Menerjemahkan Tulisan Asing dengan Microsoft Word

Membaca teks berbahasa asing memang sungguh sangat menyenangkan, disamping dapat menambah ilmu dari tulisan yang sedang kita baca, tentunya hal itu juga akan berdampak pada bertambahnya kosakata kita terhadap bahasa asing tersebut.

Meskipun sangat bermanfaat, namun sayangnya tidak semua orang mengerti dan paham tentang bahasa asing, dan mungkin salah satu diantaranya itu adalah kita. Padahal saat ini banyak sekali tulisan dengan bahasa dari berbagai negara yang terkadang harus kita baca dan pelajari.

Seperti misalnya bagi pelajar dan mahasiswa dimana tugas-tugas pelajaran yang biasa diberikan guru/dosen seringkali berupa teks bahasa asing.

Tak terkecuali juga bagi mereka para pekerja kantoran yang terkadang diharuskan untuk mempelajari materi pekerjaan yang berbahasa asing. Atau bisa juga orang-orang lainnya yang memiliki tugas untuk menerjemahkan tulisan berbahasa luar ini.

Memang cara termudah bagi kita yang tidak mengerti tulisan luar negeri yaitu dengan langsung menggunakan aplikasi atau program penerjemah bahasa.

Apalagi saat ini dengan semakin berkembangnya era teknologi informasi kita sudah sangat dimudahkan dengan adanya berbagai macam pilihan, salah satunya yang mungkin sudah kita kenal yaitu seperti layanan google translate.

Namun jika menggunakan google translate ini tentu kita harus membuka banyak aplikasi, dan juga akan ada sedikit waktu yang terbuang karena kita harus memidahkan file terlebih dahulu dengan melakukan copy-paste.

Belum lagi jika file yang ingin kita terjemahkan itu banyak sekali, pastinya akan sangat merepotkan. Pun demikian jika kita ingin menggunakan aplikasi lain, dimana mungkin juga kita harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Lalu jika demikian bagaimanakah solusi yang paling praktis?

Tenang saja, jika hal itu terjadi kita masih bisa menggunakan alternatif yang lain. Salah satunya yang paling mudah dan mungkin saja tidak kita sadari yaitu dengan memanfaatkan program office Microsoft Word.

Ya, program satu ini selain tentunya hampir ada disetiap komputer/laptop sehingga tidak perlu untuk instal aplikasi, juga dengan cara ini kita lebih dapat menghemat waktu karena lebih praktis.

Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Terjemahkan Teks Tulisan dengan Ms. Word

Disclaimer sebelumnya, bahwa disini kita menggunakan Office Microsoft Word tahun 2013 dalam melakukan tutorial ini. Untuk versi dibawah atau mungkin diatasnya, bisa saja ada perbedaan meskipun hal itu tentu tidak akan jauh berbeda.

1. Pertama kita buka dahulu file atau dokumen berbahasa asing yang ingin kita translate ke bahasa Indonesia. Sebagai contoh disini kita menggunakan teks dengan berbahasa Inggris.


2. Selanjutnya di jajaran menu paling atas kita pilih menu "Review" > lalu kita klik menu "Translate".

Jika sudah maka akan muncul dua pilihan cara yang bisa kita gunakan. Pilihan pertama yaitu "translate selected text" berfungsi untuk menerjemahkan sebagian tulisan yang sudah dipilih saja.

Kedua yaitu "Translate document" berfungsi untuk menerjemahkan semua tulisan pada satu dokumen. Kita cukup sesuaikan saja dengan kebutuhan.


3. Jika ingin menerjemahkan semua tulisan, maka sebelumnya kita masuk dulu ke menu "Choose translation language..." lalu sesuaikan bahasa pada bagian "translate from" dan "translate to", jika sudah lalu pilih OK.


Selanjutnya untuk menerjemahkan kita cukup pilih "Translate documet" > lalu akan muncul kota notifikasi, kita cukup pilih "send". Otomatis tulisan akan diterjemahkan semuanya.

4. Sementara itu jika ingin menerjemahkan teks hanya sebagian saja. Pertama kita blok tulisan yang ingin diterjemahkan. Setelah itu kita pilih "translate selected text".

Maka akan muncul kotak menu baru di sebelah kanan, kita cukup sesuaikan saja bahasa awal dan bahasa tujuan (lihat gambar). Lalu terakhir kita pilih "insert".


Bagaimana lebih mudah dan praktis bukan? Oh ya, cara ini pun sebenarnya menggunakan kuota internet untuk bisa menerjemahkan setiap katanya.

Jadi jika kita ingin menggunakan cara ini, jangan lupa untuk selalu mengisi kuota internet kita.




Demikianlah artikel kali ini tentang Cara translate bahasa dengan memakai program Microsoft Word. Jika ada yang belum dimengerti silahkan langsung saja bertanya di kolom komnetar yang telah tersedia.

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat dan sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close