Mengetahui Pengertian Ambigram, serta Cara Membuatnya


Apa itu Ambigram? Mungkin bagi sebagian dari kita sudah ada yang mengenalnya, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui tentang arti dari istilah tersebut.

Dan ketika mulai membaca artikel ini mungkin anda juga menjadi salah seorang yang sedang mencari tahu tentang pengertiannya.

Nah maka dari itu untuk mengenal dan memahami tentang istilah ambigram, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Pengertian dari Istilah Ambigram

Sebenarnya secara sederhana ambigram merupakan suatu istilah yang sering berkaitan dengan pembuatan seni typografi. Apa itu? Istilah typography atau bisa juga disebut dengan tipografi merupakan suatu ilmu yang berhubungan dengan penataan huruf maupun tulisan.

Sedangkan seni tipografi  sendiri adalah suatu karya yang dihasilkan dari membuat, menulis atau menggoreskan huruf maupun kata untuk ditata sedemikian rupa agar dihasilkan suatu keindahan dan mungkin mempunyai makna tertentu didalamnya.

Nah intinya bahwa ambigram merupakan bagian atau salah satu dari jenis karya yang ada di dalam seni typografi ini. Lalu apa itu pengertian ambigram? Pertama jika kita lihat dari asal usul katanya maka ambigram terdiri dari dua suku kata yang berasal dari bahasa latin yaitu kata ambi yang bisa berarti dua makna/ambigu, serta kata gram yang memiliki arti huruf/tulisan.

Jadi bisa dibilang bahwa ambigram adalah hasil karya dari desain typografi, yang mana hasil karya tersebut bisa memiliki makna ganda didalamnya jika dilihat dari (dua) sudut pandang yang berbeda.

Secara sederhana ambigram dapat dimaknai sebagai sebuah tulisan atau kata yang bila dibacanya diputar atau dibalik maka akan memiliki makna berupa kata juga.

Kata tersebut pun bisa saja memiliki arti yang sama maupun berbeda dengan kata sebelumnya. Sehingga dari hal tersebut seni ambigram bisa dibilang terbagi kedalam beberapa jenis bagian.


Pembagian Jenis-jenis Ambigram

Secara garis besar jika dilihat dari cara membacanya, maka Ambigram dapat terbagi ke dalam dua jenis yang utama yaitu pertama ambigram simetris dan kedua ambigram asimetris.

Ambigram simetris merupakan jenis ambigram yang memiliki bentuk tulisan yang sama antara sisi-sisinya dan juga memiliki arti atau kata yang sama meskipun jika kita membacanya dari sudut pandang yang berbeda. Jenis ini terbagi lagi kedalam beberapa jenis lainnya.


1. Rotational ambigram

Merupakan salah satu jenis yang paling umum dan banyak kita temui yaitu jenis ambigram yang untuk bisa melihat atau menemukan kata yang lain.

Maka cara membacanya harus diputar dari sudut awal baca sebanyak 180 derajat, bisa dibalik dari posisi atas bawah maupun dibalik dari posisi depan belakang (jika desain tulisan berbentuk 3D). Contoh dari rotational ambigram adalah sebagai berikut.

source: wikipedia.org


2. Circle atau Chain ambigram

Jenis ambigram yang terdiri dari dua atau lebih kata yang sama, kemudian kata tersebut dibuat menjadi bentuk melingkar bulat.

Sehingga jika kita membacanya dari sudut yang berbeda sekalipun maka ambigram tersebut akan seolah-olah tetap sama posisinya (tidak berubah). Contoh dari circle ambigram adalah sebagai berikut.

source: wikimedia.org


3. Mirror ambigram

Jenis ambigram yang untuk menemukan kata yang lain, maka cukup dengan membaca dari arah sebaliknya saja (kanan ke kiri) jadi tidak perlu diputar. Contoh dari mirror ambigram adalah sebagai berikut.

source: pinterest.com

Selanjutnya ambigram asimetris merupakan jenis ambigram yang memiliki bentuk yang umumnya tidak sama antara tulisan dibagian sebelah kanan dan sebelah kiri.

Sehingga jika kita melihat dari sudut pandang yang berbeda pun maka akan memiliki arti kata yang berbeda pula. Ambigram asimetris terbagi lagi kedalam beberapa jenis.


1. Symbiotogram

Jenis ambigram yang sebenarnya hampir sama dengan jenis rotational, namun yang membedakan adalah jenis symbiotogram ini jika dibaca dengan cara diputar 180 derajat, maka hasilnya kata yang dilihat akan berbeda dari kata yang ada dari sudut pandang sebelumnya. Contoh dari symbiotogram adalah sebagai berikut.

souurce: wikimedia.org


2. Oscillations ambigram

Jenis ambigram yang memiliki dua arti sekaligus di dalam satu sudut pandang baca, sehingga untuk melihat kata tidak perlu repot untuk memutar atau membaliknya. Contoh dari oscillations ambigram adalah sebagai berikut.

source: ambigramartwork


Cara Mudah Membuat Ambigram

Setelah kita sudah memahami pengertian dari ambigram, maka langkah selanjutnya kita akan belajar untuk membuat ambigram tersebut.

Meskipun umumnya hanya terdiri dari satu atau dua kata saja, namun jangan salah dalam praktek sebenarnya untuk bisa membuat desain gambar ambigram secara manual tidaklah mudah.

Diperlukan ketelitian, daya imajinatif, serta kreativitas yang tinggi untuk dapat membuatnya agar bisa menghasilkan bentuk yang baik. Jadi jika kita memang belum pernah melakukannya atau kita tidak mempunyai jiwa seni maka untuk membuatnya akan sedikit lebih sulit.

Hal ini dikarenakan jika kita membuat ambigram hanya secara asal-asalan, bisa jadi bukan nilai estetik yang didapatkan justru melainkan sebaliknya yaitu desain malah tidak akan dimengerti bahkan mungkin tidak bisa dibaca sama sekali oleh orang yang melihatnya.

Namun kita tidak tidak perlu khawatir, karena meskipun kita tidak ahli dalam membuat desain gambar sekalipun, kita tetap masih dapat membuat karya ambigram hanya dengan sebuah alat yang disebut ambigram generator.

Dengan cara ini maka membuatnya akan menjadi lebih mudah dan praktis. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Langkah pertama kita masuk ke halaman website bernama flipscript.com

2. Selanjutnya kita pilih menu "create new design" (jika melalui smartphone maka kemudian kita pilih icon atau simbol tambah yang berada disebelah kiri atas). Jika sebelumnya muncul  kolom "Terms of Service Agreement" kita cukup pilih "i agree" saja.

3. Lalu pada kolom kotak "upright" kita masukkan kata yang ingin dibuat jadi ambigram. Sedangkan pada kolom kotak "inverse" yang ada dibawahnya,  digunakan jika kita hanya ingin membuat ambigram jenis symbiotogram saja, sehingga untuk jenis rotational atau circle ambigram tidak perlu diisi pada bagian kolom inverse tersebut.

4. Setelah itu pilih jenis font yang kita inginkan lalu pilih "make previews" untuk membuat ambigram.

5. Tunggu beberapa saat dan ambigram pun telah selesai dibuat. Jika desain ambigram sudah jadi kita pun masih dapat memilih untuk diubah kedalam beberapa bentuk lain dan juga jenis circle ambigram, dengan memilih menu yang ada dibagian atas dari hasil ambigram.

Untuk bisa mendapatkan gambar ambigram dari generator ini, maka kita harus membelinya dengan harga yang lumayan mahal. Namun jika kita pintar, kita bisa membuat ambigram sendiri dengan melihat contoh yang diberikan oleh alat genarator satu ini.


Catatan : Jika kita ingin membaca tulisan dari sudut atas, maka kita tidak perlu repot untuk membalikkan layar komputer atau smartphone kita, melainkan cukup dengan memutar kata ambigram yang telah jadi tersebut dengan cara menggeser kursor ke kotak hasil ambigram.

Bagaimana mudah bukan?

Memang dengan hanya menggunakan generator ini hasil yang didapat pun akan terlihat sederhana dan terkesan seadanya. Namun bagi kita yang memang baru mempelajari ilmu ambigram ini, maka cara diatas setidaknya sudah cukup untuk membantu kita dalam memahami dan mempelajari pola desain dari jenis ambigram.

Baca Juga : Pengertian Kata Konsep dan Penjelasannya secara sederhana

Demikianlah artikel kali ini tentang pengertian Ambigram serta bagaimana cara untuk membuatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close