Cara Membuat File Microsoft Word Tidak Bisa di Copas

Menulis hasil pekerjaan di program office seperti Microsoft Word memang sudah menjadi hal biasa bagi kebanyakan orang saat ini.

Apalagi jika memang rutinitas pekerjaan kita menuntut hal tersebut, seperti bagi pelajar mahasiswa maupun seorang content creator misalnya. Tentu menulis di depan layar komputer adalah sesuatu hal yang sudah menjadi makanan sehari-hari.

Microsoft word sebagai sebuah tool untuk mengetik, memang banyak digunakan orang salah satu faktor utamanya karena program office satu ini umumnya sudah langsung terpasang alias sudah menjadi sebuah aplikasi dasar bawaan pada saat kita membeli sebuah perangkat komputer.

Hal itupun secara tidak langsung membuat orang-orang seolah "terpaksa" harus menggunakan layanan program yang sudah menjadi produk bawaan tersebut.

Namun meskipun begitu, bukan berarti aplikasi satu ini tidak memiliki keunggulan sama sekali, justru aplikasi Microsoft word kita kenal memiliki banyak sekali fitur dan keunggulan jika dibandingkan dengan program atau aplikasi sejenisnya.

Bahkan saking banyaknya, dari deretan menu maupun fitur-fitur yang ada didalam program tersebut, mungkin belum semua itu kita ketahui fungsinya satu-persatu.

Adapun salah satu fitur dari Ms. word yang mungkin belum banyak orang tahu dan mungkin juga sangat berguna yaitu fitur untuk mengunci sebuah tulisan di dalam dokumen tersebut.

Jadi singkatnya dengan cara ini kita dapat melindungi hasil tulisan kita yang sudah diketik agar tidak bisa disalin atau di copas oleh orang lain.

Hal ini mungkin saja terjadi, seperti pada saat kita memberikan file tugas/kerjaan kepada teman kita. Terkadang ada saja orang yang malas dan iseng ingin praktis yang akhirnya mereka berbuat curang dengan mengambil sebagian atau bahkan keseluruhan tulisan kita tersebut.

Nah untuk itulah fitur ini bisa sangat dimanfaatkan, karena nantinya file word hanya bisa dibuka dan dibaca saja, tanpa bisa untuk diblok ataupun di copas isinya.

Lalu bagaimana cara melakukan hal tersebut? Nah untuk mengetahui caranya, maka langsung saja kita simak langkah-langkah berikut ini.


Cara Agar Tulisan Microsoft Word Tidak Bisa di Copy Paste

1. Langkah pertama kita buka terlebih dahulu file atau dokumen microsoft word yang ingin dikunci.

2. Pada deretan menu di bagian atas kita pilih menu "Review" > lalu pilih menu "Restrict Editing"Setelah itu akan muncul sebuah tab menu baru dibagian sisi kanan.


3. Pada menu "Editing restrictions" kita cukup tampilkan icon ceklis dikotak tulisan "allow only this type of editing in the document".

Setelah itu kita klik juga dibagian "no changes (read only)" lalu ubah menjadi "filling in forms".


4. Selanjutnya pada menu dibawahnya yaitu "Start enforcement" kita pilih "yes, start enforcing protection". Selanjutnya akan muncul kotak notifikasi baru, lalu kita cukup pilih "OK".


Hingga langkah diatas sebenarnya proses mengunci teks agar tidak di bisa copy-paste telah selesai dilakukan. Namun begitu, hal ini sebenarnya masih bisa diakses dan dibatalkan jika teman kita mengetahui cara untuk membukanya.

Oleh karena itu, agar lebih aman lagi maka disarankan pada langkah nomor 4, yaitu sebelum kita memilih OK kita masukkan terlebih dahulu berupa katasandi di bagian menu password.

Dengan hal ini maka file Ms. Word pun akan menjadi terkunci dan benar-benar aman sehingga sudah tidak bisa dicopy lagi oleh orang lain, terkecuali jika mereka memang mengetahui kode password-nya.




Demikianlah artikel kali ini tentang cara agar dokumen microsoft word tidak bisa di copy paste (copas). Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai bertemu kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close